2 Hari Traveling ke Lille Prancis. Kesini Cuma Perlu 1 Jam-an dari London dan Brussels!

Lille Prancis

I remember on 2017 I had a brief stop in Lille during my travel from Amsterdam to Bruges, Belgium. It was winter so the night came earlier and I was there only for 1,5 hours. The bus stopped next to the shopping mall so the only place I could visit was only that mall. 5 years later, in 2022, Adrien and I spent 2 days in Lille since he had something to do in the border city of France and Belgium and I got another chance to explore the city. Tapi, selain karena lokasinya yang deket banget dengan Bruges, Brussels, dan London, apa aja sih yang bikin Lille, Prancis worth to visit?

Lille, Prancis, More Than Just Kota yang Dekat London & Brussels

Lille Prancis

Lille, Prancis memang sering diabaikan karena kota-kota tetangganya jauh lebih populer bagi traveler. Atau, traveler biasanya mampir ke Lille sejenak saat sedang on the way ke kota-kota besar Eropa. Ada juga yang mengenal Lille, Prancis hanya karena tim sepakbolanya, LOSC Lille yang berlaga di Champions League. Tapi justru karena dekat dengan kota-kota utama di Eropa, why not take some time to see & explore Lille?. Dari Paris, Lille, Prancis pun bisa dicapai cuma 1 jam dengan naik kereta.

BACA JUGA :

Jalan-Jalan ke Colmar, Prancis. Kota Negeri Dongengnya Prancis

Pengalaman Naik Budget Flight Eropa (Easyjet dan Ryan Air)

Jalan-Jalan ke Paris, Prancis. Itinerary dan Destinasi Liburan 7 Hari di Paris (Part 1)

Rasa penasaran saya akan Lille yang pernah saya kunjungi very briefly tahun 2017 terbayar pada musim semi 2022 ini. Ternyata firasat saya bener, Lille, Prancis emang unik dan worth to visit. Pas saya exploring Lille, Prancis selama 2 hari (sebenernya kita stay di Lille, Prancis selama 3 hari, tapi 1 harinya saya pakai buat one day trip ke Luksemburg, makanya saya itung 2 hari aja di Lille, Prancis), sejauh mata memandang saya merasa kalau kota ini mirip Belgia, baik Brussels maupun Bruges. Banyak gedung dan rumah di Lille yang mirip dengan gedung dan rumah di Belgia, eksteriornya banyak memakai red bricks/ batu bata merah, yang merupakan gaya arsitektur khas Flemish. Jalanan di Lille, terutama di Vieux Lille/ old town Lille juga berupa cobblestoned streets seperti di Brussels dan Bruges. Bahkan Grand Place Lille reminds me a lof of Grand Place Brussels. Wisata ke Lille jadi berasa liburan ke Prancis dengan sentuhan Belgia..

Lille Prancis

Hal ini ternyata berkaitan erat dengan sejarah Lille dimana Lille dulunya merupakan bagian dari County of Flanders, lalu kemudian jatuh ke tangan Prancis pada abad ke-17 dibawah kepemimpinan Louis XIV. Hingga kini Lille tetap jadi bagian Prancis, bahkan menjadi kota terbesar keempat di Prancis, part of Hauts-de-France region di Prancis bagian utara yang hanya 14 km dari perbatasan Belgia. Meski di Prancis, uniknya kota Lille terlihat beda banget dengan kota dan region lain di Prancis. Banyak pengaruh Flemish (Belgian regions of Dutch) yang tertinggal di Lille, seperti gedung dan rumah berbatu bata merah, cobblestoned streets yang sempit, hingga old town Lille yang terlihat colorful, mirip dengan kawasan Dutch-speaking di Belgia. Penduduk Lille juga terbiasa minum bir, seperti kebiasaan orang Belgia, instead of drinking wine seperti orang Prancis pada umumnya. Di pedesaan Lille pun, kabarnya bahasa Flemish (salah satu dialek bahasa Belanda) masih dituturkan disana.

Pada abad ke-18, Lille, Prancis berkembang pesat sebagai pusat industri tekstil dan mekanik, thanks to the industrial revolution. Sayangnya, tahun 1960an hingga seterusnya industri tersebut declining. Kini, Lille, Prancis dikenal sebagai a university city karena ada lebih dari 110.000 students di Lille. Lille juga dikenal sebagai a cultural hub setelah terpilih sebagai a European Capital of Culture tahun 2004.

How to Get to Lille, Prancis?

Lille Prancis

Lille, Prancis saya rekomendasiin banget buat kalian eksplor selama 1 atau 2 hari selama kalian jalan-jalan ke Eropa. Gak cuma punya history, architectural wonders, culinary dan vibes kota yang asyik, tapi traveling ke Lille, Prancis gampang banget kalian sisipin ke dalam itinerary trip Eropa kalian, terutama kalau kalian planning untuk ke London, Bruges, Brussels, dan Paris.

Seperti yang saya bilang di atas, dari London ke Lille, Prancis gampang banget. Kamu bisa naik kereta Eurostar selama 1,5 jam aja dengan tarif mulai dari 49,50 Pound (booking jauh – jauh hari biar dapet tiket lebih murah). Kamu juga bisa naik kapal ferry dari Dover, UK ke Calais, Prancis selama 80 menit. Dari Bruges ke Lille cuma perlu 1 jam kalau naik bus dan 1,5 jam dengan kereta. Sementara itu dari Brussels 35 menit aja kalau naik kereta. Kalau saya sih kemarin naik kereta dari Paris ke Lille dimana cuma perlu 1 jam aja buat nyampe Lille, Prancis.

Getting Around Lille, Prancis

Lille Prancis

Pusat kota Lille termasuk old town-nya compact, jadi bisa dijelajahi dengan jalan kaki selama 1 hari seperti yang saya lakuin. Saya juga sempet harus jalan kaki 40 menit melintasi kota Lille hari sebelumnya karena pas kita sampai di Lille, Prancis bertepatan dengan labor day, jadinya semua transportasi publik gak beroperasi sama sekali, sedang cari Uber susah banget karena sepertinya semua orang meliburkan diri.

Selain jalan kaki, kamu juga bisa keliling Lille, Prancis dan sekitarnya dengan naik tram, bus dan metro. Tiketnya 1,8 Euro per sekali naik. Lille juga memiliki 2 stasiun besar yaitu Lille Europe dan Lille-Flandres. Lille Europe menghubungkan Lille dengan kota-kota lain di Eropa seperti London, sedang Lille-Flanders menghubungan Lille dengan kota-kota lain di Prancis. Lokasi keduanya berdekatan, cukup jalan kaki 5 menit. Kalau mau keluar masuk Lille, kamu pasti akan menggunakan salah satu/ kedua stasiun tersebut.

Things to See and Do in Lille, Prancis

  1. Vieux Lille
Lille Prancis

Atau old town Lille. Saya enjoyed banget strolling around Vieux Lille karena most of gedungnya wellpreserved dan tampak indah memesona. Gedung-gedung medieval berjejer dengan warna-warna yang mencolok seperti paduan merah dan kuning di Grand Place (alun-alun) dan Old Stock Exchange. Sedang di jalan berikutnya, gedung dan rumah berbata merah mendominasi view. Ditambah dengan cobblestoned streets, bikin suasananya seakan saya sedang berada di kota abad pertengahan. Rasanya seperti sedang lagi di Belgia padalah kan lagi di Prancis!

Lille Prancis

Beberapa tempat di Vieux Lille yang bisa kamu datengin diantaranya La Vieille Bourse atau Old Stock Exchange, gedung kuning berbatu bata merah dari abad ke-17 yang dulunya jadi kantor Kamar Dagang dan Industri Lille. Selain mengagumi arsitekturnya, kamu bisa belanja secondhand books karena ada banyak buku bekas dari berbagai bahasa yang dijual disini.

Lille Prancis

Di Vieux Lille juga ada banyak butik, shopping centers, restoran dan kafe yang sayang untuk dilewatkan. Saat kaki pegal karena berjam-jam menyusuri old town, saya dan Adrien akhirnya mampir di salah satu coffee shop di Grand Place buat istirahat sekaligus people seeing.

2. The Belfry

Lille Prancis

The Belfry adalah menara pengawas sekaligus bell tower yang berada di Grand Place, tepat di seberang stasiun Lille-Flanders. Belfry bisa ditemukan di kota-kota Prancis bagian Utara yang dulunya bagian dari Flanders dan juga di Belgia. Kamu bisa naik ke UNESCO World Heritage Site dan menikmati view kota Lille dari atas dengan beli tiket 6 Euro.

3. Meert

Lille Prancis

Bakery & restaurant yang telah hadir di Lille sejak 1671 ini adalah tempat terbaik buat nyicipin kuliner khas Lille, Gaufre. Gaufre adalah wafel khas Lille yang bentuknya lonjong tipis dan diisi krim vanila. Sering dijadikan menu sarapan bersama kopi, Gaufre juga sering disantap warga Lille sebagai snack di siang hari.

Lille Prancis

Kamu mesti sempetin buat ke Meert saat jalan-jalan ke Lille, Prancis, entah buat ngopi-ngopi cantik, lunch/ dinner, ataupun beli oleh-oleh. Selain buat nyobain Gaufre, di Meert kamu juga bisa merasakan culinary experience bak bangsawan Prancis! Kabarnya dulu, Raja Prancis Leopold I sering ke Meert demi mencicipi Gaufre. Meert pun didekorasi dengan indah nan mewah, mirip istana raja Prancis.

Lille Prancis

Selain vanila, Gaufre kini juga tersedia dalam rasa pistachio, white chocolate, cokelat dan rasa lainnya. Harganya 3 Euro per buah.

4. Notre Dame de la Treille

Lille Prancis

Notre Dame Lille yang beda banget dari Notre Dame lainnya yang biasanya terlihat lebih elegan, estetik, dan ancient. Beda banget kan dengan Notre Dame Paris? Hal ini karena Notre Dame Lille dibangun melintasi masa, yaitu sejak pertengahan abad ke-19 hingga selesai dibangun pada tahun 1999. Pembangunan Notre Dame Lille ini memang sempat terhenti akibat kendala finansial. Karena dibangun pada beberapa zaman yang berbeda, akibatnya gereja Neo Gothic ini juga terlihat bak gereja gado-gado, dibangun menggunakan beberapa gaya arsitektur. Salah satunya adalah patung karya George Jeanclos, seorang penyintas Holocaust, yang menggunakan motif kawat berduri pada karyanya di dalam untuk melambangkan penderitaan dan martabat manusia dalam menghadapi kengerian hidup.

Unik memang Notre Dame Lille ini, tapi saya sih jauh lebih suka Notre Dame Paris dan Strasbourg. Tapi kalau kamu sedang mengeksplor old town-nya Lille, Prancis dan kebetulan ngelewatin Notre Dame Lille, boleh sih masuk sejenak buat buang waktu.

5. Tasting Merveilleux

Lille Prancis

Kuliner Lille lainnya yang wajib kamu cicipin adalah Merveilleux. Merveilleux adalah a small cake yang sebenarnya berasal dari Belgia tapi juga populer di beberapa kota di Prancis, seperti di Lille dan beberapa kota di Amerika Serikat. Cake ini terdiri dari sandwich dua meringue ringan yang dilapisi dengan krim kocok dan ditaburi dengan serutan cokelat. Ceri atau krim menghiasi bagian atas kue.

Menurut Adrien, Merveilleux ini dulunya namanya Tetet de Negre. Sengaja dinamain seperti buat ngejek orang-orang kulit hitam. Jahat banget yak! Namanya kemudian diganti Merveilleux sejak rasisme diharamkan dan kini Merveilleux juga dibuat dengan bermacam rasa. Harganya 3,5 Euro per buah.

6. Palais des Beaux Arts

Lille Prancis

Atau Palace of Fine Arts, museum seni terbesar kedua di Prancis setelah Louvre. Ada banyak karya seniman ternama dunia dipasang disini seperti karya Van Gogh, Monet, Rubens, Van Dyck, Goya dan Picasso. Museum seni ini juga menyimpan cetakan dan gambar, serta keramik abad ke-17 dan ke-18, patung Prancis abad ke-19, dan model skala abad ke-18.

Saya sih belum sempet ke Palais des Beaux Arts karena plan saya kali ini ke Louvre dulu. Tapi next deh akan masukin Palais des Beaux Arts ke dalam itinerary trip ke Prancis. Lumayan penasaran juga gimana isinya karena museum ini highly recommended by the locals dan setiap travel guide tentang Lille, Prancis.

So far, trip ke Lille, Prancis terasa memorable, unik, dan worth to do. Cuma disini saya bisa ngerasain dua culture yang berbeda, yaitu French dan Flanders di satu kota. Karena kotanya kecil, kesini juga gak perlu lama-lama, cukup 2 hari aja. Gimana menurut kalian, tertarikkah buat traveling ke Lille, Prancis?

Curious about my adventures in Europe and America ?. You can click the following links to see my traveling videos that have aired on Net TV :

  1. Desa Hallstatt, Desa dengan Arsitektur Klasik di Pinggir Danau
  2. 1 Juta Rupiah Dapet Apa Di Dubai?
  3. Imutnya Park Guell, Dunia Fantasi Ala Gaudi di Barcelona
  4. Ada Turki Mini di Bosnia Herzegovina
  5. Nyobain Makanan Khas Bosnia, Kaya Rasa dan Pasti Halal
  6. The Bean, Seni Kontemporer yang Ada di Film – film Hollywood

Want to help support my travel? Help me to visit 50 more countries and write more travel stories & guides by donating here

Watch my adventures & subscribe to my YouTube channel : The Island Girl Adventures

4 thoughts on “2 Hari Traveling ke Lille Prancis. Kesini Cuma Perlu 1 Jam-an dari London dan Brussels!

  1. Pingback: Dark Side of Traveling, Overspent & Stres Mencerahkan Wajah – The Island Girl Adventures

  2. Pingback: Jalan-Jalan ke Porto, Portugal. More Than Just Tempat Lahir Harry Potter – The Island Girl Adventures

  3. Pingback: Iseng Nyebrang ke Kehl, Kota Perbatasan Jerman-Prancis dari Strasbourg – The Island Girl Adventures

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s