Iseng Nyebrang ke Kehl, Kota Perbatasan Jerman-Prancis dari Strasbourg

Perbatasan Jerman

Tahun 2017 saya pernah jalan-jalan ke Strasbourg, Prancis dan saat itu denger kalau perbatasan Jerman jaraknya cuma 1,5 jam dari Strasbourg. Tapi karena trip Eropa ke-2 saya udah padat jadwalnya, saya cuma bisa puas-puasin diri keliling Strasbourg, gak sempet ke perbatasan Jerman dengan naik kereta. Tahun ini, karena punya waktu 5 hari di Strasbourg, pas lagi gak ada agenda dan setelah memulihkan diri akibat kecapekan traveling, akhirnya saya nekat naik tram ke perbatasan Jerman-Prancis. Kehl, here I comeeee…!

Banyak yang bilang kalau Kehl kotanya ngebosenin. Gak ada apa-apanya, just a little town, etc. Itulah yang saya denger dari warga Strasbourg setiap saya nanya soal Kehl. Tapi, sebagai orang Indonesia yang negaranya kepulauan, bisa ke negara lain pakai jalan darat itu sesuatu yang wah. Biasanya kan kita kalau mau ke negara tetangga harus naik pesawat atau kapal. Ada sih perbatasan Indonesia-Malaysia dan Indonesia-Timor Leste yang bisa dilintasi pakai jalan darat. Tapi jauh di pelosok sana. Intinya, jarang dilintasilah. Makanya, buat saya perbatasan Jerman-Prancis ini unik, menarik, dan wajib dilintasin mumpung saya di Strasbourg.

BACA JUGA:

Jalan-Jalan ke Porto, Portugal. More Than Just Tempat Lahir Harry Potter

Dark Side of Traveling, Overspent & Stres Mencerahkan Wajah

2 Hari Traveling ke Lille Prancis. Kesini Cuma Perlu 1 Jam-an dari London dan Brussels!

Kehl, Perbatasan Jerman-Prancis

Perbatasan Jerman

Kalau di Indonesia kebanyakan perbatasannya berupa laut, namun negara-negara Eropa justru dibatasi daratan. Gampang banget buat melangkah dari satu negara ke negara lainnya. Seperti dari Prancis ke Jerman. Cukup jalan kaki menyeberangi jembatan atau naik trem maka kita udah sampai di Jerman. 

Salah satu perbatasan Jerman dan Prancis terletak di Prancis bagian Timur yaitu di Kota Strasbourg. Di kota yang menjadi salah satu Ibu Kota European Union (EU) inilah Jembatan Pont de l’Europe berdiri. Jembatan yang membentang di atas Sungai Rhine ini menghubungkan Strasbourg di Prancis dengan Kota Kehl di Jerman.

Perbatasan Jerman

Setiap hari ratusan warga kedua kota bolak-balik menyebrangi jembatan. Tak cuma karena ingin mengunjungi negara satunya tapi juga karena bangak warga Kehl yang bekerja di Strasbourg, Prancis. Sedangkan warga Strasbourg banyak juga yang belanja rokok ke Kehl karena harganya di Kehl lebih murah 25% daripada di Strasbourg, Prancis.

Cara paling gampang buat menyeberangi perbatasan Jerman adalah dengan naik Trem D dari Strasbourg. Cukup duduk manis selama 30 menit maka saya langsung sampai di Kehl, tepatnya di Stasiun Kehl Banhof. Tapi kalau ingin menyeberang jembatan perbatasan, saya bisa juga turun di Stasiun Port du Rhin lalu jalan kaki selama 10 menit ke Kehl. Begitu juga sebaliknya.

Serunya, perbatasan Prancis dan Jerman ini tak dijaga sama sekali. Tak ada tentara atau petugas imigrasi yang akan mengecek paspor atau kartu identitas penumpang sama sekali. Bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di perbatasan Prancis dan Jerman, kamu juga bisa jalan-jalan ke taman yang berada di pinggir kedua kota lalu melintasi jembatan satunya, yaitu Jembatan Passerelle yang dikhususkan bagi pejalan kaki. 

Seperti Apa Kota Perbatasan Jerman-Prancis?

Perbatasan Jerman

Seperti yang orang-orang bilang, Kehl is just a German little town. Disini ada main square atau alun-alun kota yang disekililingnya ada supermarket, kafe, restoran, dan gereja di tengah alun-alun. Sisanya sih ada rumah-rumah dan apartemen. Meski kota kecil, tapi vibe Jermannya kerasa karena bentuk rumah dan apartmemennya yang beda dengan di Prancis. Saya sih sempet makan di McD (of course!) buat nyicipin McD versi Jerman dan liat-liat bentar pertokoan yang ada di deket perbatasan. Sepertinya disinilah orang-orang Prancis beli rokok. Buat saya, meski Kehl gak istimewa, tapi tetep seru aja nyebrang ke perbatasan Jerman dari Prancis cuma modal naik tram dan jalan kaki selama 30 menit. Kapan lagi bisa ke 2 negara gak pakai terbang?!

Curious about my adventures in Europe and America ?. You can click the following links to see my traveling videos that have aired on Net TV :

  1. Desa Hallstatt, Desa dengan Arsitektur Klasik di Pinggir Danau
  2. 1 Juta Rupiah Dapet Apa Di Dubai?
  3. Imutnya Park Guell, Dunia Fantasi Ala Gaudi di Barcelona
  4. Ada Turki Mini di Bosnia Herzegovina
  5. Nyobain Makanan Khas Bosnia, Kaya Rasa dan Pasti Halal
  6. The Bean, Seni Kontemporer yang Ada di Film – film Hollywood
  7. Traveling ke Paris, Prancis. Itinerary 5 Hari di Paris
  8. Jalan-Jalan ke Colmar, Prancis, Kota Negeri Dongeng

Want to help support my travel? Help me to visit 50 more countries and write more travel stories & guides by donating here

Watch my adventures & subscribe to my YouTube channel : The Island Girl Adventures

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s