Wisata ke Bruges, Belgia. Weekend di Fairytale Town-nya Eropa.

Wisata Belgia

Brussels atau Bruges? Kalau mau wisata ke Belgia, pilihannya pasti antara dua kota tersebut. Meski kota-kota lainnya di Belgia seperti Antwerp dan Ghent juga interesting and worth to visit, tapi destinasi utama turis yang mau jalan-jalan ke Belgia biasanya emang Brussels dan Bruges. Menjelang musim dingin, saya punya banyak waktu buat mengeksplor Eropa. Ya udah, daripada kelamaan milih, kenapa enggak ke kedua kota ini aja sekaligus? Dari Amsterdam, saya cuss naik flix bus menuju ke Bruges, Belgia. Gak salah emang milih kesini, mirip dengan Strasbourg, Bruges, Belgia bisa dibilang fairytale town-nya Eropa karena kota kecil ini mirip banget dengan gambaran negeri dongeng dari masa kecil.

Wisata ke Bruges, Belgia. Dari Kota Dagang yang Makmur Jadi Kota Favorit Turis

Wisata Belgia

Menapaki jalanan berbatu, melewati kanal-kanal yang indah serta deretan rumah kuno dari batu bata di kota Bruges, Belgia membuat saya penasaran kok bisa Bruges dibangun seindah ini?. Tur guide kami, Pascal, yang berasal dari Belanda, lalu menjelaskan kalau Bruges dulunya adalah kota perdagangan yang makmur. Hmm pantesan aja kota di Belgia ini terawat abiss, nampak persis seperti gambaran negeri dongeng di buku cerita.

Wisata Belgia

Tepatnya pada abad ke-12 hingga 15, Bruges (atau Brugge dalam bahasa Belanda) adalah kota dagang utama di Eropa. Kota ini makmur berkat dagang wol, renda, dan rempah-rempah. Setelah perdagangan surut pada abad-15 karena kalah saing dengan Antwerp, turisme pun mulai berkembang di Bruges, Belgia hingga kini. Gak cuma turis yang demen datang ke Bruges, Belgia, sineas film pun suka syuting di Bruges karena ya itu tadi, kotanya indaaah banget..It is truly an outstanding example of a medieval historic settlement!. Film-film yang diambil di Bruges diantaranya film hollywood In Bruges dan film hit bollywood PK.

Wisata Belgia

Bruges adalah ibukota sekaligus kota terbesar di provinsi West Flanders di Flemish region di Belgia. Penduduknya berbahasa Belanda sedang ciri arsitekturnya khas Flemish, yaitu fasadnya berbatu bata. One of the reasons why I love visiting Bruges…Kota yang namanya berarti jembatan dalam bahasa Belanda lama ini tercatat dalam UNESCO World Heritage List sejak tahun 2000 berkat keindahan arsitektur kotanya yang masih asli sejak medieval times.

How to Get to Bruges, Belgia?

Wisata Belgia

Karena sebelum ke Bruges, Belgia saya jalan-jalan ke Amsterdam, Belanda dulu, untuk ke Bruges saya naik flix bus dari stasiun Amsterdam Sloterdijk. Perjalanannya 5 jam 30 menit dengan transit di kota perbatasan Belgia-Prancis, Lille selama 1,5 jam. Pilihan lainnya untuk menuju ke Bruges adalah dengan terbang ke bandara kota terdekat, yaitu Brussels South Charleroi, selain itu bisa juga naik kereta atau mobil.

Dari stasiun Bruges, saya lanjut ke pusat kota dengan jalan kaki selama 20 menit. Tapi kalau kamu prefer naik transportasi publik, kamu bisa naik taksi atau bus. Pilihlah bus bertanda “Centrum” yang akan menuju ke Grote Markt (alun-alun kota).

How to Get Around Bruges, Belgia?

Wisata Belgia

Sama dengan di Amstedam, di historic center Bruges banyak yang sepedaan. View kota yang klasik dan adanya kanal-kanal yang melintasi kota emang ngepas dijelajahi dengan naik sepeda. Pas banget temen lokal saya minjemin sepeda buat keliling Bruges, jadinya seharian saya sepedaan menikmati suasana romantis di Bruges..

Pilihan terbaik lainnya untuk jalan-jalan ke Bruges adalah dengan jalan kaki. Pusat kota Bruges gak begitu besar, selain itu ada banyak hal yang bisa kamu amati dan temuin saat wisata ke Bruges yang akan terlewat kalau kamu naik sepeda, bus atau taksi. Saya sendiri memilih untuk ikutan walking tour. Dalam tur berdurasi 1,5 jam guide membawa kami semua keliling setiap sudut bersejarah dan menarik di Bruges, Belgia sambil menceritakan sejarah kota. Walking tour menjadi salah satu activity favorit saya kalau lagi solo traveling. Gak cuma dapet knowledge dan kegiatan yang seru, ikutan tur bisa juga buat nambah temen baru selama traveling. Selain ikutan historical walking tour, malamnya saya ikutan beer walking tour juga dimana kita diajak keliling bar-bar di Bruges untuk mencicipi bir khas sana.

Things To See & Do di Bruges, Belgia

  1. Join Canal Cruise
Wisata Belgia

Entah kenapa, naik boat melintasi kanal atau sungai selalu jadi favorit things to do versi saya di kota-kota Eropa seperti Strasbourg dan Paris. Asyik dan romantis sih emang… Begitupun di Bruges, Belgia. Baru menjejakkan kaki di kota Bruges, saya langsung kepingin naik boat setelah melihat sekelompok turis naik boat di salah satu kanal. Tarifnya 12 Euro/ orang sedang durasi perjalanan 30 menit.

Wisata Belgia
Photo by Miguel Arcanjo Saddi on Pexels.com

Berlayar di kanal Bruges memang touristy thing to do, tapi dengan naik boat kita juga bisa melihat beberapa wonderful spots yang gak bisa direached kalau jalan kaki. Salah satunya adalah Rozenhoedkaai, salah satu area yang paling banyak diabadikan dengan kamera saat berlayar.

Selain itu kamu juga bisa melihat suasana Bruges diluar historic center-nya karena boatnya juga menyusuri kanal-kanal sampai beyond kota Bruges.

2. Grote Markt

Wisata Belgia

Alun-alun kota, pusatnya kota Bruges, Belgia. Turis yang wisata ke Bruges, Belgia biasanya akan menuju ke Grote Markt dulu sebelum menjelajahi sisi Bruges lainnya. Saya jalan-jalan ke Bruges saat awal musim dingin, jadinya sempet kehujanan dan jarang melihat matahari. Tapi Grote Markt tetap terlihat menawan karena alun-alun ini dikelilingi oleh bangunan dan rumah bergaya abad pertengahan dan gothic yang nampak megah. Kebanyakan gedungnya sudah berubah fungsi menjadi kafe, restoran, toko suvenir dan museum untuk cater para turis. Ada juga kereta kuda di sekeliling alun-alun, siap menawarkan jasanya mengantar kamu keliling Bruges.

Wisata Belgia

Saya gak sempet nongkrong di salah satu resto itu karena selama saya wisata ke Bruges saya sibuk ikutan tur. Hanya aja sempet denger dan baca kalau resto dan kafe di sekeliling Grote Markt itu overpriced, so you might want to consider choosing other places if you want to sit down in Bruges.

Wisata Belgia

Hal lain yang seru buat dilakukan di Grote Markt adalah visiting Christmas Market. It was the first Christmas market I’ve visited in Europe. Jadi meskipun udaranya dingin dan kulit muka dan tangan saya mulai mengering, saya tahan-tahanin deh berlama-lama di pasar Natal Bruges, Belgia.

3. The Belfry Tower

Wisata Belgia

Menara lonceng setinggi 83 meter dari abad ke-12. Dengan 8 Euro, kamu bisa menaiki 366 anak tangga ke puncak menara untuk menikmati view kota Bruges dari atas.

Wisata Belgia

Karena termasuk attraction favorit, sebaiknya kesini dari pagi (09.30 AM) untuk menghindari antrean yaa.

4. Minnewater Park

Wisata Belgia

One of the most beautiful spots in Bruges! Saya kesini saat ikutan walking tour jadinya gak bisa berlama-lama tapi kalau kamu nemu Minnewater Park (Lake of Love) saat jalan-jalan ke Bruges, Belgia you should spend time here! Jarang banget saya bisa ngelihat view seperti ini di Indonesia, angsa-angsa putih cantik berenang dan chilling out di danau dan rerumputan hijau. Stunning!

5. Begijnhof (Beguinage) 

Wisata Belgia

Terletak dekat dengan Minnewater Park adalah Begijnhof, tempat wisata di Belgia yang kudu didatengin. Begijnhof adalah tempat tinggal beguine Bruges selama 700 tahun hingga tahun 1937 yang kini berfungsi sebagai biara yang dihuni oleh para suster dari Ordo Santo Benediktus. Daya tarik utama Begijnhof yang didirikan tahun 1245 adalah viewnya. Rumah-rumah bercat putih yang mengelilingi taman luas yang ditumbuhi pohon poplar besar tampak anggun. Suasana disini pun terasa tranquil….

6. Basilica of The Holy Blood

Wisata Belgia
Photo by Gotta Be Worth It on Pexels.com

Gereja Katolik Roma yang populer karena menyimpan kain yang direndam dalam darah Jesus. Basilika ini in my opinion worth to visit karena arsitekturnya sendiri sangat menawan, rather magical. Untuk masuk ke dalam basilka free, tapi kalau mau masuk ke museumnya tiketnya 5 Euro.

7. Tasting Bruges Specialty F&B

Mulai dari waffle, frites (not french fries…), cokelat Belgia, sampai bir Bruges, kamu wajib mencicipinya selama wisata ke Belgia. Gampang banget nemuin kedai waffle dan frites, misalnya di Grote Markt, sedang bir khas Bruges bisa banget dicicip di setiap bar dan restoran di Bruges. For me, Belgian beer is the best beer I’ve ever tasted.

Wisata Belgia

Karena jaraknya deket dari Prancis, wisata ke Belgia udah pasti masuk ke list saya saat spring vacation tahun depan, dan pastinya saya harus balik ke Bruges karena liburan terakhir kesana cuma 2 hari aja dan sendiri pula (hiks!). Kalau kamu planning untuk wisata ke Bruges, Belgia, alokasikan minimal 3 hari ya biar lebih mantep mengeksplor setiap sudut Bruges.

Curious about my adventures in Europe and America ?. You can click the following links to see my traveling videos that have aired on Net TV :

  1. Desa Hallstatt, Desa dengan Arsitektur Klasik di Pinggir Danau
  2. Imutnya Park Guell, Dunia Fantasi Ala Gaudi di Barcelona
  3. Ada Turki Mini di Bosnia Herzegovina
  4. Nyobain Makanan Khas Bosnia, Kaya Rasa dan Pasti Halal
  5. The Bean, Seni Kontemporer yang Ada di Film – film Hollywood

Want to help support my travel? Help me to visit 50 more countries and write more travel stories & guides by donating here

Watch my adventures & subscribe to my YouTube channel: The Island Girl Adventures

4 thoughts on “Wisata ke Bruges, Belgia. Weekend di Fairytale Town-nya Eropa.

  1. Setelah baca ini, baru ngeh aku kalau dulu banyak juga melewati tempat-tempat bagus ketika mengunjungi Bruges. Aggh, nyesel, dan ya semoga ada kesempatan buat balik ke sana lagi 🙂

    Like

Leave a comment