Jalan-Jalan ke Porto, Portugal. More Than Just Tempat Lahir Harry Potter

Jalan-jalan ke Porto, Portugal

Europe trip 2022 ini sebenernya saya planning ke Skandinavian countries selain staying in France, but somewhow I ended up jalan-jalan ke Porto, Portugal. Sebuah keputusan dadakan yang gak akan saya sesalin karena Porto ternyata awesome! Tadinya saya cuma tahu secuil informasi mengenai Porto sebagai kota yang banyak kasih inspirasi ke J.K. Rowking dalam meng-create Harry Potter, atau sebagai kandangnya klub sepakbola FC Porto. But it turns out, Porto is more than that! This cool city is definitely worth to visit for more than 1 day as I did last May.

Jalan-jalan ke Porto, Portugal

If you’ve been following this blog for some time, you would have known that I feel like running out of energy for a long journey, including solo travel. Saat Europe trip bulan April – Mei lalu, saya udah bikin itinerary lengkap untuk trip selama 25 hari. 1 minggu sengaja saya alokasiin buat ke Denmark, Swedia dan Norwegia karena saya belum pernah kesana, plus penasaran dengan Stockholm dkk. Eh ternyata pas udah sampai di Prancis, saya jadi ragu buat terbang ke North Europe karena merasa males kalau harus solo travel lagi. FYI, most of the time saya traveling sendirian, termasuk 2x ke Eropa, Jepang, dan ke beberapa kota di US pas tinggal disana. Karena udah keseringan solo travel dan perhaps pengaruh umur juga, sekarang ini pengennya berdua, cuma sayangnya Adrien mesti kerja, jadi mau gak mau saya mesti ke Skandinavia sendirian. Kelamaan galau dan maju mundur beli tiket pesawat ke Kopenhagen, ditambah udara dingin musim semi bikin gampang feeling lonely, akhirnya saya putusin ke destinasi yang lebih hangat, yaitu Portugal biar gak kesepian gitu haha. Setelah 3 hari di Lisbon, di hari ke-4 saya naik bus ke Porto buat ngejar pesawat balik ke Paris. Waktu 1 hari lalu saya manfaatin penuh buat jalan-jalan ke Porto, Portugal. Siapa sangka kalau I find Porto is way more interesting than Lisbon. Its weather is cold, full of historical sites, more aesthetic, and fits with my expectation of how a European city should look like.

BACA JUGA :

2 Hari Traveling ke Lille Prancis. Kesini Cuma Perlu 1 Jam-an dari London dan Brussels!

Liburan Ke Dubai 2022. Bisa Kemana Aja Pas Transit 1 Hari?

Dark Side of Traveling, Overspent & Stres Mencerahkan Wajah

Jalan-Jalan ke Porto, Portugal. Di Antara Wine dan Harry Potter

Jalan-jalan ke Porto, Portugal

Jalan-jalan ke Porto, Portugal bikin saya sadar kalau Porto is more than just kotanya Harry Potter. Kota Porto bernuansa romantis dengan adanya jalanan berbatu yang berliku, gereja dan istana klasik, serta gedung berornamen Azulejos, motif ubin keramik berwarna biru dan putih khas Portugal. Seperti saat pertama kali ke Eropa, pertama kali menginjakkan kaki di Porto, Portugal bikin saya merasa lagi memasuki lorong waktu ke abad pertengahan. It doesn’t look modern at all, and that’s what I like from many European cities.

Jalan-jalan ke Porto, Portugal

Sejauh mata memandang, gereja bergaya gothic, romanesque, dan baroque berhiaskan Azulejos bertebaran di Porto. Bahkan di stasiun Sao Bento juga. Ternyata hal ini gak lepas dari sejarah Porto yang sempat dikuasai bangsa Muslim Moors dari Afrika Utara sejak awal abad ke-8 hingga awal abad ke-11 saat pasukan Kristen Eropa berhasil merebut kembali Porto. Azulejos peninggalan bangsa Moors tetap jadi bagian dari seni budaya Portugal hingga saat ini. Porto, bersama dengan banyak kota lainnya di Portugal juga sempat dijajah Spanyol (1580-1640) dan Prancis dibawah pimpinan Napoleon (1807-1813).

Jalan-jalan ke Porto, Portugal

Dari nama Porto juga, tercipta nama negara Portugal. Porto juga memegang banyak peranan dalam terciptanya negara Portugal yang moderen dan liberal. Revolusi dan pemberontakan liberal yang menuntut dihapuskannya kekuasaan monarki yang absolut dimulai di Porto, hingga akhirnya terciptalah Republik Portugal pada tahun 1910.

Kini, Porto dikenal sebagai produsen dan pengekspor wine kelas dunia. Lokasinya yang berada di muara sungai Duoro bikin Porto, Portugal dikenal sebagai the city of bridge karena ada 6 jembatan di kota Porto. Saat jalan-jalan ke Porto, Portugal saya merasa kota ini adalah the whole package. Porto punya suasana yang romantis, klasik, dipenuhi historical sites yang well maintained, view menakjubkan sungai Duoro, penduduk yang ramah, plus suasana kota yang alive. Gak heran kalau tourism mulai booming di Porto. Bahkan kabarnya banyak ekspat juga yang memilih untuk retire di Porto, salah satunya karena living cost di Porto dan Portugal in general are quite affordable.

Kreator Harry Potter series, JK Rowling pun pernah tinggal di Porto pada tahun 1991-1993 sebagai guru bahasa Inggris. Saat tinggal di Porto lah, Rowling menguraikan dan mengembangkan ide-idenya untuk seluruh tujuh buku Harry Potter, dan bahkan memulai buku pertama. Saat jalan-jalan ke Porto, Portugal, saya melihat sendiri sites yang jadi inspirasi simbol Gryffindor, seragam Hogwarts, sampai Flourish and Blotts, sebuah toko buku di Diagon Alley. I’ll tell you more about it later…

How To Get To Porto, Portugal?

Jalan-jalan ke Porto, Portugal

Saya naik Flix Bus dari terminal bus Oriente, Lisbon ke Porto. Perjalanannya memakan waktu 3 jam 15 menit sedang tiketnya 12 Euro. Selain naik bus, kamu juga naik pesawat dan kereta api ke Porto, Portugal. Jalan-jalan ke Porto, Portugal kali ini emang singkat, karena sebenernya tujuan utama saya ke Porto cuma buat ngejar pesawat ke Paris. Eh siapa sangka Porto ternyata cantik banget, I fall in love since I get out of the bus…

Getting Around Porto, Portugal

Jalan-jalan ke Porto, Portugal

The best way to explore Porto in my opinion is by walk. Pusat kota Porto, yang termasuk dalam daftar UNESCO World Heritage Site berada dalam walking distance dari terminal bus Camelias. Asalkan kamu gak keberatan hiking berkali-kali karena topografi kota Porto yang hilly, sebenernya gampang banget buat jalan-jalan ke Porto, Portugal dengan jalan kaki. Pilihan lainnya adalah dengan naik bus atau metro. Kamu bisa pakai Andante card yang berwarna biru untuk naik metro. Harganya 60 sen sedang tarif sekali jalan mulai 1,20 Euro. Kalau mau lebih praktis, kamu bisa beli Andante card untuk unlimited travel selama 24 dan 72 jam seharga masing-masing 7 dan 15 Euro.

Karena malam harinya saya udah mesti terbang ke Paris, saya gak sempet nginep di Porto. Untuk ke airport, saya naik bus line 602 dari sebuah halte gak jauh dari Livraria Lello. Tiketnya 3 Euro, beli ke supir busnya langsung.

Things To See & Do in Porto, Portugal

  1. Dom Luis I Bridge
Jalan-jalan ke Porto, Portugal
Jembatan bertingkat dua ini adalah ikon Porto. Dom Luis I membentang diatas sungai Duoro dan menghubungkan distrik Ribeira di pusat kota Porto yang ramai dengan rumah port wine, Vila Nova de Gaia. Yang unik dari jembatan Dom Luis I, jembatannya bertingkat dua. Upper deck hanya bisa dilewati metro dan para pejalan kaki (di pedestrian aja, di kanan kiri jembatan), sedang lower deck bisa dilewati kendaraan umum lainnya dan juga para pejalan kaki. Merasa familiar dengan desainnya? Yup, karena jembatan Dom Luis I ini diarsiteki oleh Téophile Seyrig, muridnya Gustav Eiffel, sang perancang Menara Eiffel Paris.
Jalan-jalan ke Porto, Portugal

Pas banget saya turun dari bus langsung nemu jembatan Dom Luis I. Karena penasaran kok banyak orang ngumpul disekitar jembatan saya pun nyusul kesana. Ternyata, view kota Porto dari atas jembatan setinggi 60 meter ini cakeep abis. It’s breathtaking! Jadi saya pun akhirnya menghabiskan waktu cukup lama buat ngelihatin view Porto dan suasana di jembatan saat jalan-jalan ke Porto, Portugal. Satu hal yang pengen saya lakuin on the next visit to Porto adalah ikutan cruise sambil sipping Porto wine di sungai Duoro dengan kapal tradisional Portugal. Saat itu ada beberapa kapal yang tengah cruising, yang mana menjadi salah satu favorite tourist attractions di Porto.

2. Ribeira District

Jalan-jalan ke Porto, Portugal

Gak jauh dari jembatan Dom Luis I, tepatnya di tepian sungai Duoro (Ribeira berarti tepi sungai dalam bahasa Portugis) adalah Ribeira, distrik yang paling cantik, otentik, paling hidup, dan a must visit saat jalan-jalan ke Porto, Portugal. Disini kamu bisa menjelajah gang-gang yang penuh dengan rumah dan apartemen yang colorful, sedang di sore dan malam kamu hari bisa nikmatin kuliner khas Portugal sambil mandangin view sungai Duoro dari salah satu teras restoran di Ribeira.

Jalan-jalan ke Porto, Portugal

3. Clerigos Church

Jalan-jalan ke Porto, Portugal

Gereja baroque setinggi 75,6 meter ini adalah tempat yang tepat bila kamu mau menikmati view kota Porto dari atas saat jalan-jalan ke Porto, Portugal. Untuk naik ke menara yang selesai dibangun pada tahun 1763 ini tentu harus antre dulu dan tahan naik 240 anak tangga.

4. Livraria Lello

Jalan-jalan ke Porto, Portugal

As I’ve mentioned before, JK Rowling mendapat banyak inspirasi dari Porto dalam proses pembuatan cerita Harry Potter. Salah satunya adalah toko buku Livraria Lello, yang disebut sebagai salah satu toko buku terindah di dunia. Toko buku yang dibuka sejak tahun 1906 ini emang punya arsitektur yang sangat indah nan klasik, bergaya Art Nouveau gitu. Gak heran sih kalau Rowling terinspirasi dari Livraria Lello. If you go there saat jalan-jalan ke Porto, Portugal, you would understand

Jalan-jalan ke Porto, Portugal

Levraria Lello kemudian dipakai Rowling untuk menciptakan Flourish and Blotts, sebuah toko buku di Diagon Alley, tempat Harry Potter dkk belanja buku sebelum memasuki tahun ajaran baru. Berkat kesuksesan Harry Potter, Livraria Lello pun jadi tourist attraction yang rame banget di Porto. Saya pun perlu ngantre 30 menit demi masuk ke toko buku yang berada di Rua das Carmelitas ini. Setelah masuk pun, jangan harap bisa selfie disini dengan mudah. Spot ter-hot disini, yaitu tangga melingkar di tengah ruangan pun diserbu para turis yang ingin mengabadikan momen di Harry Potter historical site, yang artinya mesti antre lagi. Untuk masuk Livraria Lello, tiketnya 6 Euro kalau bayar di tempat, atau 5 Euro kalau beli di website resminya. Nantinya tiket ini bisa diredeem sebagai potongan harga kalau kamu belanja buku disana.

Jalan-jalan ke Porto, Portugal

Selain Livraria Lello, beberapa spot yang menginspirasi Rowling dalam pembuatan Harry Potter diantaranya: Fonte dos Leoes (the fountains of the lions), sebuah air mancur yang jadi inspirasi akan simbol Gryffindor. Selain itu, if you’re lucky saat jalan-jalan ke Porto, Portugal, kamu akan melihat para murid universitas yang pakai seragam dengan cape hitam seperti murid-murid Hogwarts. Yup, seragam Hogwarts memang terpinspirasi dari seragam kampus Porto.

5. Porto Cathedral

Jalan-jalan ke Porto, Portugal

Porto memiliki banyak gereja indah nan antik yang sayang dilewatkan kalau kamu pengagum arsitektur. Mulai dari Katedral Porto yang bergaya baroque dan romanesque dari abad ke-12, Church of Sao Francisco, dan Igreja do Carmo, my favorite church in Porto yang bergaya rococo dari abad ke-18. Saya suka Igreja do Carmo karena dindingnya dihiasi Azulejos warna biru dan putih.

Jalan-jalan ke Porto, Portugal

The sad thing about this trip is, it was an unplanned trip, jadinya saya jalan-jalan ke Porto, Portugal sejauh kaki bisa melangkah aja. Padahal ada beberapa tempat yang sebenernya pengen saya lihat langsung, seperti Port Wine di Vila Nova de Gaia, buat ikutan wine tour dan ngelihat cellarsnya, juga ke stasiun kereta api Sao Bento yang keindahan Azulejosnya telah mendunia. Tapi meski cuma 1 hari, I am impressed with the beauty of Porto and surely if I have the chance, saya mau jalan-jalan ke Porto, Portugal lagi, tapi gak sendirian hehehe…

Curious about my adventures in Europe and America ?. You can click the following links to see my traveling videos that have aired on Net TV :

  1. Desa Hallstatt, Desa dengan Arsitektur Klasik di Pinggir Danau
  2. 1 Juta Rupiah Dapet Apa Di Dubai?
  3. Imutnya Park Guell, Dunia Fantasi Ala Gaudi di Barcelona
  4. Ada Turki Mini di Bosnia Herzegovina
  5. Nyobain Makanan Khas Bosnia, Kaya Rasa dan Pasti Halal
  6. The Bean, Seni Kontemporer yang Ada di Film – film Hollywood
  7. Traveling ke Paris, Prancis. Itinerary 5 Hari di Paris
  8. Jalan-Jalan ke Colmar, Prancis, Kota Negeri Dongeng

Want to help support my travel? Help me to visit 50 more countries and write more travel stories & guides by donating here

Watch my adventures & subscribe to my YouTube channel : The Island Girl Adventures

One thought on “Jalan-Jalan ke Porto, Portugal. More Than Just Tempat Lahir Harry Potter

  1. Pingback: Iseng Nyebrang ke Kehl, Kota Perbatasan Jerman-Prancis dari Strasbourg – The Island Girl Adventures

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s