Jalan-Jalan ke Paris, Prancis. Itinerary dan Destinasi Liburan 7 Hari di Paris (Part 2)

Jalan-jalan ke Paris, Prancis

Trip Eropa kali ini sebagian besar dihabiskan untuk jalan-jalan ke Paris, Prancis. Sebenarnya, saya stay di Paris total 10 hari, cuma yang khusus untuk jalan-jalan ke berbagai attractions totalnya 7 hari, sisanya buat acara pribadi dan istirahat. Hence, the itinerary disini dibuat untuk jalan-jalan ke Paris, Prancis selama 7 hari. Karena saking banyaknya destinasi yang saya kunjungin, artikel ini terbagi jadi 2 part, dimana kamu bisa ngebaca part 1 jalan-jalan ke Paris, Prancis disini.

DAY 4 JALAN-JALAN KE PARIS, PRANCIS

  1. Palais-Royal
Jalan-jalan ke Paris, Prancis

Setelah sempet jalan-jalan ke Paris, Prancis sendirian kemarin, tepatnya ke Louvre karena Adrien mesti kerja, di hari keempat jalan-jalan ke Paris, Prancis kita kembali exploring Paris berdua. Agendanya adalah ngunjungin attractions di pusat kota Paris, yang pertama Palais-Royal.

BACA JUGA :

Jalan-Jalan ke Nice, Prancis. Si Cantik yang Nice di French Riviera

Trekking Mount Batur Bali: 5 Things You Need To Know

Trip Dadakan ke Antibes, Prancis. A Pastel-Colored Seaside Town in French Riviera

Palais-Royal adalah bekas istana bangsawan Prancis yang kini digunakan sebagai kantor pemerintah Prancis, tepatnya Kementerian Kebudayaan dan Dewan Konstitusi Prancis. Dibangun pada tahun 1633 oleh Cardinal Richelieu yang saat itu menjadi kepala menteri raja Prancis Louis XIII. Mungkin kamu pernah ngelihat video or foto Palais Royal di Instagram juga karena istana ini termasuk selfie spot yang populer di Paris.

2. Jardin du Palais Royal

Jalan-jalan ke Paris, Prancis

Atau Royal Palace Garden, tempatnya Parisians relaxing, merenung atau piknik. Saya yakin kamu udah pernah ngelihat Jardin du Palais Royal di internet or TV karena taman ini emang terkenal, melebihi Palais Royal, apalagi sejak jadi salah satu shooting locations Emily in Paris. Inget dong scene ketika Emily duduk sendirian di taman, ngerasa down akan hidup barunya di Paris yang ternyata gak seindah dan segampang yang dia imagined, lalu dia kenalan sama Mindy.

Seperti Emily, saya juga suka ama taman ini. Rasanya adem dan pewe aja duduk dan daydreaming disini. Jardin du Palais Royal memang punya dua deretan pohon yang bikin area taman jadi teduh dan terlindungi dari matahari Eropa yang membara pas summer. Fasililitas lainnya ada fountain, sand box buat anak-anak bermain, serta kafe, art galeries, dan butik-butik yang berada di arcades di ketiga sisi taman.

Satu bagian dari Jardin du Palais Royal yang ikonik dan selalu jadi tempat selfie adalah Court of Honor. Lapangan ini dipenuhi dengan pilar-pilar white and black stripes karya seniman David Buren.

3. Galerie Vivienne

Jalan-jalan ke Paris, Prancis

5 menit jalan kaki dari Jardin du Palais Royal, tibalah kita di Galerie Vivienne, salah satu gang beratap (arcades) terikonik di Paris. Galerie Vivienne dipenuhi dengan butik, kafe, tea rooms, wine cellars, grocery shops, dan old bookstore. Tapi even kalau kamu gak masuk ke salah satu toko ini, Galerie Vivienne tetep worth to visit saat jalan-jalan ke Paris, Prancis karena tempatnya sendiri udah indah, bagaikan arts. Lihat aja kerumitan desainnya, lantai mosaik dan indahnya atap kacanya..

4. Printemps

Highlight dari day 4 jalan-jalan ke Paris, Prancis adalah ke Menara Eiffel, ikonnya Paris yang sebenernya udah pernah saya visited back in 2016. Cuma sayangnya waktu itu solo travel, hiks, masak ke Eiffel sendirian gitu loh. Jadinya saya balik lagi ke Eiffel pas jalan-jalan ke Paris, Prancis musim semi ini. Tapi sebelumnya, kita naik metro dulu buat mampir ke Printemps, a luxury department store yang berada persis di sebelah Galeries Lafayette Haussmann buat beli tas yang udah saya incer.

Tax Refund

Gak ada alasan khusus sih kenapa shoppingnya mesti di Printemps bukan Galeries Lafayette, tapi yang jelas saya beli itu bag dan selanjutnya ngurus tax refund di lantai basement Printemps. Ada 2 pilihan tax refund, masuk ke kartu kredit (12% dari total belanjaan minimal 175,01 Euro) atau cash (10,8%) yang bisa diambil di terminal keberangkatan Bandara Charles de Gaulle Paris pas sebelum terbang meninggalkan Eropa (setelah check in dan lewatin imigrasi, di area duty free shops). Saya pilih opsi yang kedua. Prosedur ngurus tax refund juga gampang ya, ada yang mandu gitu di area tax refund di Printemps. Saya cukup isi form di komputer dan ke konter sebelahnya buat infoin kalau pilih cash. Pas di bandara juga cuma antre 5 menit terus dikasih itu cash tax refundnya sama petugas. Sedang kalau pilih tax refundnya masuk ke kartu kredit prosesnya lebih cepet lagi. Cukup isi form di komputer doang lalu masukkan dokumen tax refund (akan dikasih saat bayar belanjaan sama shop assistant) di kotak di konter tax refund di bandara. Lokasinya berada di dekat area check in/ baggage drop.

5. Menara Eiffel

Kita sampai di Trocadero, salah satu spot buat ngelihat Menara Eiffel dengan naik metro. Karena turisme di Prancis udah balik normal, jelas Trocadero penuh dengan turis. Susah buat ambil foto yang sepi tanpa manusia. Begitu juga di Trocadero Gardens yang letaknya lebih dekat ke Eiffel. Akhirnya kita duduk-duduk aja sambil ngelihatin air mancur dan dengerin musik.

Chilling out spot di area Eiffel lainnya adalah di Champs de Mars yang berada di seberang Trocadero Gardens. Disini banyak Parisians dan turis yang gelar tikar dan berpiknik. Sementara itu, kalau kamu mau naik ke puncak Menara Eiffel saat jalan-jalan ke Paris, Prancis tiketnya 25,90 Euro (dengan lift). Saat itu saya gak dapet tiket plus gak mau kalau mesti antre on the spot, but I am okay with relaxing di Champs de Mars. Toh saya bisa balik ke Menara Eiffel kapanpun saya mau..

DAY 5 JALAN-JALAN KE PARIS, PRANCIS

  1. Rooftop Galeries Lafayette
Jalan-jalan ke Paris, Prancis

Selama Europe trip kali ini, saya sempet muter-muter kota lain di Prancis dan beberapa negara Eropa lainnya (akan ditulis di artikel terpisah), cuma kita selalu balik ke Paris in between the trips. Setelah balik dari Strasbourg, destinasi pertama yang pengen saya tuju selama jalan-jalan ke Paris, Prancis adalah ke rooftopnya Galeries Lafayette Haussmann.

Jalan-jalan ke Paris, Prancis

Goalnya apa lagi kalau bukan demi ngelihat view Paris dari rooftopnya Galeries Lafayette. Ternyata viewnya emang kereeen…sejauh mata memandang gedung-gedung klasik Paris membentang sampai di kejauhan terlihat Eiffel. Beberapa architectural landmarksnya Paris juga kelihatan jelas disini, yaitu Palais Garnier dan gedung lain dari Galeries Lafayette yang berada persis di seberang. Udah bener saya gak ikutan antre buat naik ke puncak Menara Eiffel, maybe will go there next time for the dinner tho…I heard the experience is fantastic.

Buat ke rooftopnya Galeries Lafayette tidak dipungut biaya alias free. Kamu cukup naik eskalator dari lantai 6. Selain nikmatin view Paris, di rooftop kamu juga bisa hang out di kafe dan restoran yang ada disini. Saat jalan-jalan ke Paris, Prancis, kamu juga bisa nyobain rooftop lainnya, misalnya rooftopnya Printemps.

2. Seine River Cruise

Saya sebenernya udah pingin banget ikutan Seine River Cruise dari sejak tahun 2016, pas jalan-jalan ke Paris, Prancis pertama kalinya. Cuma saat itu saya cuma punya waktu 2 hari trus harus terbang ke Roma, Italia. Karena udah capek juga jalan kaki keliling Paris, akhirnya kita putusin buat ikutan Seine River Cruise di tempat terdekat, yaitu Bateaux Mouches, operator Seine cruise pertama. Tiketnya 15 Euro dan belinya tinggal antre di loket, gak perlu beli di website dulu, meski bisa juga sih beli tiket dari jauh-jauh hari di website.

Jalan-jalan ke Paris, Prancis

Dari titik keberangkatan Pont de l’Alma, kapal melaju di sepanjang sungai Seine selama 1 jam 10 menit, melewati landmarks terpenting Paris, mulai dari Musee d’Orsay, Notre Dame, Hotel de Ville, Ile de la Cite, Louvre, hingga akhirnya perlahan melewati Eiffel di penghujung journey.

Jalan-jalan ke Paris, Prancis

For me, it’s the best experience I had in Paris this spring! Rasanya asyik dan seru aja berlayar ngelilingin Paris. Kapalnya juga nyaman, bisa milih duduk di lantai bawah (indoor) atau duduk di dek atas(outdoor). Saya sih prefer duduk di bawah ya biar kena AC dan aman dari serangan matahari haha…soalnya meski masih spring, Paris udah mulai panas dan mataharinya lumayan ngebakar kulit gengs.

3. Rue de L’ Universite

Jalan-jalan ke Paris, Prancis

Sebelum menutup acara jalan-jalan ke Paris, Prancis day 5, kita sempetin dulu ke Rue de L’ Universite, salah satu Eiffel Tower the best photo spots. Saya dan Adrien kesini karena mau bikin reel, eh gak taunya banyak banget yang lagi photo shoot di jalan ini. Lumayan susah buat ambil video tanpa strangers di dalam frame secara saat itu sore hari, jam-jam tempat wisata penuh. Meski perlu perjuangan, akhirnya kita bisa juga ambil foto dan video disini.

Sebenernya saya pernah kesini juga tahun 2016, tapi karena waktu itu jam 7 pagi, Rue de L’Universite masih kosong melompong. Jadi, kalau kamu mau kesini saat jalan-jalan ke Paris, Prancis, sebaiknya datang jam 7/8 pagi. Dari sini, kamu bisa lanjut piknik di Champs de Mars dan Trocadero Gardens, atau sekalian naik ke Menara Eiffel yang cuma berjarak 5 menit jalan kaki.

DAY 6 JALAN-JALAN KE PARIS, PRANCIS

Jalan-jalan ke Paris, Prancis

Okay, hari ini adalah hari kedua terakhir saya jalan-jalan di Paris, Prancis. Semua attractions yang saya pingin kunjungin udah didatengin, ada sih beberapa lainnya cuma disimpen buat next visit aja, selain itu saya juga udah gak punya energi buat exploring new places lagi. Jadi hari ini agendanya mau ke tempat-tempat yang lebih nyantai, no pressure to see as much as possible, dan kalau ada yang cocok sekalian shopiiing…buat myself dan oleh-oleh. Berikut adalah mal-mal yang saya datengin dan rekomendasiin buat kamu pay a visit juga:

  1. La Samaritaine: upscale mall favoritnya Parisians. Bangunannya cantik banget, gak begitu gede tapi ada banyak high end brands.
Jalan-jalan ke Paris, Prancis

2. Westfields de Halles: Gak begitu jauh dari La Samaritaine, sekitar 10 menit jalan kaki, jadi sayang kalau gak sekalian dikunjungi. Disini kamu bisa nemuin banyak high street brands macam Zara, H&M, Muji, dll. Saya waktu itu beberapa kali ke Westfields karena disini ada Fnac, jaringan toko buku Prancis yang juga menjual buku-buku berbahasa Inggris.

Kedua mal diatas berada tak jauh dari Notre Dame, jadi kamu bisa pakai rute Notre Dame lalu ke La Samaritaine dan Westfields de Halles.

Jalan-jalan ke Paris, Prancis

3. BHV Marais: Terletak di Le Marais, di seberang Hotel de Ville. BHV Marais okelah buat diexplored, tapi pilihan high end brandsnya gak banyak. Dari sini kamu bisa lanjut exploring jalan-jalan kecil di Le Marais buat window shopping ke butik-butik atau ke Centre Pompidou. Jangan lupa juga ke Champs Elysees Avenue buat experience the famous shopping street in Paris.

DAY 7 JALAN-JALAN KE PARIS, PRANCIS

Jalan-jalan ke Paris, Prancis

Well, this is the last day of jalan-jalan ke Paris, Prancis. Saya punya waktu seharian sebelum terbang malam harinya. Kebetulan saat itu Sabtu, jadi saya abisin waktu buat exploring Nation Market lagi, lunch di sebuah Vietnamese restaurant, dan keluar masuk pharmacy buat belanja French cosmetics. Sebelum ambil koper, gak lupa beli banyak cokelat buat oleh-oleh di supermarket Casino dan Monoprix.

Jam 5 sore, saya dan Adrien kembali naik metro buat ke bandara untuk terbang balik ke Dubai dan Jakarta.

Jalan-jalan ke Paris, Prancis

Jalan-jalan ke Paris, Prancis dua kali saya jadi sadar kalau Paris itu gede banget. Meski udah exploring the city for 10 days saya ngerasa baru pernah ke sedikit tempat aja di Paris. Perlu the 3rd, 4th, 5th, and more visit jalan-jalan ke Paris, Prancis buat ngelihat sisi-sisi lain the city of light.

Curious about my adventures in Europe and America ?. You can click the following links to see my traveling videos that have aired on Net TV :

  1. Desa Hallstatt, Desa dengan Arsitektur Klasik di Pinggir Danau
  2. 1 Juta Rupiah Dapet Apa Di Dubai?
  3. Imutnya Park Guell, Dunia Fantasi Ala Gaudi di Barcelona
  4. Ada Turki Mini di Bosnia Herzegovina
  5. Nyobain Makanan Khas Bosnia, Kaya Rasa dan Pasti Halal
  6. The Bean, Seni Kontemporer yang Ada di Film – film Hollywood

Want to help support my travel? Help me to visit 50 more countries and write more travel stories & guides by donating here

Watch my adventures & subscribe to my YouTube channel : The Island Girl Adventures

10 thoughts on “Jalan-Jalan ke Paris, Prancis. Itinerary dan Destinasi Liburan 7 Hari di Paris (Part 2)

  1. Pingback: Pengalaman Naik Budget Flight Eropa (Easyjet dan Ryan Air) – The Island Girl Adventures

  2. Pingback: Jalan-Jalan ke Colmar, Prancis. Kota Negeri Dongengnya Prancis – The Island Girl Adventures

  3. Pingback: One Day Trip ke Luksemburg, Negara Terkaya di Dunia. Saking Kayanya Bus Digratisin! – The Island Girl Adventures

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s