Pengalaman Naik Budget Flight Eropa (Easyjet dan Ryan Air)

Budget Flight Eropa
Photo by Wayne Jackson on Pexels.com

Liburan ke Eropa musim semi ini saya gak cuma jalan-jalan ke Paris, Prancis tapi juga exploring negara-negara lain dengan naik budget flight Eropa, yaitu Easy Jet dan Ryan Air. Seperti apa sih rasanya naik budget flight Eropa? Apakah sama standar fasilitas dan kenyamanannya dengan budget flight di Indonesia? Berdasar pengalaman 4 kali naik budget flight Eropa, saya pilih Easy Jet aja dibanding Ryan Air. Loh, ada apa dengan Ryan Air??

PERTAMA KALI NAIK BUDGET FLIGHT EROPA

Sebenarnya tahun ini bukan pertama kalinya saya naik budget flight Eropa. Pengalaman saya naik budget flight Eropa justru dimulai tahun 2016, pertama kalinya saya ke Eropa cuma karena penasaran dan waktu itu random banget milih destinasi mana yang dikunjungi. Pas di Paris, saya tiba-tiba kepingin ke Roma. Ya udah, dengan wifi gratisan dari McD akhirnya saya beli deh tiket Easy Jet dari Paris ke Roma, Italia. Yang kedua pas mau terbang balik ke Jakarta di akhir Europe trip yang sama , saya naik budget flight Eropa kedua, yaitu Ryan Air dari Roma ke Brussels, Belgia.

BACA JUGA :

The Reasons You Have To Travel Since Young

Jalan-Jalan ke Paris, Prancis. Itinerary dan Destinasi Liburan 7 Hari di Paris (Part 1)

Trekking Mount Batur Bali: 5 Things You Need To Know

Tahun ini saya random juga tiba-tiba pengen ke Portugal gara-garanya merasa agak males ke negara yang terlalu dingin, padahal Portugal gak ada tuh di itinerary yang saya susun sebelum terbang ke Eropa naik Emirates. Karena Portugal letaknya jauh di pojokan selatan benua Eropa, bakal kelamaan kalau naik kereta dan bus, mau gak mau saya mesti naik pesawat. Problemnya, sejak tahun kemarin saya lumayan parno dan panik kalau naik pesawat. Cuma karena gak ada opsi lain, akhirnya saya beli juga tiket budget flight Eropa. Dari Paris ke Lisbon saya naik Easy Jet, sedang dari Porto ke Paris saya naik Ryan Air.

REVIEW BUDGET FLIGHT EROPA EASY JET

Dadakan banget emang trip ke Portugalnya. Pas lagi ngecek harga tiket di google flights (saya selalu pakai google flights buat ngecek harga tiket pesawat ke Eropa), saya nemu tiket murah dari Paris ke Lisbon, cuma 88,05 Euro. Ya udah langsung aja saya beli tiket budget flight Eropa di website Easy Jet. Besoknya, saya cuss naik metro ke bandara Charles de Gaulle Paris. Flight ke Lisbon lamanya 1 jam 40 menit dan lumayan smooth, tanpa turbulence sama sekali. Jam 2.15 siang saya udah sampai di Lisbon terus ganti subway menuju pusat kota Lisbon.

Yang saya suka dari Easy Jet adalah 2x saya naik budget flight Eropa ini, mereka selalu on schedule. Meski saya denger juga dari Europeans kalau Easy Jet sering delay, mirip sama maskapai budget di Indonesia hehe..cuma rupanya saya lagi lucky aja, gak pernah kena delay. Kedua, sistem check in Easy Jet sangat efisien. Saya cukup check in di aplikasi Easy Jet aja, lalu pas mau masuk ke departure gate cukup scan barcode di boarding pass aja. Jadi gak ada waktu yang kebuang buat antre di check in counter untuk ngeprint boarding pass tuh..

Downsidenya, harga tiket Easy Jet yang saya beli tidak termasuk bagasi, bahkan gak ada tuh jatah bagasi kabin 7 kg seperti kalau naik pesawat domestik Indonesia. Jadi policynya sama dengan kebijakan maskapai di Amerika misalnya Delta Airlines. Saya cuma berhak bawa 1 buah tas kecil yang bisa ditaruh di bawah seat (ukuran tas maksimal 45 x 36 x 20 cm). Cuma karena pesawat waktu itu banyak space yang kosong, akhirnya saya taruh juga tas saya di tempat naruh bagasi kabin (di atas tempat duduk). Soalnya penumpang lain juga begitu hehehe…Terus, kalau perlu bawa koper yang gede gimana? Ya kamu mesti beli bagasi dong.

Sementara itu, kalau soal kenyamanan, budget flight Eropa yang ini standarlah ya, tapi kursinya dalam keadaan yang cukup terawat, gak keliatan tua or bocel-bocel. Soal service, gak ada masalah sama sekali.

REVIEW BUDGET FLIGHT EROPA RYAN AIR

Pas lagi nyari tiket buat balik ke Paris, dalam hati saya bilang kalau bisa naik Easy Jet aja atau maskapai lain, tapi jangan Ryan Air deh. Keinget dulu sempet delayed waktu mau terbang ke Brussels ditambah dengan reputasinya yang gak bagus bikin saya agak gimana gitu. Cuma karena tiket balik ke Paris pada mahal (belinya juga H-1), saya terpaksa beli tiket budget flight Eropa Ryan Air seharga 110 Euro di website Ryan Air. Titik keberangkatannya pun bukan di Lisbon tapi Porto, jadi saya mesti naik bus dulu 3 jam ke Porto (tapi ini jadi semacam blessing in disguise karena I find Porto is very beautiful).

Budget Flight Eropa

Beda dengan Easy Jet, proses check in Ryan Air lebih ribet. Saya bisa online check-in, tapi boarding passnya wajib diprint lalu bawa ke konter check-in untuk ditukar dengan boarding pass dari Ryan Air. haha aneh ya..sepertinya buat ngecek penumpangnya bawa tas lebih dari 1 atau gak, jadi bisa kasih charge tambahan. Tapi yang jelas, aturan ini bikin saya as penumpang mesti mengalokasikan waktu lebih banyak buat antre di konter check-in. Satu hal lagi yang cukup mengganggu adalah tulisan NON PRIORITY di pojok kanan atas boarding pass saya. Kenapa harus ditulis gede-gede gitu sih? Maksudnya mau bikin penumpang not feel good karena gak beli priority ticket? I don’t like this.

Hal lain yang bikin bete dengan budget flight Eropa Ryan Air ini adalah delayed tapi tanpa ada pengumuman. Jadi saat tiba waktunya penumpang naik pesawat kita semua udah berbaris rapi buat keluar dari ruang tunggu untuk kemudian naik pesawat. Eh udah berdiri 10 menit, 20 menit, sampai 1 jam kemudian pintunya gak dibukain dong. Dan parahnya, gak ada petugas yang ngumumin lewat mic or informasi di layar kalau pesawatnya delay. Jadi semua orang berdiri for nothing! Wah, kalau hal yang sama kejadian di Indonesia, penumpangnya pasti udah ngamuk sambil ngegebrak meja haha. Tapi entah kenapa Europeans disini anteng aja, padahal time is money kan ya. Setelah 1 jam bakar kalori, akhirnya kita semua dipersilakan untuk keluar ruang tunggu terus naik pesawat.

Flightnya sendiri untungnya smooth dan 2 jam 5 menit kemudian saya sampai di bandara Paris Beauvais, yang sebenernya berada di luar kota Paris. Berarti saya udah pernah naik dan turun pesawat dari semua bandara di Paris, yaitu Charles de Gaulle, Orly, dan Beauvais. Keluar dari airport, saya dijemput sama Adrien dan papanya lalu kita lanjut traveling ke Rouen, Normandy….

So far, saya baru nyobain budget flight Eropa dengan Easy Jet dan Ryan Air, maskapai lain seperti Vueling dan Wizz Air sih belum pernah ya. Dari pengalaman saya, tentu saya mendingan naik budget flight Eropa dengan Easy Jet. Kalau kamu, pilih yang mana?

Curious about my adventures in Europe and America ?. You can click the following links to see my traveling videos that have aired on Net TV :

  1. Desa Hallstatt, Desa dengan Arsitektur Klasik di Pinggir Danau
  2. 1 Juta Rupiah Dapet Apa Di Dubai?
  3. Imutnya Park Guell, Dunia Fantasi Ala Gaudi di Barcelona
  4. Ada Turki Mini di Bosnia Herzegovina
  5. Nyobain Makanan Khas Bosnia, Kaya Rasa dan Pasti Halal
  6. The Bean, Seni Kontemporer yang Ada di Film – film Hollywood

Want to help support my travel? Help me to visit 50 more countries and write more travel stories & guides by donating here

Watch my adventures & subscribe to my YouTube channel : The Island Girl Adventures

3 thoughts on “Pengalaman Naik Budget Flight Eropa (Easyjet dan Ryan Air)

  1. Pingback: Jalan-Jalan ke Colmar, Prancis. Kota Negeri Dongengnya Prancis – The Island Girl Adventures

  2. Pingback: One Day Trip ke Luksemburg, Negara Terkaya di Dunia. Saking Kayanya Bus Digratisin! – The Island Girl Adventures

  3. Pingback: Wajib Tahu! 7 Tips Hemat Uang Saat Traveling ke Eropa – The Island Girl Adventures

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s