Half-timbered house, Rumah Negeri Dongeng di Strasbourg, Prancis

strasbourg 2
Tempat wisata ala desa kuno Eropa sempat booming di Jawa Barat dan Malaysia. Ternyata di Eropa sendiri, desa kuno ini masih lestari hingga saat ini lho. Salah satunya berada di kota Strasbourg, Prancis. Desa kuno bernama Petite France tak pernah sepi oleh turis yang penasaran ingin melihat rumah setengah kayu yang bentuknya mirip rumah negeri dongeng.
Penasaran dengan bentuk rumah setengah kayu yang terlihat sangat cute, saya putuskan untuk mengunjungi kota Strasbourg dengan naik bus dari Cologne, Jerman. Perjalanan dengan flix bus memakan waktu selama 5 jam. Strasbourg sendiri terletak di perbatasan Jerman dengan Prancis.
strasbourg 1
Sesampainya di Strasbourg saya langsung menuju ke Petite France, kawasan bersejarah yang dulunya merupakan desa yang dihuni para nelayan dan pengrajin. Desa ini kini menjadi salah satu destinasi utama turis yang mengunjungi Strasbourg. Kebanyakan turis yang datang ingin melihat rumah setengah kayu yang klasik, unik, imut serta berkesan romantis.
strasbourg 3.jpg
Rumah setengah kayu berbentuk kubus dengan atap segitiga. Yang membuatnya unik adalah elemen potongan yang kayu yang menghiasi dinding rumah. Motifnya kadang melintang, namun ada pula yang bermotif kaki ayam, kotak, salju hingga garis silang. Motif kayu inilah yang membuat rumah kuno di Strasbourg terlihat unik dan menarik. Padahal di abad pertengahan, motif kayu diberikan untuk menunjukkan status ekonomi pemilik rumah. Bila motifnya rumit berarti pemilik rumah orang kaya.
strasbourg 4.jpg
Tak hanya motif kayu yang unik, rumah setengah kayu di Petite France terlihat imut karena dicat dengan warna – warna pastel seperti pink, kuning, biru muda juga cokelat. Suasana terasa romantis saat berjalan-jalan melintasi rumah setengah kayu di Petite France. Apalagi saat melangkah di atas jalan setapak berbatu serta memandangi kanal-kanal di sekeliling Petite France. Tentu saja destinasi ini menjadi spot selfie favorit turis.
strasbourg 5.jpg
Meski kawasan Petite France sangat touristy, namun sangat layak dikunjungi karena memiliki nilai sejarah yang membuatnya dimasukkan dalam daftar warisan dunia UNESCO. Saat ini, rumah-rumah kayu di Petite France telah berubah fungsi. Tak lagi dihuni para penduduk Strasbourg melainkan dijadikan hotel, restoran, kafe dan toko suvenir.
Menjelajah Petit France pun sangat mudah karena kawasan ini berukuran kecil jadi gampang dijelajahi dengan jalan kaki. Cobalah ikut free walking tour yang diadakan setiap hari untuk melihat sisi lain Petite France dan mendengarkan cerita sejarah Petit France langsung dari warga setempat.

2 thoughts on “Half-timbered house, Rumah Negeri Dongeng di Strasbourg, Prancis

  1. Pingback: Cantiknya Alun-Alun Place de la Republique di Prancis saat Musim Dingin – The Island Girl Adventures

  2. Pingback: Tips Hemat Keliling Eropa. Naik Bus dengan Fasilitas Pesawat, Simak Ulasannya – The Island Girl Adventures

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s