Jalan-Jalan ke Bratislava, Slovakia. Cuma 1 Jam dari Vienna!

Jalan-Jalan ke Bratislava

It’s only 1 hour away from Vienna, Austria. I shouldn’t have wasted this chance to visit Slovakia, haven’t I?

Yap, bener banget. Hanya karena saat riset sebelum berangkat Europe trip kedua saya melihat di map kalau Bratislava letaknya deket banget dengan Vienna, makanya saya jalan-jalan ke Bratislava. Cuma 1 jam jaraknya gitu loh, sayang banget kan kalau gak kesana?. Apalagi rutenya juga searah dengan destinasi berikutnya, Budapest, Hungary. Jadilah saya alokasikan 1 hari 1 malam buat mengeksplor salah satu ibukota ter-underrated di Eropa ini. Setelah puas keliling Vienna, Austria, esok paginya saya cuss ke stasiun utama Vienna demi naik bus untuk jalan-jalan ke Bratislava. Siapa disangka, Bratislava terasa relaxing karena jumlah turisnya jauh lebih sedikit dan saya pun dapet kesempatan buat merasakan keramahan orang-orangnya plus nyicip local cuisine-nya!

JALAN-JALAN KE BRATISLAVA : BARU EKSIS DI MUKA BUMI PADA TAHUN 1993

Jalan-Jalan ke Bratislava

Jalan-jalan ke Bratislava sama saja dengan liburan ke negara yang baru berdiri tapi terasa kayak negara kuno. Sebabnya apalagi kalau bukan karena sebelum tahun 1993, negara Slovakia gak pernah eksis di muka bumi ini. Selama lebih dari 900 tahun, teritori Slovakia menjadi bagian dari Hungaria hingga akhirnya Austria-Hungary dibubarkan pada tahun 1918, saat Perang Dunia I berakhir. Setelah itu, teritori Slovakia menjadi bagian dari Czechoslovakia. Karena Czechoslovakia kemudian bergabung dengan Blok Timur yang dipimpin oleh Uni Soviet pasca Perang Dunia II, Slovakia pun ikutan beraliran komunis. Revolusi Velvet kemudian mengakhiri era komunis di Czechoslovakia pada tahun 1989. Czechoslovakia pun dibubarkan, sebagai gantinya negara Slovakia resmi berdiri pada 1 Januari 1993 dengan Bratislava sebagai ibukotanya. Kini, negara kecil dan landlocked di Eropa Tengah ini dikenal sebagai produsen mobil terbesar per kapita di dunia.

JALAN-JALAN KE BRATISLAVA : HOW TO GET THERE

Jalan-Jalan ke Bratislava

Jujur sebelum jalan-jalan ke Bratislava, saya sempet ragu. Worth gak sih jalan-jalan ke Bratislava karena negara ini kan gak gitu terkenal dan gak ada tempat wisata yang namanya menonjol?. Tapi, lagi-lagi karena jarak yang dekat, waktu yang masih tersisa, plus dapet host 1 keluarga Slovakia, ya kenapa enggak?. Dari distrik 7 Vienna, Austria, saya meluncur ke Wien Hauptbahnhof (stasiun utama Vienna/ Wina). Sambil geret koper, saya cari tuh area parkir bus karena saya emang milih naik bus ke Bratislava. Setelah ketemu bus Slovak Lines, saya bayar tiketnya sebesar 5 Euro (kini harganya 10 Euro) ke supir bus dan duduk manis menikmati perjalanan menuju Bratislava selama 1 jam.

Selain naik bus, kalian juga bisa jalan-jalan ke Bratislava dari Vienna dengan naik kereta api dari stasiun utama Vienna. Perjalanannya memakan waktu 1 jam 41 menit. Biar gak ribet, cek dulu jadwalnya dan beli tiketnya di Omio. Selain dengan kereta, kamu juga bisa jalan-jalan ke Bratislava dengan naik pesawat tujuan Bratislava Airport dari kota-kota besar Eropa lainnya seperti London, Manchester, dan Vienna. Salah satu maskapai yang melayani rute penerbangan ke Bratislava adalah Ryan Air.

JALAN-JALAN KE BRATISLAVA : GETTING AROUND

Jalan-Jalan ke Bratislava

Pusat wisata dan historical centre Bratislava berada di Old Town, yang mana ukurannya lumayan compact. Jadi untuk keliling Old Town saya cukup jalan kaki aja. Yah, pernah juga naik Christmas train yang disupirin Santa Claus sih karena pas saya kesana lagi musim Natal jadi yah sekalian ikutan keliling sama bocah-bocah haha..

Hanya saja, karena saya stayed di apartemen milik sebuah keluarga Slovakia dan lokasi apartemen mereka berada di luar Old Town, saya mesti beberapa kali naik bus, termasuk juga saat mesti ke stasiun bus saat mau ngelanjutin perjalanan ke Budapest, Hungary.

Saat jalan-jalan ke Bratislava, kamu bisa menggunakan beberapa pilihan transportasi publik yang ada yaitu tram, bus, and trolley buses (untuk area perbukitan). Tiket satuan bisa dibeli di kios dan mesin tiket dan berlaku untuk semua jenis transportasi selama masih dalam masa berlaku tiket. Kalau kamu akan jalan – jalan ke Bratislava selama 2/ 3 hari atau lebih, kamu bisa consider untuk menggunakan Bratislava card yang mana dengan kartu ini kamu bebas menggunakan transportasi publik secara gratis, mendapatkan diskon tiket masuk ke galeri, museum, dan bisa ikut tur ber-guide di Old Town. Bratislava card bisa dibeli di tourist information centres.

JALAN-JALAN KE BRATISLAVA : THINGS TO SEE & DO

Jalan-Jalan ke Bratislava

I kept asking myself, why, when I traveled, sometimes the rain was pouring hard and almost ruining my trip?. Memang saya jalan-jalan ke Slovakia pas winter sih, jadinya gak heran kalau pas sampai sana hujan turun. Hal yang sama terjadi juga pas liburan ke New York, Barcelona, Budapest, dan saat trip pertama ke Tokyo. Unbelievable!

Diluar dari hujan yang lumayan merusak my hairstyle, vibe Bratislava sebenarnya agak mirip dengan Vienna, terutama di Old Town. Hanya saja ukuran kotanya lebih kecil. Hal ini terlihat dari arsitekturnya yang mirip dengan gedung-gedung di Vienna. Yah, gak heran sih, karena Slovakia dulunya menjadi bagian dari Kerajaan Hungaria dan Austria-Hungaria hingga tahun 1918. Sementara itu, di bagian lain Old Town, suasananya mirip dengan Ljubljana, Slovenia, yang saya kunjungi pada Europe trip ketiga. Beberapa bagian kota juga terlihat agak suram, sama dengan suasana negara-negara bekas komunis yang pernah saya datangi seperti Macedonia Utara (kota Skopje), dan Bosnia-Herzegovina (kota Mostar). Suasana kota yang diverse itu juga yang menjadikan Bratislava menarik untuk dikunjungi, selain karena less mainstream dibandingkan destinasi wisata di Eropa lainnya!

  1. Bratislava Castle
Jalan-Jalan ke Bratislava

Terletak di puncak bukit, di tengah kota Bratislava, dan menghadap ke sungai Danube adalah kastil Bratislava yang menjadi kastil utama ibukota Slovakia ini. Tourist attraction utama di Bratislava ini menyimpan crown jewels dari Kerajaan Hungaria selama lebih dari 200 tahun. Kamu wajib mampir ke kastil Bratislava saat jalan-jalan ke Bratislava deh. Gak cuma karena kastilnya, tapi lokasinya yang berada di puncak bukit menawarkan view indah kota Bratislava dari atas dan juga view Austria. Bahkan saat cuaca cerah, view Hungaria juga kelihatan lho.

Kastil Bratislava kini berfungsi sebagai representative venue untuk parlemen Slovakia dan menjadi rumah dari Museum Nasional Slovakia. Kasil bisa dikunjungi secara free, hanya saja untuk masuk ke dalam Castle Museum of History perlu beli tiket masuk 7 Euro. Untuk menuju ke kastil saat jalan-jalan ke Bratislava, kamu bisa jalan kaki atau naik trolley bus nomor 203 atau 207 dari Hodžovo namestie“ – di depan Grassalkovich Palace, lalu turun di pemberhentian Zámocká, tepat di depan kastil.

Jalan-Jalan ke Bratislava
http://www.welcometobratislava.eu

Satu bagian yang saya suka dari kastil Bratislava adalah tamannya. Bahkan di belakang kastil, ada sebuah taman bergaya baroque yang indah banget. Taman itu baru dibangun pada tahun 2016 dan bisa dikunjungi secara free. Selain itu, Yard of Honor, area di depan kastil juga menawarkan panoramic view kota Bratislava dari atas.

2. Blue Church

Jalan-Jalan ke Bratislava

Bangunan paling unik yang bisa ditemukan saat jalan-jalan ke Bratislava. Gereja bergaya art nouveau ini dinamakan Blue Church karena obvious reason, facade, mosaik, menara hingga atapnya berwarna biru! Bahkan interior gereja juga dicat dengan warna biru pucat. Unik banget, mirip bangunan yang ada buku dongeng kan. Blue Church dibangun oleh seorang arsitek Hungaria pada abad ke -20.

Jalan-Jalan ke Bratislava

Untuk masuk kesini, kamu tidak dipungut biaya alias gratis. Tapi, Blue Church gak sering buka. Makanya catat jadwal bukanya ya. Blue Church berada di bagian timur Old Town Slovakia, di jalan Bezručova. Kamu bisa kesini dengan jalan kaki selama 10-15 menit dari pusat kota.

Open hours : MON-SAT 06:30 – 08:00; 17:30 – 19:30, SUN 07:30 – 12:00; 17:30 – 19:30

3. UFO Bridge

Jalan-Jalan ke Bratislava

Disebut juga sebagai New Bridge (Nový most), atau Jembatan Pemberontakan Nasional Slovak (Most SNP). UFO Bridge menjadi atraksi unik lainnya yang bisa kamu temukan saat jalan-jalan ke Bratislava. Gimana gak unik, karena di tengah jembatan berdiri menara dengan bangunan berbentuk seperti UFO di puncaknya.

UFO Bridge menghubungkan Old Town dengan wilayah Bratislava lainnya, Petržalka. That UFO thing sebenarnya adalah sebuah observatory deck dan restoran. Kamu bisa naik ke atas dengan lift lalu bayar tiket masuk 7.40 Euro untuk menikmati pemandangan Bratislava dari atas. Tiket masuk menjadi free kalau kamu makan/ minum di restoran.

Jalan-Jalan ke Bratislava

I like the idea of enjoying the city from the restaurant in the daylight..

4. Old Town

Jalan-Jalan ke Bratislava

Kota tua Bratislava termasuk compact, 1-2 jam cukup buat muterin kota tuanya saat jalan-jalan di Bratislava. Bangunannya mirip dengan di Vienna, berwarna hijau, kuning, dan pink pastel. Karena saya kesana di bulan Desember, di alun-alun digelar Christmas Market dan ada juga Christmas train yang disupirin Santa Claus…

Jalan-Jalan ke Bratislava

Hal menarik lainnya dari kota tua Bratislava adalah adanya beberapa patung perunggu, salah satunya patung Chumil, yaitu patung tukang pipa yang badannya tersembunyi di bawah permukaan tanah. Jangan lewatkan juga bangunan bersejarah Old Town Hall, city hall tertua di Slovakia; dan St.Martin’s Cathedral, gereja terbesar di Bratislava dimana Ratu Maria Theresa dari Hungaria dinobatkan. Gereja gothic ini bisa dikunjungi dengan membayar tiket masuk 2,5 Euro.

5. Tasting Slovakian Cuisine

My journey won’t be complete without tasting Slovakian cuisine. Salah satu yang wajib dicoba adalah bryndzové halušky, makanan nasional Slovakia. Bryndzové halušky adalah keju domba yang disajikan di atas potato dumplings, ditaburi dengan bacon dan sosis. Gimana rasanya? haha ya coba sendiri deh..

Jalan-Jalan ke Bratislava

 Nah, kalau yang ini lebih mendingan rasanya. Zemiakové placky atau pancake kentang. Yah, apapun dengan kentang pasti enak kan rasanya. I was lucky can tasting some Slovakian food and it made by my Slovakian family host. A priceless experience. Saya yang biasanya agak takut mencoba makanan baru (karena bisa aja rasanya gak sesuai ekspektasi) jadi berani nyobain makanan Slovakia.

Overall, jalan- jalan ke Bratislava masih worth to do apalagi kalau kamu suka dengan budaya yang baru. At least untuk one day trip dari Vienna. Kalau kamu punya waktu lebih, kamu bisa stay overnight juga di Bratislava seperti yang saya lalukan, atau staying for 2 days in Bratislava juga oke kok. Kabarnya, nightflife di Bratislava seru juga lho, dan ada banyak coffee shop yang seru untuk dijelajahi.

Curious about my adventures in Europe and America ?. You can click the following links to see my traveling videos that have aired on Net TV :

  1. Desa Hallstatt, Desa dengan Arsitektur Klasik di Pinggir Danau
  2. Imutnya Park Guell, Dunia Fantasi Ala Gaudi di Barcelona
  3. Ada Turki Mini di Bosnia Herzegovina
  4. Nyobain Makanan Khas Bosnia, Kaya Rasa dan Pasti Halal
  5. The Bean, Seni Kontemporer yang Ada di Film – film Hollywood

Want to help support my travel? Help me to visit 50 more countries and write more travel stories & guides by donating here

Watch my adventures & subscribe to my YouTube channel : Dada Kimura

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s