Jalan-Jalan ke Castel Gandolfo, One Day Trip dari Roma ke Istana Musim Panas Pope

Jalan-Jalan ke Castel Gandolfo

It wasn’t part of my initial plan, perhaps that’s why the trip to Castel Gandolfo became very memorable.

Sebelum berkunjung ke Italia untuk pertama kalinya, seorang teman harus meyakinkan saya kalau saya mesti ke Roma dulu karena ini ibukotanya Italia, baru setelah itu mampir ke kota-kota lainnya. Hmm dan ternyata setelah sampai di Roma, saya gak nyesel, bahkan cenderung jatuh cinta dengan kota kuno itu. Saya stayed di Roma selama 4 hari, dimana hari ketiga kita jalan-jalan ke Castel Gandolfo. Kita naik motor menuju kota kecil di sebelah tenggaranya Roma. This is a trip that made me fall for lakes…

JALAN-JALAN KE CASTEL GANDOLFO : TEMPAT TINGGAL PAUS SAAT MUSIM PANAS

Jalan-Jalan ke Castel Gandolfo

Travel ke tempat yang less-mainstreamed selalu terasa lebih menantang karena saya penasaran akan apa yang saya bisa dilihat disana. Saya suka ngelihat kehidupan dan budaya setempat yang lebih otentik. Tapi kalau bukan karena teman saya dari Vietnam ngajak jalan-jalan ke Castel Gandolfo, saya juga gak bakal tahu kalau kota berpenduduk 8.900 jiwa itu eksis.

Castel Gandolfo adalah sebuah kota kecil yang berada di luar kota Roma, tepatnya berjarak 25 km di tenggaranya Roma, bagian dari region Lazio. Kota yang berada di perbukitan Alban ini paling mudah dikenali karena danau Albano, selain karena Istana Paus tentunya. Bahkan kalau kamu jalan-jalan ke Castel Gandolfo dengan kereta api, kamu akan turun tepat di hadapan danau Albano yang viewnya kece banget dan memiliki vibe yang peaceful itu.

Di kawasan ini, Castel Gandolfo lah kota yang paling sering dikunjungi turis, apalagi kalau bukan karena adanya Istana Paus. Istana Paus di kota ini menjadi Pope’s summer residence tapi juga dibuka untuk umum sebagai museum. Kedatangan Paus ke Castel Gandolfo biasanya juga diikuti oleh rombongan peziarah ke kota kecil ini.

JALAN-JALAN KE CASTEL GANDOLFO : THINGS TO SEE & DO

Jalan-Jalan ke Castel Gandolfo

Baru turun dari motor, saya langsung terpana sama scenery di hadapan. Saat itu musim semi di bulan Mei, hawanya sejuk banget dan udara yang saya hirup terasa segar. Di depan saya terhampar danau berwarna biru, sebiru langit di atasnya. Permukaannya tampak lembut sehalus permadani. Saat saya dekati, airnya terlihat bening bak kristal. Beberapa orang tampak sedang sibuk latihan kayaking. Di atas tebing, ada banyak restoran dan kafe berjejer.

Mungkin karena saat itu hari Minggu, makanya hampir semua restoran, kafe, dan toko di Castel Gandolfo tutup. Yang sedang buka bisa dihitung pakai sebelah tangan. Tapi gak papa juga sih, saya malah jadi bisa menikmati suasana Castel Gandolfo tanpa mesti berbagi dengan turis lain.

Karena luasnya yang kecil, maka jalan-jalan ke Castel Gandolfo bisa diselesaikan dalam waktu satu hari aja. Kamu pun tak perlu menginap kesini, cukup day trip aja dari Roma. Tapi meski kecil, kota ini punya beberapa landmarks dan point of interests yang worth to visit :

  1. Danau Albano
Jalan-Jalan ke Castel Gandolfo

Lago di Albano menjadi salah satu alasan kenapa Castle Gandolfo dijuluki sebagai one of Italy’s most scenic towns. Waktu itu saya cuma sempet duduk di pinggir danau dan foto-foto. Tapi dengan suasana yang setenang ini, kayaknya bakal seru juga kalau piknik di pinggir danau, seperti di danau Bled di Slovenia. Lunch di salah satu restoran di pinggir danau pasti juga asyik tuh.

Dengan menukarkan paspor/ SIM dan membayar 10 Euro/ jam, yang saya denger pengunjung bisa menggunakan paddleboat buat keliling danau. Aktivitas lain yang bisa kamu coba diantaranya bermain kayak dan hiking ke perbukitan dengan mengikuti hiking trails di belakang deretan restoran.

2. Pontifical Palace and Gardens

Jalan-Jalan ke Castel Gandolfo

Istana musim panas Paus yang telah dibangun sejak abad ke-17 oleh Paus Urban VIII. Kabar baiknya istana musim panas ini dibuka untuk umum sebagai museum, jadi kamu bisa menengok istana sekaligus tamannya yang indah saat jalan-jalan ke Castel Gandolfo. Istana terletak di tengah kota Castel Gandolfo. Untuk kesini kamu cukup jalan kaki selama beberapa menit dari danau.

3. Gereja San Tommaso da Villanova

Jalan-Jalan ke Castel Gandolfo

Terletak di alun-alun utama kota Castel Gandolfo, dekat sekali dengan Istana Paus, Gereja San Tommaso da Villanova tampak menawan. Gak heran sih karena gereja didesain oleh maestro renaissance Italia Gian Lorenzo Bernini.

4. Menjelajahi kota dan desa sekitar

Jalan-Jalan ke Castel Gandolfo

Bagian yang paling saya suka dari jalan-jalan ke Castel Gandolfo adalah saat menjelajahi setiap kota dengan melewati setiap jalanan kecil, mengamati rumah dan toko, naik turun bukit lalu masuk ke gang sampai tiba di pedesaan. Rumahnya unik karena dicat berwarna-warni dan banyak dihiasi pot-pot bunga. Yang saya suka setiap orang disini ramah terhadap pengunjung. Tiap ketemu kami, mereka selalu menyapa Buona Sera.. yang berarti Selamat Malam dalam bahasa Italia.

Jalan-Jalan ke Castel Gandolfo

Saat turun dari bukit dan hendak kembali ke tempat parkir, saya nemuin mobil pick up yang lagi jualan sayur dan buah segar. Spontan saya ambil satu box stroberi. Harganya 5 Euro aja.

JALAN-JALAN KE CASTEL GANDOLFO : HOW TO GET THERE

Jalan-Jalan ke Castel Gandolfo

Saya jalan-jalan ke Castel Gandolfo dengan naik motor. Perjalanan memakan waktu 30 menit saja. Kalau naik mobil kayaknya perlu waktu sekitar itu juga. Kalau kamu ingin jalan-jalan ke Castel Gandolfo dengan transportasi umum, kamu bisa naik kereta dari stasiun Termini tujuan stasiun Castel Gandolfo. As I told you before, kamu akan diturunkan tepat di hadapan Castel Gandolfo lake yang picturesque. Hanya saja disana gak ada stasiunnya, melainkan cuma platform bertuliskan Castel Gandolfo. Karena gak bisa beli tiket dari sini, sebaiknya kamu beli return ticket di stasiun Termini atau lewat online disini. Harganya 2,10 Euro sekali jalan. Jangan lupa untuk mevalidasi tiket sebelum kamu naik ke atas kereta.

Sementara itu, buat keliling kota dan desa di sekitar Castel Gandolfo paling enak sih jalan kaki. Cuma untuk pindah ke desa lain memang paling nyaman kalau kamu pakai motor atau mobil.

Jalan-Jalan ke Castel Gandolfo

It was a really nice day in the stunning lakeside town. Menjelang senja, saya pun kembali ke Roma karena rencananya mau shopping di sekitar Via Condotti.

Curious about my adventures in Europe and America ?. You can click the following link to see my traveling video that has been aired in Net TV :

  1. Desa Hallstatt, Desa dengan Arsitektur Klasik di Pinggir Danau
  2. Imutnya Park Guell, Dunia Fantasi Ala Gaudi di Barcelona
  3. Ada Turki Mini di Bosnia Herzegovina
  4. Nyobain Makanan Khas Bosnia, Kaya Rasa dan Pasti Halal
  5. The Bean, Seni Kontemporer yang Ada di Film – film Hollywood

Watch & subscribe my daily vlog in America at my youtube channel : Dada Kimura

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s