One Day Trip ke Danau Bled, Slovenia. The Most Picturesque Lake in Europe

Danau Bled Slovenia

The thing that draws me the most to visit Slovenia is actually lake Bled. I often saw the photos of the picturesque lake whenever I opened Instagram. So after recovering our energy in Ljubljana for a few days, we decided to go on a day trip to lake Bled Slovenia.

Apartemen yang kami tinggali selama di Ljubljana untungnya berada di pinggir jalan raya yang mengarah ke danau Bled, Slovenia. Jadi tinggal keluar gedung aja lalu nunggu bus di pinggir jalan. Because we both feeling lazy at the time it took hours for us to get ready. On 11 AM we went to Mercato, a chained supermarket in Ljubljana to buy some snacks and foods because we wanted to have a picnic by the lake (I love the supermarket! I always like to do grocery shopping wherever I travel).

Danau Bled Slovenia

Perjalanan dari Ljubljana ke danau Bled, Slovenia memakan waktu 70 menit, sementara tiket bus harganya 7 Euro sekali jalan. Tiket bus bisa dibeli langsung ke supir saat naik ke bus. Bus tujuan Bled adalah bus lokal yang berangkat setiap jam mulai jam 6 pagi sampai 10 malam dari Ljubljana Central Station.

Danau Bled Slovenia

70 menit kemudian bus tiba di Bled bus station yang hanya berjarak sekitar 300 meter dari danau Bled, Slovenia. Bled ini rupanya kota kecil yang tenang. Di sepanjang jalan menuju danau saya lihat ada beberapa restoran dan kantor travel agent. Di pinggir danau Bled, Slovenia terlihat beberapa kelompok turis tengah sibuk foto-foto dan bersiap naik perahu ke tengah danau. Eh tapi anehnya, kebanyakan turis yang datang bersamaan dengan saya dan Kyle adalah para lansia. Kok sama sih dengan jenis turis di Dubrovnik?. Karena penasaran, Kyle pun nanya ama temen di Ljubljana. Ternyata sih karena kita dateng saat musim gugur, dimana turis keluarga dan anak muda udah pada pulang ke negaranya masing-masing karena mereka mesti sekolah atau kerja. Oh okay, jadi bukan kita yang lame liburan bareng kakek nenek 🙂

Danau Bled Slovenia

Danau Bled ini permukaannya tenang, airnya jernih berwarna biru gitu. Kita pun sempet main air bentar dan having a picnic on a bench by the lake. Hmm, romantic isn’t it ?. At the time I haven’t realized that this lake gonna be my favourite lake since I haven’t visited Hallstatt and Como yet. Tapi sekarang setelah mengunjungi ketiganya (yep, last year’s trip was kind of a lake tour), I can tell you that Bled is way more beautiful that Hallstatt and Como. Suasana danau Bled, Slovenia yang tenang dan gak banyak turis yang berisik barangkali jadi satu alasan terkuat kenapa saya suka banget disini.

Danau Bled Slovenia

Gak cuma bisa berenang dan piknik, ada banyak activity yang bisa kamu lakukan kalau jalan-jalan ke danau Bled, Slovenia. Diantaranya adalah :

  1. Hiking to Ojstrica Hill
Danau Bled Slovenia

Bukit Ojstrica adalah lake Bled’s most beautiful viewpoint. Kalau mau menikmati view danau Bled yang paling spektakuler, kamu mesti nyempetin hiking ke bukit Ojstrica. I love hiking, so soon after we finished our lunch we walked towards the hiking trail. Lokasi jalur pendakian berada tak jauh dari danau Bled, Slovenia. Setelah melewati tennis club dan area camping, di balik hutan saya lihat papan petunjuk bertuliskan Ojstrica dan Mala Osojnica. Keduanya adalah viewpoint tapi bukit Ojstrica berada di bawah Mala Osojnica.

Pendakiannya sih tak begitu susah dan di sepanjang jalan ada akar dan batang pohon untuk pegangan. Untuk menuju ke puncak bukit Ojstrica perlu waktu 20-40 menit tergantung kecepatan dan stamina masing-masing. Sepertinya sih waktu itu saya perlu waktu sekitar 25 menit.

Danau Bled Slovenia

Bukit Ojstrica adalah tempat yang tepat untuk menikmati view danau Bled, Slovenia saat sunsrise/ sunset, piknik atau having lunch, sekaligus bersantai. Viewnya emang super niceeee…. dan serunya lagi waktu itu di puncak bukit cuma ada 2 orang lainnya jadi kita bisa berbagi spot untuk piknik tanpa merasa terganggu kehadiran turis lainnya. Di puncak bukit juga ada sebuah kursi bagi yang mau melihat danau Bled dari atas atau berfoto. Kalau kamu punya stamina dan waktu lebih, pendakian bisa dilanjutkan ke Mala Osojnica.

Danau Bled Slovenia

Peralatan yang perlu disiapkan : hiking boots atau sneakers, light jacket, topi, sunscreen, air mineral, kamera dan senter/ headlamp kalau mau hiking saat sunrise/ sunset.

2. Visit Bled Island

Danau Bled Slovenia

One of the best experiences to have at lake Bled. Bled island adalah pulau kecil yang terletak di tengah danau Bled, Slovenia. Di pulau kecil yang merupakan satu-satunya pulau di Slovenia ini ada sebuah gereja cantik yang rutin dikunjungi turis dan pasangan pengantin karena sebuah legenda.

Untuk visit pulau Bled dan masuk ke gerejanya kamu perlu nyeberang ke pulau dengan naik perahu. Mendayung perahu sebenarnya experience yang jauh lebih seru karena kamu bisa merasakan sensasi mendayung perahu kayu dengan dikelilingi air danau yang super jernih. Kamu bisa menyewa perahu di beberapa kantor travel agent yang berada di pinggir danau. Harganya 20 Euro per jam. Kalau gak mau capek mendayung dan ingin lebih menikmati view danau Bled. kamu bisa juga naik Pletna. Pletna adalah perahu tradisional yang bisa dinaiki hingga 20 orang. Biayanya 12 Euro per orang.

3. Visit Assumption of Mary Church

Danau Bled Slovenia

Gereja kecil yang berada di tengah pulau Bled ini terkenal berkat sebuah legenda. Alkisah 500 tahun lalu ada seorang janda yang membuat bel untuk mengenang suaminya. Saat bel itu dibawa ke gereja di pulau Bled, datanglah badai yang kemudian menenggelamkan perahu, bel dan semua orang di perahu itu. Pope kemudian membuat bel baru dan memasangnya di gereja Assumption of Mary Church. Kini, siapapun yang membunyikan bel disini kabarnya keinginannya akan terkabul. Entah bener atau enggak, seru juga ngebunyiin bel di satu-satunya pulau di Slovenia ini. Untuk mengunjungi gereja, kamu perlu membayar tiket masuk 6 Euro.

4. Visit Lake Bled Castle

Danau Bled Slovenia

Terletak di puncak tebing di sisi kanan danau Bled, Slovenia, berdiri dengan kokoh kastil tertua di Slovenia. Kastil Bled dibangun sejak tahun 1011 bisa dikunjungi dengan membeli tiket masuk 11 Euro. Hingga bulan Agustus/ selama musim panas, kastil buka dari jam 8 pagi – 9 malam. Selain untuk menikmati pemandangan danau Bled, Slovenia yang memukau dari puncak kastil, disini kamu juga berkunjung ke museum, ikut wine tasting in the wine cellar, dan having lunch or dinner di restorannya.

5. Indulge in Bled Cream Cake

Kalau di Ljubljana ada Ljubljana cake, Bled juga punya cake khasnya. Bled cream cake bisa kamu coba di berbagai kafe dan restoran yang berada di pinggir danau. I didn’t get to try the cake since we were busy with other activities around the lake. But next time coming here, surely I will try the cake.

Danau Bled Slovenia

So, setelah mengunjungi danau Hallstatt, Como, dan danau Bled, Slovenia, saya bisa bilang Bled lah favorit saya. Hallstatt menang dari sisi arsitektur tapi air dananunya gelap. Como juga asyik kok karena luas banget dan airnya juga jernih, tapi Bled lebih affordable dan sepi. Yang mana favorit kamu?.

Curious about my adventures in Europe and America ?. You can click the following link to see my traveling video that has been aired in Net TV :

  1. Desa Hallstatt, Desa dengan Arsitektur Klasik di Pinggir Danau
  2. Imutnya Park Guell, Dunia Fantasi Ala Gaudi di Barcelona
  3. Ada Turki Mini di Bosnia Herzegovina
  4. Nyobain Makanan Khas Bosnia, Kaya Rasa dan Pasti Halal
  5. The Bean, Seni Kontemporer yang Ada di Film – film Hollywood

Watch & subscribe my daily vlog in America at my youtube channel : Dada Kimura

2 thoughts on “One Day Trip ke Danau Bled, Slovenia. The Most Picturesque Lake in Europe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s