Jalan-Jalan ke Turin, Italy : 3 Hari di Chocolate Capital of Italy

Jalan-Jalan ke Turin

The first time I heard the name of Turin was when I frequently watched Italian football league Serie A, where Turin is the home base of the most renowned Italian football club, Juventus FC. I was a tifosi of Juventus before my loyalty switched to AC Milan. Then I became curious about the city until last autumn when I made our Europe trip route. Meanwhile, I always wanted to visit France every year and I heard that Nice is a pleasant city. Since both of the city located not very far away from each other, I decided to visit Turin first before heading to Nice by train.

JALAN-JALAN KE TURIN, ITALY : HOW TO GET THERE

Jalan-Jalan ke Turin

Turin adalah kota ketiga yang saya kunjungi selama jalan-jalan ke Italia tahun 2018 lalu. Setelah puas muter-muter di Como dan Milan, saya menuju ke stasiun bus Lampugnano Milan. Kita berdua naik flix bus tujuan Turin. Jarak Milan ke Turin tak begitu jauh, hanya memakan waktu 1 jam 50 menit. Jam 12 malam kita sudah sampai di Turin dan dijemput host kita menuju ke rumah mereka yang berada di tengah kota Turin. Karena udah malem, jalan-jalan ke Turin baru dimulai esok harinya.

JALAN-JALAN KE TURIN, ITALY : OVERVIEW

Jalan-Jalan ke Turin

Terletak di sebelah barat laut Italia, kota Turin dekat dengan perbatasan Swiss dan Prancis. Kota yang menjadi markas Juventus FC ini juga merupakan ibukota Italia yang pertama. Selain itu, Turin juga menjadi ibukota region Piedmont.

Jalan-Jalan ke Turin

Pasca PDII, kota yang dialiri sungai Po ini dibangun kembali dengan cepat. Industri otomotifnya bahkan disebut memiliki pengaruh dalam kebangkitan ekonomi Italia. Selain identik dengan merek mobil FIAT, Juventus FC, Turin juga dikenal sebagai penghasil white truffle serta chocolate capital of Italy.

JALAN-JALAN KE TURIN, ITALY : THINGS TO SEE & DO

  1. Palazzo Reale
Jalan-Jalan ke Turin

Atau Royal Palace of Turin. Istana yang berada di Piazza Castello ini dibangun sejak abad ke-16 ini dengan gaya arsitektur baroque. Dulunya merupakan tempat kediaman House of Savoy, Palazzo Reale kini difungsikan sebagai museum.

Jalan-Jalan ke Turin

Ada banyak classical art di dalam istana yang sangat menarik mulai dari patung hingga lukisan. Bersama 13 tempat kediaman House of Savoy lainnya, Palazzo Reale telah terdaftar sebagai UNESCO World Heritage Site sejak tahun 1997.

2. Mole Antonelliana

Jalan-Jalan ke Turin

Ikon kota Turin yang bentuknya sangat unik. Mole berarti bangunan monumental dalam bahasa Italia, sedang Antonelli adalah nama arsitek perancang ikon Turin ini. Mole Antonelliana awalnya merupakan sinagoga tapi kini telah berfungsi sebagai sebagai national cinema museum yang juga menjadi museum tertinggi di dunia. Menikmati view kota Turin dari atas Mole Antonelliana menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan saat jalan-jalan ke Turin. Untuk naik ke atas menara kamu perlu membeli tiket dengan harga 9.50 Euro. Sementara untuk mengunjungi national cinema museum tiketnya 12,50 Euro. Sebaiknya beli paket Mole Antonelliana dan national cinema museum karena harganya lebih hemat, yaitu 16,50 Euro.

Jalan-Jalan ke Turin

National cinema museum yang berada di dalam Mole Antonelliana terdiri dari 5 lantai yang dikategorikan berdasar genre film termasuk sci-fi dan horor. Di dalam museum dipamerkan berbagai perangkat sinematik bersejarah seperti poster-poster film, gulungan film, dan buku yang berkaitan dengan film. Kalau kamu termasuk film and cinema buff, jangan lewatkan museum ini saat jalan-jalan ke Turin.

3. Cathedral of San Giovanni Battista

Jalan-Jalan ke Turin

Atau disebut juga sebagai Duomo of Turin. Terletak di sebelah Palazzo Reale, gereja yang fasadnya terbuat dari marmer putih ini dibangun pada tahun 1491 untuk didedikasikan bagi santo pelindung Turin, Giovanni Battista. Duomo Turin dibangun di atas lokasi bekas 3 gereja sebelumnya dengan gaya arsitektur renaissance. Buat saya, gereja ini menarik banget dikunjungi saat jalan-jalan ke Turin. Salah satunya karena bagian puncak gereja yang terlihat mirip temple di Thailand terlihat unik banget. Katedral ini juga sering disebut sebagai Cathedral of St.John the Bapstist.

4. Shroud of Turin

Jalan-Jalan ke Turin

Sebuah relijius artefak yang sangat terkenal. Shroud of Turin diyakini merupakan kain kafan yang digunakan untuk mengubur Jesus. Meski keasliannya masih sering diperdebatkan oleh para ilmuwan dan teolog, tetap saja banyak turis yang datang mengunjungi Duomo saat jalan-jalan ke Turin demi melihat kain kafan ini. Shroud of Turin disimpan di sebuah kapel di dalam katedral San Giovanni Battista atau Duomo serta bisa dilihat tanpa biaya.

5. Porta Palatina

Jalan-Jalan ke Turin

Turin memiliki banyak reruntukan dari masa Romawi yang masih dipertahankan sampai sekarang. Salah satunya adalah Porta Palatina atau gerbang Palatine, yang dulunya merupakan gerbang besar menuju ke bagian dalam kota. Porta Palatina adalah gerbang Romawi yang paling awet sedunia dari abad ke-1.

Jalan-Jalan ke Turin

Saya mengunjungi Porta Palatina sambil duduk-duduk di taman di sore hari saat jalan-jalan ke Turin musim gugur lalu. Karena berada di area taman publik, ada banyak anak muda Turin yang nongkrong di sekitar area gerbang Palatine.

6. Juventus Stadium

Yang gak boleh dilewatkan saat jalan-jalan ke Turin, apalagi kalau kamu fansnya Juventus adalah ikut tur ke Juventus stadium. Dengan membeli tiket 25 Euro kamu bisa masuk ke bagian dalam stadion sekaligus mengunjungi Juventus museum di dalamnya. Saya sih gak sempat ke Juventus stadium karena lokasinya berada di pinggiran kota. Jadinya cuma mampir ke toko merchandise resmi Juventus di pusat kota deh.

7. Turin Egyptian Museum

Jalan-Jalan ke Turin

Salah satu museum sejarah dan arkeologi Mesir terlengkap di dunia. Museo Egizio atau Egyptian museum memiliki lebih dari 30.000 artefak Mesir. Museum yang berada di pusat kota, diantara Piazza Castello dan Piazza San Carlo ini telah dibangun sejak tahun 1833. Ada banyak koleksi dari kebudayaan Mesir di museum ini mulai dari patung para Firaun, sarkofagus, hingga naskah kuno bertuliskan hieroglyphics. Untuk mengunjungi Egyptian museum saat jalan-jalan ke Turin, siapkan 21,25 Euro untuk tiket masuknya.

Jalan-Jalan ke Turin

Turin adalah kota terakhir di Italia yang saya kunjungi musim gugur lalu. Saat itu kondisinya saya dan Kyle lumayan kecapekan karena terus-terusan pindah kota dan negara dalam trip Eropa kita selama 35 hari itu. Makanya ada beberapa tempat yang sengaja kita lewatkan seperti Juventus stadium dan Basilica di Superga demi bisa menikmati kota Turin dengan lebih santai. Acara jalan-jalan ke Turin pun banyak dihabiskan dengan shopping, jalan-jalan di pusat kota, ke toko, serta makan. Buat saya, Turin terlihat biasa kalau dibandingkan dengan kota – kota di Italia lainnya meski juga memiliki banyak gedung bergaya baroque yang fantastis. Tapi disini juga saya merasa warga Italianya paling ramah. Dan yang paling penting, di Turin saya nemu wine favorit saya, Brachetto 🙂 , menjadikan pengalaman di Turin memorable.

Curious about my adventures in Europe and America ?. You can click the following link to see my traveling video that has been aired in Net TV :

  1. Desa Hallstatt, Desa dengan Arsitektur Klasik di Pinggir Danau
  2. Imutnya Park Guell, Dunia Fantasi Ala Gaudi di Barcelona
  3. Ada Turki Mini di Bosnia Herzegovina
  4. Nyobain Makanan Khas Bosnia, Kaya Rasa dan Pasti Halal
  5. The Bean, Seni Kontemporer yang Ada di Film – film Hollywood

Watch & subscribe my daily vlog in America at my youtube channel : Dada Kimura

One thought on “Jalan-Jalan ke Turin, Italy : 3 Hari di Chocolate Capital of Italy

  1. Pingback: Jalan-Jalan ke Nice, Prancis. Si Cantik yang Nice di French Riviera – The Island Girl Adventures

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s