Review Megabus dan Greyhound. Pengalaman Naik Bus di Amerika

Naik bus di Amerika

Kalau di Eropa udah sering naik Flix bus dan Regio Jet/ Student Agency, kali ini saatnya saya nyobain naik bus di Amerika. 2 kali saya naik bus saat traveling di Amerika, yaitu dari Washington DC ke New York dan dari Milwaukee ke Appleton. Sebenarnya Flix bus beroperasi juga di Amerika, cuma jaringannya terbatas banget. Kalau gak salah cuma ada di Las Vegas dan LA deh. Gimana rasanya naik bus di Amerika ? Apakah sama or better dengan Flix bus dan kawan – kawan ?.

Naik bus di Amerika dengan Megabus

Minggu lalu merupakan pertama kalinya saya naik bus di Amerika sekaligus kedua kalinya saya naik Megabus. Pertama kali naik bus biru kuning ini justru waktu pertama kali ke Eropa, Mei 2016, dari Amsterdam ke Paris. Waktu itu sih karena belum tahu ada Flix bus. Dan pengalaman naik Megabus gak gitu bagus, kursinya keras jadi gak bisa tidur selama perjalanan ke Paris. Padahal tiketnya gak dapet yang murah sih, sayang aja bayar 24 Euro tapi kualitas busnya gak oke.

Cuma karena baca beberapa blog seputar budget traveling di Amerika dan bloggersnya mentioned Megabus, akhirnya saya coba lagi untuk naik bus ini. Siapa tahu kursi bus di Amerika beda ama Megabus yang di Eropa hehe. Tiket Megabus jurusan Washington DC – New York saya beli 2 minggu sebelum keberangkatan. Harganya $17,24 (sudah termasuk booking fee $2,50). Termasuk murah banget apalagi kalau dibandingkan dengan tiket kereta api Amtrak yang waktu saya cek harganya sekitar $55.

Naik bus di Amerika
Interior Union Station di DC

Dari Washington DC, bus berangkat dari Union Station, stasiun utama di DC yang lumayan kece. Megabus bersama bus-bus lainnya parkir di lantai teratas. Jadi dari dalam stasiun saya mesti naik eskalator ke lantai 3, belok kiri, lalu naik eskalator satu kali lagi ke tempat parkir bus. Bus akan berangkat jam 9 pagi, cuma dari jam 8an saya udah sampai jadi sisa waktu 50 menitan saya habisin dengan antre sampai petugas bus siap dan mempersilakan penumpang naik.

Setiap penumpang dikasih jatah 1 bagasi dengan berat maksimal 50 pounds dan 1 carry on piece yang bisa diletakkan di depan kursi atau kursi sebelah (kalau kosong hahaha). Sama halnya dengan Flix bus, kita bebas mau duduk dimana saja, asalkan bukan di kursi yang bertanda reserved seat. Jam 9 teng bus pun mulai jalan ke arah New York. Dan ternyataaa…saya bisa tidur pulas selama 3 jam 15 menit perjalanan. Kursinya gak empuk-empuk banget sih, tapi not bad lah selama masih bisa tidur pules.

Naik bus di Amerika dengan Greyhound

Naik bus di Amerika

Kedua kalinya saya naik bus di Amerika itu pas selesai traveling ke DC dan NYC. Inipun setelah ada perubahan plan beberapa kali. Jadi seharusnya saya naik bus Greyhound dari Chicago ke Appleton tapi karena hari kepulangan dimajuin, dan pas mau change schedule ternyata tiket dari Chicago ke Appleton abis, akhirnya terpaksalah saya ubah tiket saya dari Milwaukee ke Appleton. Sementara dari Chicago ke Milwaukee saya naik kereta Amtrak.

Kenapa milih bus Greyhound bukan Megabus lagi?. Pengen sih naik Megabus lagi karena murah abis tiketnya. Sayangnya Megabus gak ada rute dari Chicago ke Appleton atau Milwaukee ke Appleton. Yang ada cuma Greyhound. Ya udah naik yang ada aja deh…

Tiket bus Greyhound yang saya beli harganya $30,50 untuk rute Chicago – Appleton. Misal perlu change schedule, Greyhound membolehkan penumpang untuk ganti hari keberangkatan tapi gak boleh ganti rute, dengan biaya $20. Pergantian jadwal tidak dikenakan biaya selama tiket yang dibeli flexible ticket. Unfortunately my ticket was not flexible ticket so I had to pay $20 more !!

Karena situasinya mengharuskan saya untuk mengubah jadwal kepulangan, saya kontak Greyhound lewat FB messenger. CSnya sangat helpful dan responnya cepat loh. Di hari pertama mereka minta saya bayar $20 tapi karena sampai malam saya belum ambil keputusan, saya kontak lagi di hari berikutnya dan CS yang ini (sepertinya beda orang) ngebolehin ganti rute (bukan Chicago – Appleton tapi jadi Milwaukee – Appleton) dan tanpa biaya sama sekali ! Wah asyiknya.. Dan sebelumnya, Greyhound juga nawarin untuk full refund tiket saya. Cuma karena harus banget dapet tiket balik ke Appleton, saya pilih ganti jadwal aja. Tiket baru ini harganya $25, yang berarti saya masih punya kredit $5,5 yang bisa dipakai kapanpun dengan bus Greyhound. Mungkin next time kalau mau jalan-jalan ngelewatin border dengan Kanada atau Meksiko kali ya…

Naik bus di Amerika
Stasiun bus & kereta Milwaukee yang kecil tapi moderen

Dari Milwaukee Intermoda Station, bus berangkat menuju Appleton selama 2 jam 25 menit. Bisa dibilang bus Greyhound ini yang paling mirip dengan bus di Indonesia. Jarak antar kursi sempit banget, masih mendingan Megabus lah. Untuk urusan tempat duduk, Greyhound sama dengan Megabus dan Flixbus. Penumpang bebas mau duduk dimana aja. Untungnya baik Greyhound maupun Megabus ada wifi yang super kencang, lebih reliable daripada wifinya Flixbus yang kadang dibatasi jadi cuma bisa dipakai beberapa menit, kadang malah gak ada wifi sama sekali.

Untuk urusan waktu, Greyhound lebih on time. Tapi mungkin karena jalanan di New York jauh lebih padat daripada di Appleton yang selalu lengang. Jadi waktu itu saya nyampai di New York 30 menit lebih lama daripada jadwal seharusnya.

Overall, asyik sih naik bus di Amerika. For me, as long I can get fast wifi, be able to sleep and sit comfortably, I dont mind traveling with bus. What about you ?.

Curious about my adventures in Europe and America ?. You can click the following link to see my traveling video that has been aired in Net TV :

  1. Desa Hallstatt, Desa dengan Arsitektur Klasik di Pinggir Danau
  2. Imutnya Park Guell, Dunia Fantasi Ala Gaudi di Barcelona
  3. Ada Turki Mini di Bosnia Herzegovina
  4. Nyobain Makanan Khas Bosnia, Kaya Rasa dan Pasti Halal
  5. The Bean, Seni Kontemporer yang Ada di Film – film Hollywood

Watch & subscribe my daily vlog in America at my youtube channel : Dada Kimura

2 thoughts on “Review Megabus dan Greyhound. Pengalaman Naik Bus di Amerika

  1. Pingback: Jalan-Jalan ke New York. Exploring The Big Apple in 4 Days – The Island Girl Adventures

  2. Pingback: Jalan-Jalan ke Milwaukee. Kota di Amerika yang kental German Heritagenya – The Island Girl Adventures

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s