Pengalaman Naik Kereta Api di Amerika dengan Amtrak

Naik kereta api di Amerika

Setelah nyobain traveling di Amerika pakai pesawat dan bus, saya jadi penasaran gimana rasanya naik kereta api di Amerika. Apalagi selama ini iklan Amtrak sering muncul di facebook dan ig story dengan tagline as the best way to see American’s scenery. Berbekal rasa penasaran, saya coba naik kereta api Amtrak dari New York ke Chicago akhir minggu lalu.

Naik kereta api di Amerika jelas bukan pilihan utama kalau mau cepat sampai. Juga bukan yang termurah. Kalau mau cepat udah jelas sebaiknya naik pesawat. Kalau mau murah pun ada beberapa perusahaan bus yang menawarkan harga tiket yang memikat. But since I always have a good experience riding the train baik di Indonesia dan di luar negeri. Rasanya nyaman aja naik kereta dibanding naik bus.

Naik kereta api di Amerika

Di Amerika Serikat, hanya ada 1 perusahaan jaringan kereta api untuk penumpang yang bernama Amtrak. Perusahaan milik negara ini menghubungkan antar kota dan negara bagian di Amerika, meski gak semuanya karena ada juga kota-kota yang gak dilalui kereta api penumpang Amtrak. Dalam satu rangkaian kereta ada beberapa jenis kelas yang bisa dipilih, mulai dari coach atau kursi biasa seperti kereta KAI, quiet trains dimana penumpangnya gak boleh ngobrol dan pakai hape, sampai sleeping trains bagi yang ingin tidur di bed selama perjalanan.

Tiket kereta yang saya beli adalah untuk jurusan New York ke Chicago dan harganya $ 110 untuk kelas coach. Perjalanannya lunayan lama lho, 19 jam 10 menit! Tapi karena lagi punya waktu ya udah cobain aja. Dari awal ekspektasi saya gak tinggi eh tapi ternyata saya bisa tidur nyenyak selama perjalanan 19 jam itu! Kalau ditanya apakah masih mau naik kereta api di Amerika lagi, jawabannya udah pasti mau.

Berikut alasan-alasannya kenapa naik kereta api di Amerika itu menyenangkan :

1. Kursi besar dan nyaman

Naik kereta api di Amerika
interior kereta Amtrak

Meski kereta apinya terlihat lumayan tua dari luar, tapi interiornya not bad kok. Kursi Amtrak besar dan jarak dengan kursi di depannya lumayan banyak jadi enak kalau mau selonjoran. Ada bantalan untuk kaki juga yang bisa dinaikkan dengan memecet tombol di pegangan kursi. Waktu saya naik, penumpangnya gak banyak, kursi sebelah pun kosong. Jadi enak kalau mau tiduran dan gak perlu ngobrol sama sebelah 🙂

2. Wifi available

2x naik kereta api di Amerika baik yang jarak jauh maupun jarak dekat selalu ada wifinya, dan cepet loh. Selain wifi, di setiap kursi dilengkapi dengan colokan listrik.

3. Bagasi ala pesawat

Naik kereta api di Amerika

Kalau kamu bawa banyak barang dan ogah bawa-bawa koper dan tas ke dalam kereta, kamu bisa check in tas dan koper kamu di stasiun. Fasilitas ini tersedia cuma-cuma alias sudah include dengan harga tiket Amtrak. Waktu itu saya milih check-in koper di stasiun Penn, New York, daripada mesti geret koper di jalanan New York sambil nunggu jadwal keberangkatan. Praktis kan?!. Selain itu, ada juga tempat naruh tas dan koper di atas setiap kursi yang lumayan luas, lebih gede dari kabin pesawat, dan di bagian belakang kereta (dekat dengan toilet). Bagasi bisa diambil di area kedatangan stasiun tujuan, sama kayak kalau naik pesawat.

4. Scenery

Bedanya naik kereta api di Amerika dengan bus ada pada jalur yang dilewati. Kereta lebih banyak lewat area pedesaan dan pinggir pantai jadinya lebih banyak scenery alam yang bisa dilihat. Sewaktu perjalanan dari New York ke Chicago sih pemandangannya lumayan ya, kadang ngelewatin padang, kadang perairan juga. Asyik sih ngelamun sambil ngeliatin pemandangan awal spring..

Naik kereta api di Amerika
interior kereta Amtrak

Naik kereta api di Amerika cocok bagi traveler yang emang pengen enjoying the journey dan scenery dan gak terburu-buru alias punya banyak waktu. Tapi kalau waktunya terbatas sebaiknya naik pesawat aja. Selain itu dari segi harga, tiket Amtrak gak bisa dibilang semurah bus. Biasanya harganya mencapai 2-3x lipat dari harga tiket bus. Misalnya aja dari Washington DC ke New York kalau naik megabus hanya $17an, sementara dengan kereta api sekitar $60. Tapi kalau emang pengen nyobain naik kereta di Amerika bisa coba yang jarak pendek. Kedua kalinya saya naik Amtrak adalah dari Chicago menuju Milwaukee yang harga tiketnya $25. Tiket bisa dibeli di website Amtrak.

Curious about my adventures in Europe and America ?. You can click the following link to see my traveling video that has been aired in Net TV :

  1. Desa Hallstatt, Desa dengan Arsitektur Klasik di Pinggir Danau
  2. Imutnya Park Guell, Dunia Fantasi Ala Gaudi di Barcelona
  3. Ada Turki Mini di Bosnia Herzegovina
  4. Nyobain Makanan Khas Bosnia, Kaya Rasa dan Pasti Halal
  5. The Bean, Seni Kontemporer yang Ada di Film – film Hollywood

Watch & subscribe my daily vlog in America at my youtube channel : Dada Kimura

2 thoughts on “Pengalaman Naik Kereta Api di Amerika dengan Amtrak

  1. Pingback: Review Megabus dan Greyhound. Pengalaman Naik Bus di Amerika – The Island Girl Adventures

  2. Pingback: Jalan-Jalan ke Milwaukee. Kota di Amerika yang kental German Heritagenya – The Island Girl Adventures

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s