Jalan-Jalan ke Madrid, Spanyol. The End of the European Adventures

Jalan-jalan ke Madrid

Felt tired and saturated, coupled with some small fights made us canceled the trip to Andorra and Portugal. And honestly, we didn’t have time for Portugal at all. Our flights to London will be departing in the next 2 days, so the best thing we could do is to enjoy Madrid. The Spain capital left a unique memory to me, partially because of the weird experience the I got from the bizarre Airbnb host.

JALAN-JALAN KE MADRID : OVERVIEW

Jalan-jalan ke Madrid

Sering tenggelam dibalik kebesaran nama Barcelona, Madrid sebenarnya sangat menarik untuk dikunjungi. Untuk saya pribadi, arsitektur di Madrid terlihat lebih menarik dan stunning dibanding dengan Barcelona. 2 hari jelas bukan waktu yang cukup untuk menjelajah dan menikmati apa yang ditawarkan oleh ibukota Spanyol ini. Kalau jalan-jalan ke Barcelona aja saya menghabiskan waktu 4 hari dan itu pun I barely scratched the surface. Apalagi untuk menjelajah kota terbesar di Spanyol yang dihuni 3,2 juta jiwa ini. But I’ve visited some places in Madrid and tasted the local life (baca: shopping). Tulisan ini berisi rangkuman cerita saya jalan-jalan ke Madrid beserta a travel guide to help you plan your trip to Madrid.

JALAN-JALAN KE MADRID : HOW TO GET THERE

Jalan-jalan ke Madrid

Acara jalan-jalan ke Madrid saya mulai setelah perjalanan dengan bus Alsa dari Barcelona selama 7 jam 50 menit. Tiketnya 36,31 Euro per orang. I don’t think I will ever use this bus again in the future. Busnya gak nyaman sama sekali karena sempit, non-reclining seat, dan parahnya gak dikasih nomor kursi sehingga saya dan Kyle terpaksa duduk terpisah selama perjalanan karena busnya penuh. Jam 7.20 pagi bus tiba di stasiun bus Madrid Interc. Av América dan kita langsung lanjut naik subway untuk menuju ke apartemen Airbnb.

Kalau kamu mau jalan-jalan ke Madrid, kamu bisa milih antara naik bus, kereta api, atau pesawat. Cek jadwal, durasi perjalanan, dan beli tiketnya bisa di website yang saya pakai selama Europe trip yaitu Omio.

JALAN-JALAN KE MADRID : WHERE TO STAY

Jalan-jalan ke Madrid

Entah kenapa untuk kota terakhir di Spanyol ini kita memilih untuk tinggal di Airbnb. Biasanya pilihan Kyle selalu bagus karena dia hampir selalu jago untuk urusan milih restoran dan hotel. Tapi kali ini kita dapet penginapan yang jauh dari layak. Untuk harga yang sama dengan Airbnb di Salzburg, Austria yang mana view gunungnya begitu aduhai dan bikin saya kepingin tinggal di suburb Salzburg, Airbnb di tengah kota Madrid ini bikin mood saya hancur dan muak.

Emang sejelek apa sih rumahnya?. Well, rumahnya sih seperti apartemen biasa yang ternyata masih dihuni oleh pemiliknya. Saya menempati kamar utama yang dekorasinya yah gak bisa dibilang oke, tanpa heater, dan parahnya pintu kamarnya berlubang gede dong trus ditutupi sama pemilik Airbnb dengan ….topeng Star Wars!!

Kejutan Madrid ini belum selesai sampai disini. Karena lama di jalan hal pertama yang ingin saya lakukan begitu sampai di apartemen adalah mandi. Sayangnya lampu kamar mandi mati dan air panasnya gak nyala, mesti nunggu 10 menit dulu sampai airnya cukup panas. Karena saat itu udah masuk akhir musim gugur dan kota Madrid berada di ketinggian, udaranya lumayan dingin. Alhasil, saya terpaksa mengurungkan niat mandi dan kita jalan-jalan ke Madrid tanpa mandi pagi. Di malam hari, portable heater mesti dibawa ke dalam kamar mandi biar saya gak merasa kedinginan. Omg, fasilitas yang ada beda banget dengan yang tertulis di Airbnb.

Sebenarnya pemilik Airbnb sudah berusaha memperbaiki kekurangan fasilitas propertinya misalnya dengan meminjamkan portable heater di kamar saya dan juga bantuin order taksi untuk ke bandara lewat app Cabify. Dia juga sangat ramah dan minjemin Kyle jaket untuk dipakai jalan-jalan ke Madrid. Tapi tetep aja saya gak nyaman tinggal disana dan menolak untuk beramah tamah. Oh c’mon, just because you are being friendly to him, it doesn’t mean I will be more enjoying my stay here. Akhirnya dia bilang ke Kyle kalau dia nyerah sama saya. Tapi karena Kyle is way too kind, dia pun gak nulis review yang terlalu buruk untuk properti ini.

Moral of the story (sekaligus tips jalan-jalan ke Madrid) : Jangan pernah stay di Airbnb yang belum pernah punya review meskipun lokasinya di tengah kota. Niat baik mau bantuin bisnis orang ternyata malah berujung pengalaman pahit hehehe…

JALAN-JALAN KE MADRID : GETTING AROUND

Jalan-jalan ke Madrid

Sistem transportasi publik di Madrid kabarnya merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Madrid memiliki sistem jaringan transportasi publik yang efisien, aman, dan bersih. Untuk membuktikannya, selama jalan-jalan ke Madrid saya memilih menggunakan metro/ subway. Dan ternyata emang seefisien itu. Metro Madrid memiliki beragam pilihan kartu perjalanan. Ada kartu 10x trip seharga 12,20 Euro, sedangkan tiket single journey harganya 1,5 – 2 Euro. Kamu juga bisa membeli tourist pass sesuai masa tinggal di Madrid, yaitu 24 jam, 2 hari, 3 hari, 4 hari, 5 hari, dan satu minggu. Tiket bisa dibeli di mesin tiket yang ada di setiap stasiun.

Selain metro, Madrid juga punya bus dan cercanias atau kereta komuter yang menghubungkan kota Madrid dengan daerah di sekitarnya. Bagi kamu yang mesti bepergian saat tengah malam bisa menggunakan nocturnal bus yang disebuh buhos (owls) yang beroperasi dari jam 23.45 malam hingga jam 6 pagi.

JALAN-JALAN KE MADRID : THINGS TO SEE & DO

Jalan-jalan ke Madrid
  1. Puerta del Sol

Alun-alun paling terkenal di Madrid sekaligus yang paling sibuk. Di alun-alun ini kamu akan menemukan patung – patung menarik, public artworks, serta bangunan berarsitektur megah di sekelilingnya. Salah satunya adalah The Clock of Puerta del Sol yang jamnya berdentang setiap pergantian tahun.

Jalan-jalan ke Madrid

Puerta del Sol merupakan tempat yang pas untuk duduk santai sambil people watching selama jalan-jalan ke Madrid. Sayangnya karena ramai banget, tempat ini juga rawan copet. Jadi mesti waspada terus selama disini!

2. Royal Palace

Tempat kediaman resmi keluarga kerajaan Spanyol. Meskipun judulnya begitu, tapi sebenarnya keluarga kerajaan tak lagi tinggal disini dan Royal Palace digunakan untuk beberapa acara kenegaraan resmi. Saat jalan-jalan ke Madrid, kamu bisa lho masuk ke dalam Royal Palace (sendiri atau dengan guide) dan masuk ke beberapa ruangan seperti ruang makan, ruang porselen, dan royal armory yang menyimpan bermacam senjata dari abad pertengahan. Tiket masuk 10 Euro tanpa guide, sementara dengan guide 14 Euro.

3. The Cathedral of Madrid (Catedral de la Almudena)

Katedral megah yang berada tepat di seberang Royal Palace. Salah satu katedral terbesar di Eropa ini dibangun dengan gaya arsitektur neo-gothic. Untuk masuk ke dalam sebenarnya free tapi biasanya pengunjung diminta untuk memberi donasi sebesar 1 Euro.

4. Plaza Mayor

Salah satu alun-alun yang paling terkenal di Madrid yang juga cocok jadi tempat nongkrong karena disini ada banyak kafe, restoran, juga toko-toko yang memang ditujukan ke turis. Melihat tempatnya yang stunning, gak nyangka kan kalau dulu Plaza Mayor merupakan tempat adu banteng, juga turnamen dan bahkan eksekusi.

5. Mercado de San Miguel

Indoor market yang berada di dekat Plaza Mayor. Kalau kamu seorang foodie, atau kepingin mencicipi makanan khas Madrid dan Spanyol pastikan mampir ke pasar ini selama jalan-jalan ke Madrid. Gak cuma ada buah-buahan, sweets, seafood dan tapas tapi ada juga deretan kios dan restoran dengan harga yang affordable.

6. The Prado Museum (Museo del Prado)

Salah satu museum terbaik di Eropa. The Prado Museum memajang karya seni klasik dari para seniman ternama dunia seperti Velasques, Goya (Spanyol) hingga Botticelli dan Caravaggio (Italia). Kalau mau ngirit selama jalan-jalan ke Madrid, cobain deh masuk ke museum ini di jam-jam gratis, yaitu Senin – Sabtu jam 6-8 malam, atau Minggu jam 5-8 malam.

7. El Retiro Park

Jalan-jalan ke Madrid

Taman utama di Madrid yang ikonik dengan crystal palace di dalamnya. Crystal Palace atau Palacio de Cristal merupakan tempat untuk memajang karya seni kontemporer secara berkala. Istana kaca ini telah menghiasi El Retiro Park sejak tahun 1887. Setelah capek jalan-jalan ke Madrid, sebaiknya nyantai dulu di El Retiro Park. Selain itu, kamu juga bisa naik perahu di danau.

8. Nonton bola di Santiago Bernabeu

Jalan-jalan ke Madrid

Mumpung di Madrid jangan lewatkan nonton langsung pertandingan La Liga atau Liga Champions di Estadio Santiago Bernabeu, kandangnya 2 klub Spanyol yaitu Real Madrid dan Atletico Madrid. Tur ke Santiago Bernabeu bisa dilakukan dengan membeli tiket mulai dari 18 Euro disini. Sementara itu harga tiket pertandingannya mulai dari 35 Euro. Kalau kamu bukan Madridista seperti saya, saat jalan-jalan ke Madrid saya udah cukup puas beli oleh-oleh di official storenya Real Madrid yang tersebar di beberapa lokasi.

JALAN-JALAN KE MADRID : WHERE TO EAT

Jalan-jalan ke Madrid

Udah nyobain Paella di Barcelona, giliran jalan-jalan ke Madrid saya dan Kyle maunya minum sangria dan ngemil tapas. Salah satu bar di Madrid, El Tigre menyajikan sangria dan tapas dengan paket yang sangat menarik, yaitu 5 Euro untuk 1 gelas Sangria dengan bonus sepiring tapas. Sangrianya segar, porsi tapasnya juga besar. Sepertinya bar ini terkenal di kalangan warga lokal Madrid karena pengunjungnya lokal semua, gak ada yang terlihat seperti turis. Meski agak kotor, tapi bar ini selalu penuh karena emang tapasnya tasty di lidah dan harganya ramah di kantong.

Jalan-jalan ke Madrid

Jalan-jalan ke Madrid sekaligus menutup Europe trip series saya yang ketiga. Since I am going to explore another part of the world by end of this year, the next Europe trip series must be waiting until the next spring where I am going to have adventures around the north and east Europe, along with my big trip to Canada. Pengalaman jalan-jalan ke Madrid tetaplah fun meskipun agak nyesek juga^^. For my next visit to Spain, I plan to see Toledo and Andalusia region. Thanks for keep reading my blog!

Curious about my adventures in Europe and America ?. You can click the following links to see my traveling videos that have aired on Net TV :

  1. Desa Hallstatt, Desa dengan Arsitektur Klasik di Pinggir Danau
  2. Imutnya Park Guell, Dunia Fantasi Ala Gaudi di Barcelona
  3. Ada Turki Mini di Bosnia Herzegovina
  4. Nyobain Makanan Khas Bosnia, Kaya Rasa dan Pasti Halal
  5. The Bean, Seni Kontemporer yang Ada di Film – film Hollywood

Watch & subscribe to my daily vlog in America at my YouTube channel : Dada Kimura

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s