Perjalanan ke Ninh Binh, Vietnam. Menjelajahi Ha Long Bay Darat di Trang An dan Tam Coc

Perjalanan ke Ninh Binh

Sejak menjadi lokasi syuting film Kong Skull Island, nama Ninh Binh kian melejit sebagai salah satu destinasi wisata di Vietnam Utara. Sering dijuluki sebagai Ha Long bay darat, semakin banyak traveler yang memilih berkunjung ke Ninh Binh. Apalagi jaraknya juga dekat dengan Hanoi, yakni bisa dicapai dengan naik kereta api atau bus selama 2 jam dari Hanoi. Di awal musim semi, saya melakukan perjalanan Ninh Binh untuk melihat alamnya yang spektakuler lewat scenery and boat trip di Trang An, serta mengunjungi komplek pagoda dan kuil Buddha terbesar di Vietnam, Bai Dinh.

We often heard how expats in Hanoi amazed by Ninh Binh. They said the Vietnamese countryside landscape in Ninh Binh is stunning and it also has a very nice Buddhist temple. More and more people choose to visit Ninh Binh for a weekend trip. So when I visited Hanoi in March (before I decided to live there, I did it in August), we agreed to take a 3 days 2 nights trip to Ninh Binh.

HOW TO GO TO NINH BINH FROM HANOI

Perjalanan ke Ninh Binh

Perjalanan ke Ninh Binh dari Hanoi bisa ditempuh dalam waktu 2 jam dengan kereta api atau bus. Saya memilih menggunakan kereta api karena kita tinggal dekat dengan Ga Ha Noi (stasiun kereta api Hanoi). Tiket kereta dibeli secara online disini dengan harga 110.000 Dong atau Rp.66.400,00 untuk soft seat. Keretanya surprisingly nice and comfortable, kayak naik Argo Lawu dan kereta eksekutif lainnya di Indonesia. Kata Kyle sih kereta api di China juga senyaman ini. Perjalanan ke Ninh Binh selama 2 jam berjalan lancar hingga akhirnya kereta berhenti di stasiun Ninh Binh. Karena penginapan (it was a bamboo hut, since he wanted to stay in an authentic Vietnamese countryside lodge) lumayan jauh, kita pakai taksi dari stasiun Ninh Binh (100.000 Dong). Tapi untuk keliling Ninh Binh, kita sewa motor. Motor banyak disewakan di penginapan/ homestay yang ada di Ninh Binh dengan tarif 100.000 Dong atau Rp.60.400,00 per hari.

WHAT TO SEE & DO IN NINH BINH

Perjalanan ke Ninh Binh

Most people come to Ninh Binh for the stunning countryside scenery. Trang An dan Tam Coc adalah dua destinasi utama di Ninh Binh untuk merasakan a boat trip with stunning scenery around with mountain and clear water.

  1. Trang An
Perjalanan ke Ninh Binh

Ada 2 pilihan untuk menikmati landscape complex di Ninh Binh yang penuh dengan jajaran gunung hijau, sungai berair jernih, pemandangan sawah yang menguning, serta gua-gua kuno. Kamu bisa pergi ke Trang An atau Tam Coc, atau keduanya juga bisa. It depends on how much time you have. We went to Trang An simply because it was the first that we founded it.

Trang An dikenal sebagai the inland Ha Long bay atau Ha Long bay versi darat. UNESCO World Heritage Site ini berjarak 150 kilometer jauhnya dari Ha Long bay. Boat trip di Trang An berjalan selama 2,5 jam. Perjalanan ke Ninh Binh saya rasakan amazing saat perahu kayu melewati perairan sungai yang luas yang dipenuhi jejeran pegunungan hijau, hutan hujan, lembah serta 10 gua. Selama menjelajah Trang An, perahu yang saya tumpangi bersama 3 turis lainnya dan seorang bibi pengayuh perahu juga berhenti beberapa kali untuk memberi kesempatan kepada kami untuk menjelajah kuil, pagoda serta naik ke puncak bukit. Perjalanan ke Ninh Binh jadinya lumayan beragam, gak cuma duduk diam di perahu tapi kadang kita dikasih waktu 30 menit buat hiking ke puncak bukit.

Perjalanan ke Ninh Binh

Selama menyusuri sungai, saya juga sempat mampir ke situs bersejarah Hoa Lu. Hoa Lu merupakan ibukota Vietnam pada abad ke-10 dan 11. Lokasi Hoa Lu yang berada di antara pegunungan menjadikannya susah ditaklukkan musuh. Sejarah menyebutkan kekaisaran Tiongkok mencoba menguasai Vietnam dengan menyerang ibukota Hoa Lu di Trang An. Namun karena adanya benteng alami ini upaya Tiongkok gagal.

Perjalanan ke Ninh Binh

Selama perjalanan di Trang An, saya juga mengunjungi 3 kuil dan pagoda yang tersebar di beberapa pulau di Trang An. Salah satunya adalah kuil Phu Kong yang digunakan untuk memuja 7 jenderal yang hidup di masa dinasti Dinh. Biasanya warga Vietnam mengunjungi Trang An sekaligus untuk berdoa di kuil.

Perjalanan ke Ninh Binh

Saya mengunjungi Trang An di bulan Maret yang merupakan musim semi di Vietnam. Bulan Februari hingga akhir Maret merupakan musim ziarah, makanya saat itu ada banyak Vietnamese yang jmelakukan trip ke Trang An. Kalau mau menghindari para peziarah, sebaiknya hindari trip ke Trang An di bulan Februari dan Maret. Boat trip di Trang An bisa diikuti dengan membeli tiket 200.000 Dong atau Rp. 120.800,- per orang.

Perjalanan ke Ninh Binh

Dengan segala keindahan alam dan nilai sejarahnya, pantas bila Trang An dijadikan salah satu UNESCO World Heritage Site pada tahun 2014. Selain itu Trang An juga disebut sebagai museum geologis outdoor karena kumpulan gunung kapur disini sudah ada sejak 2500 tahun lalu. Pastikan kamu tak melewatkan Trang An saat melakukan perjalanan ke Ninh Binh ya..

2. Tam Coc

Perjalanan ke Ninh Binh

Pilihan boat trip kedua adalah di Tam Coc. Bila di Trang An lebih banyak melewati perairan sungai yang luas, boat trip di Tam Coc melewati sungai kecil yang diapit pemandangan sawah yang menguning. Pemandangan boat trip di Tam Coc pula yang sebenarnya paling sering menghiasi berbagai iklan seputar Ninh Binh. Kalau mau ngelihat view sawah yang menguning, cobalah ke Tam Coc mulai bulan Mei hingga awal Juni. Boat trip berjalan selama 2,5 jam dan melewati 3 gua.

Baik di Trang An maupun Tam Coc kebanyakan turis datang dari jam 10 pagi sampai jam 3 sore. Jadi kalau kamu mau menghindari lautan pengunjung sebaiknya datang pagi atau sore sekalian. Jangan lupa siapkan topi, air minum dan sunscreen karena cuacanya sering kali panas.

3. Bai Dinh

Perjalanan ke Ninh Binh

Ikon wisata Ninh Binh selanjutnya adalah Bai Dinh. Bai Dinh adalah komplek pagoda dan kuil Buddha terbesar sekaligus termegah di Vietnam. Menempati lahan seluas 700 hektar di pegunungan Bai Dinh, komplek religius ini terdiri dari bangunan lama dan baru, yang mana bangunan barunya selesai dibangun pada tahun 2010 dan menghasilkan komplek Buddhist yang indah, megah, dengan gaya arsitektur Vietnam, serta luas. Komplek Buddha ini terdiri dari kuil, pagoda, taman, danau serta area parkir. Memasuki komplek Bai Dinh agak terasa seakan memasuki komplek kota terlarang di Tiongkok karena kemiripan gaya arsitektur dan suasananya yang kental nuansa oriental.

Karena sangat luas, kamu mungkin memerlukan waktu lebih dari 1 jam untuk berjalan dari area parkir ke kuil dan pagodanya. Untungnya tersedia mobil elektrik yang mengantarkan pengunjung langsung ke pusat kuil dan pagoda. Tiket mobil elektrik 30.000 Dong atau Rp.18.100,00.

Perjalanan ke Ninh Binh

Karena dari dulu saya penasaran akan kuil dan pagoda (I was crazy of Buddhism when I was a kid!), pas tahu di Ninh Binh ada komplek pagoda dan kuil Buddha terbesar di Vietnam, saya pastikan dalam perjalanan ke Ninh Binh kali ini mesti mampir kesana. Di komplek Bai Dinh ada 3 kuil yang layak dikunjungi karena kemegahan dan keindahan bangunannya, yakni kuil Tam, Phap Cu dan Bell tower. Kuil – kuil ini memiliki banyak patung Buddha yang terbuat dari perunggu serta memiliki berat 100 ton. Sementara itu Bell Tower adalah ‘rumah’ bagi lonceng terbesar di Vietnam dengan berat 36 ton. Bell Tower terdiri dari 3 susunan atap.

Perjalanan ke Ninh Binh

Satu bangunan yang tak boleh dilewatkan adalah pagoda. Untuk masuk ke pagoda perlu membeli tiket masuk sebesar 45.000 Dong atau Rp. 27.200,00. Di beberapa bagian dinding pagoda terdapat relief yang menceritakan kisah hidup sang Buddha serta beberapa kisah yang dituliskan dalam huruf Sansekerta. Pagoda berlantai 5 ini bisa dinaiki dengan naik lift. Di puncak kamu bisa menikmati view komplek Bai Dinh dari atas.

Perjalanan ke Ninh Binh

Selain pagoda, sediakan waktu dan tenaga yang cukup untuk melihat patung Buddha Maitreya. Hal ini karena kamu perlu menaiki ribuan anak tangga untuk mencapai area ini. Namun perjuangan akan sepadan karena patungnya indah, sangat besar, bahkan disebut yang terbesar di dunia. Buddha Maitreya berarti Buddha yang akan datang, yang sekarang ini masih bergelar sebagai bodhisattva atau calon Buddha. Patung Buddha raksasa ini juga terlihat dari puncak pagoda.

Bai Dinh terletak 11 kilometer jauhnya dari kota Ninh Binh. Untuk menuju kesana saya menggunakan sepeda motor selama 30 menit. Kalau kamu mau kesana, datanglah pagi atau siang hari karena komplek Bai Dinh akan tutup saat matahari tenggelam.

Perjalanan ke Ninh Binh saya lakukan selama 3 hari 2 malam. Sebenarnya Ninh Binh juga bisa dinikmati dalam one day trip dari Hanoi, meski itinerarynya akan padat banget dari pagi sampai sore. Berencana jalan-jalan ke Ninh Binh, Vietnam?. Untuk experience suasana pedesaan Vietnam yang masih otentik, coba luangkan waktu 3 hari perjalanan ke Ninh Binh.

This article has also been published at lifestyle.okezone.com.

https://lifestyle.okezone.com/read/2017/05/12/406/1689813/menjelajah-trang-an-vietnam-via-jalur-darat

https://lifestyle.okezone.com/read/2017/05/11/406/1688594/hari-waisak-2017-komplek-pagoda-dan-kuil-buddha-semegah-borobudur

Curious about my adventures in Europe and America ?. You can click the following link to see my traveling video that has been aired in Net TV :

  1. Desa Hallstatt, Desa dengan Arsitektur Klasik di Pinggir Danau
  2. Imutnya Park Guell, Dunia Fantasi Ala Gaudi di Barcelona
  3. Ada Turki Mini di Bosnia Herzegovina
  4. Nyobain Makanan Khas Bosnia, Kaya Rasa dan Pasti Halal
  5. The Bean, Seni Kontemporer yang Ada di Film – film Hollywood

Watch & subscribe my daily vlog in America at my youtube channel : Dada Kimura

11 thoughts on “Perjalanan ke Ninh Binh, Vietnam. Menjelajahi Ha Long Bay Darat di Trang An dan Tam Coc

  1. Salah satu negara yang nggak pernah bosan untuk dikunjungi kembali ya Vietnam ini sih menurut saya hihi segitu sukanya sama Vietnam sampai mau balik lagi dan lagi 😀 terlalu banyak tempat wisatanya, jadi nggak bisa diselesaikan dalam sekali perjalanan. Bahkan dapat referensi baru sekarang dari blog mba 😀

    Like

  2. Pingback: Perjalanan ke Cat Ba Island, Vietnam. Pulau Wisata Alternatif Ha Long Bay – The Island Girl Adventures

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s