4 Hotel Pilihan di Tokyo Untuk Liburan

Hotel di Tokyo

Udah pernah 3x liburan ke Tokyo bikin saya punya preference dan ranking sendiri mengenai hotel, hostel, dan ryokan yang pernah saya tempatin selama jalan-jalan ke Tokyo, Jepang tahun 2019, 2020, dan 2023 ini. Berikut saya rangkumin 5 hotel pilihan di Tokyo, Jepang untuk kamu yang masih bingung milih, considering, or belum ada ide mau nginep dimana selama liburan ke Tokyo.

  1. Agora Place Tokyo Asakusa
Hotel di Tokyo

Sama dengan trip ke Tokyo, Jepang sebelumnya, musim semi ini saya pilih buat stay di Asakusa juga. Saya selalu suka Asakusa karena bernuansa tradisional, gak sepadat Shinjuku atau Shibuya, dan terasa lebih local.Selama 5 malam kita nginep di Agora Place Tokyo Asakusa sedang 1 malamnya di APA Hotel Asakusa Ekimae (karena ngepas malam minggu jadi Agora dah full). Semua hotel di Tokyo kita booked di booking.com

Saya suka Agora Place Tokyo Asakusa dibandingkan APA. Begitu masuk, kita disambut lobby yang modern dan lengang. Saat itu belum waktu check in (jam 3 siang) jadi kita nitip koper dulu. Untuk kamarnya sendiri emang kecil banget, cuma 11 m2 untuk kamar standard. Meski mungil, kamar di Agora lengkap amenitiesnya, bahkan disediain juga piyama lho. Untuk 5 malam kita bayar hotel murah di Tokyo ini 800.000 dan 1 juta Rupiah per malam (booking 2x di waktu yang berbeda) tanpa breakfast.

2. Playsis East Tokyo

Hotel di Tokyo

Playsis East Tokyo jadi pilihan kedua hotel di Tokyo. Saya nginep disini selama 6 malam saat jalan-jalan ke Tokyo musim dingin beberapa tahun lalu. Hotel di Tokyo yang berada di Asakusa ini lokasinya sangat strategis. Cuma perlu jalan kaki selama 7 menit dari hotel untuk menuju kuil Sensoji dan stasiun Asakusa. Kalau mau ke Tokyo Skytree dan mal di bawahnya bisa jalan kaki selama 10 menit atau lebih cepat lagi kalau pakai sepeda. Saya yang tadinya males buat stay di Asakusa karena kayaknya lokasi ini touristy banget malah jadi betah, dan pas balik ke Tokyo lagi saya nginep lagi disini.

Selain karena lokasi, yang bikin saya betah di Playsis East Tokyo tuh sebenernya karena kamar mandinya ada bath up-nya (meski kecil, standar ukuran Jepang lah) dan amenitiesnya baunya saya suka banget hahaha. Sementara itu kapsul dan kualitas bed-nya not bad lah. Nginep di Asakusa bisa juga jadi pilihan kalau kamu mau menghemat biaya saat jalan-jalan ke Tokyo karena rate hostel di Asakusa hampir setengah dari rate hostel di Shinjuku. Wajar sih karena Shinjuku berada di pusat Tokyo jadi akses kemana-mana lebih dekat. Sedang Asakusa agak jauh. Saya booked hostel di Asakusa disini, sedang rate Playsis East Tokyo per malam 1947 yen (akhir Desember 2019).

Tahun ini sebenernya saya pengen balik nginep di hotel di Tokyo yang satu ini. Cuma sayangnya pas ngecek di OTA ternyata Playsis East sudah ganti konsep dan selalu penuh.

3. APA Asakusa Ekimae

Hotel di Tokyo

Liburan ke Tokyo tahun ini saya sempetin juga nginep di jaringan hotel populer APA. APA adalah jaringan hotel bisnis yang banyak banget jumlahnya di Jepang, dan termasuk hotel di Tokyo yang strategis lokasinya. Hotel APA yang saya inepin adalah APA Hotel Asakusa Ekimae yang lokasinya gak jauh dari Agora dan deket banget sama stasiun subway. Pas masuk lobby saya agak kaget karena kita disambut dengan rombongan turis yang entah ngapain pada nongkrong di lobi. Karena terlalu crowded lobinya jadi bikin agak gak nyaman sih. Sistem check in di APA mengharuskan tamu untuk self check in, diantaranya pakai nyecan paspor sendiri. Pas check out pun sangat simpel dan cepat, tinggal masukkan kartu akses kamar ke dalam boks. 

Sama dengan Agora, kamar hotel di APA juga kecil banget, sebelas dua belas lah… bedanya kamar di APA ada bathupnya dan tv nya punya lebih banyak channel. APA memang didesain as hotel bisnis makanya punya lebih banyak amenities. Saya sih oke aja dengan APA, tapi Adrien gak gitu suka karena kamarnya mirip dengan Jakarta style hotel katanya hahaha…. btw setelah nyobain semalam di hotel di Tokyo ini saya jadi kurang suka juga dengan hotel ini karena bantalnya lumayan keras dan gak comfy. Selain itu, check outnya pagi bener, jam 10 pagi. Jadi heran kenapa hotel-hotel di Jepang check out timenya di bawah jam 12 siang yak. Biasanya yang seperti itu hostel, bukan hotel. Rate 1 malam menginap di APA Hotel Asakusa Ekimae 1,6 juta Rupiah. Kita booked 1 minggu sebelum berangkat ke Tokyo, Jepang. 

Meskipun begitu, hotel APA tetep oke buat stay di Tokyo kalau kamu cuma butuh tempat buat tidur setelah seharian mengeksplor Tokyo. Btw, kalau kamu menginap di hotel di Tokyo yang satu ini kamu akan ketemu rombongan turis Indonesia lho.. 2x saya ke lobby disana selalu penuh dengan rombongan tur dari Indonesia.

4. Fujikawaguchiko Resort Hotel

Hotel di Tokyo

Dari namanya aja udah ketahuan kalau lokasi hotel yang ini bukan di Tokyo, melainkan di kota Kawaguchiko. Tapi memang sengaja saya masukkan ke dalam list karena pasti banyak yang berencana ke Kawaguchiko dari Tokyo. Tujuan utama kita ke Kawaguchiko kali ini adalah untuk honeymoon, makanya saya pilih hotel yang asyik dan nyaman. Urusan memilih hotel sering saya rasain sebagai hal paling susah saat mempersiapkan perjalanan, karena saking banyaknya pilihan dan fotonya bagus-bagus. Tadinya saya mau pilih hotel yang udah direview sama bloggers lain, tapi sayangnya hotel-hotel tersebut udah penuh semua. Hmm berarti emang beneran bagus dong ya secara kamarnya sold out. Setelah bolak-balik ngecek OTA, akhirnya pilihan jatuh ke Fujikawaguchiko Resort Hotel yang saya temuin di booking.com.

Fujikawaguchiko Resort Hotel terletak gak jauh dari stasiun Kawaguchi, sekitar 10 menit jalan kaki. Alasan saya milih hotel ini selain karena reviewnya bagus, pihak hotel menyediakan free shuttle bus from and to Kawaguchi station dan hotelnya juga punya onsen yang luas. Pas sampai sana, kita sempat amazed dengan hotelnya karena well-maintained dan bersih banget. Pas masuk kamarnya apalagi… langsung falling in love!

Hotel di Tokyo

Kira-kira seperti inilah ryokan yang kita tempatin. Kamarnya cukup luas, bersih dan sangat terawat. Di sebelahnya ada jendela yang kalau dibuka viewnya parkiran. Sebenarnya ada juga pilihan bed yang moderen (western style) cuma karena saya belum pernah nyobain ryokan jadinya pilih bed tradisional Jepang ini. Yang saya suka dari kamar di Fujikawaguchiko Resort Hotel ini kamarnya gak cuma terdiri dari kamar tidur aja, tapi di bagian depan (setelah buka pintu) ada space buat naruh barang-barang yang terdiri dari gantungan baju dan rak untuk naruh amenities dan tea set.

Hotel di Tokyo

Untuk kamar mandinya lumayan compact tapi ada bathubnya. Ukuran bathub-nya sendiri mayan kecil, sesuai standar Jepang.

Hotel di Tokyo

Serunya, kita disediain juga sepasang yukata (kimono musim panas) buat dipakai ke onsenAww the yukata is so cute…..

Rate menginap semalam disini adalah Rp.1.875.000,- belum termasuk dengan sarapan. Kita nambah masing-masing 1.600 Yen untuk all you can eat breakfast. Menunya sendiri bervariasi, ada makanan Jepang, Chinese food dan western.

Hotel di Tokyo

Udah jauh-jauh ke Kawaguchiko, tentu kita tidak melewatkan onsen yang ada di hotel. Onsennya sendiri terpisah antara laki-laki dan perempuan dan terdiri dari 2 kolam indoor dan 3 kolam outdoor.

Hotel di Tokyo

Sayangnya, dilarang ambil foto di area onsen (ya iyalah!) makanya saya cuma punya foto bagian depan onsen aja hehehe… Overall, kita puas banget nginep di hotel Kawaguchiko ini meski cuma stayed 1 malam.

Well, itulah 4 pilihan hotel di Tokyo buat liburan. I hope it can help you plan your trip to Tokyo. Saya gak bisa masukin sebuah hostel di Shinjuku karena ternyata hostelnya udah tutup setelah Covid-19. Pun sebuah hotel di Tokyo yang letaknya deket Narita, ART Narita Hotel karena saya gak suka banget sama hotel jadul yang satu ini.

Curious about my adventures in Europe and America ?. You can click the following links to see my traveling videos that have aired on Net TV :

  1. Desa Hallstatt, Desa dengan Arsitektur Klasik di Pinggir Danau
  2. Imutnya Park Guell, Dunia Fantasi Ala Gaudi di Barcelona
  3. Ada Turki Mini di Bosnia Herzegovina
  4. Nyobain Makanan Khas Bosnia, Kaya Rasa dan Pasti Halal
  5. The Bean, Seni Kontemporer yang Ada di Film – film Hollywood

Want to help support my travel? Help me to visit 50 more countries and write more travel stories & guides by donating here

Watch my adventures & subscribe to my YouTube channel: The Island Girl Adventures

One thought on “4 Hotel Pilihan di Tokyo Untuk Liburan

  1. Pingback: Budget Traveling ke Jepang Selama 1 Minggu. Berapa yang Mesti Disiapkan? – The Island Girl Adventures

Leave a comment