Good News! WNI Bisa Liburan ke Vietnam Mulai 15 Maret 2022

Photo by Tomu00e1u0161 Malu00edk on Pexels.com

Setelah menutup pintu bagi semua foreigners selama 2 tahun, Vietnam akhirnya mengumumkan akan mengangkat semua restrictions terkait Covid-19 mulai 15 Maret 2022. Segala aturan terkait visa, e-visa, dan visa exemptions yang tidak berlaku selama 2 tahun terakhir akan dikembalikan seperti saat pre-Covid. Hal ini berarti warga negara Indonesia bisa kembali masuk Vietnam tanpa perlu menggunakan visa untuk maksimal 30 hari stay. Wah, jadi gak sabar liburan ke Ha Long Bay!

Kabar ini tentu menjadi a really good news bagi semua travelers yang udah menunggu-nunggu kapan bisa traveling ke Vietnam lagi. Sejak 22 Maret 2020, hampir 2 tahun lalu, Vietnam menutup pintu masuk bagi all foreigners sebagai bagian dari restrictions Covid-19 yang sangat ketat. Gak cuma turis yang tidak diperbolehkan masuk, bahkan bagi warga Vietnam sendiri, hingga bulan Desember 2021 lalu, untuk mengunjungi kota lainnya, mereka memerlukan surat izin khusus.

BACA JUGA ARTIKEL VIETNAM LAINNYA :

How to Travel from Hanoi to Sapa : By Bus, Train, or Motorbike?

Jalan-Jalan ke Hue, Vietnam. Semegah Apa Forbidden City-nya Vietnam ?

7 Restoran Dan Kafe Unik di Hanoi, Vietnam

Apa saja yang perlu disiapkan sebelum liburan ke Vietnam?

Travelers yang diperbolehkan masuk kembali ke Vietnam tentunya adalah mereka yang sudah memperoleh sertifikat vaksin lengkap, dimana vaksin kedua diambil paling tidak 14 hari dan tidak lebih dari 12 bulan sebelum keberangkatan.

Sebelum berangkat, travelers mesti tes PCR tidak lebih dari 72 jam sebelum terbang atau tes antigen 24 jam sebelumnya. Setelah mendarat di Vietnam, travelers juga mesti melakukan tes kedua lalu karantina di hotel selama 1 hari sambil menunggu hasil tes keluar. Selain itu, travelers juga wajib memiliki travel insurance yang mengcover perawatan Covid-19 dengan coverage minimal $50.000. Biaya travel insurance ini sekitar $40.

Pemerintah Vietnam awalnya merencanakan untuk membuka penerbangan internasional pada 1 Mei mendatang. Namun karena vaksin booster diperkirakan akan selesai diberikan kepada seluruh warga Vietnam pada akhir Maret, makanya Kementerian Budaya, Olahraga, dan Pariwisata Vietnam kemudian mengajukan untuk mempercepat tanggal Vietnam buka untuk turis menjadi 15 Maret 2022. Selain itu, dipercepatnya tanggal Vietnam buka penerbangan internasional juga sebagai upaya untuk menarik turis internasional sekaligus bersaing dengan negara-negara tetangga di Asia Tenggara yang sudah lebih dulu membuka negaranya untuk turis, seperti Thailand.

Selama pandemi Covid-19 menyerang tahun 2020 lalu, pariwisata Vietnam anjlok sebesar 96%. Padahal pariwisata Vietnam tengah naik daun hingga mencapai 18 juta turis tahun 2019. Setelah lama menutup diri, pada bulan November 2021, pemerintah Vietnam mulai membolehkan orang asing masuk wilayahnya lewat progam paspor vaksin. Tercatat ada 8.500 turis asing yang bisa masuk ke Vietnam hingga bulan Januari 2022. Mereka berasal dari Rusia, Kazakhstan, Uzbekistan, Korea Selatan, Singapura, Inggris, AS, dan Kanada. Wilayah yang dikunjungi diantaranya pulau Phu Quoc (Kien Giang), Khanh Hoa, and Quang Nam.

Curious about my adventures in Europe and America ?. You can click the following links to see my traveling videos that have aired on Net TV :

  1. Desa Hallstatt, Desa dengan Arsitektur Klasik di Pinggir Danau
  2. Imutnya Park Guell, Dunia Fantasi Ala Gaudi di Barcelona
  3. Ada Turki Mini di Bosnia Herzegovina
  4. Nyobain Makanan Khas Bosnia, Kaya Rasa dan Pasti Halal
  5. The Bean, Seni Kontemporer yang Ada di Film – film Hollywood

Want to help support my travel? Help me to visit 50 more countries and write more travel stories & guides by donating here

Watch my adventures & subscribe to my YouTube channel : The Island Girl Adventures

One thought on “Good News! WNI Bisa Liburan ke Vietnam Mulai 15 Maret 2022

  1. Pingback: Bali, Indonesia Kicks Off Quarantine-Free Travel Program. Visa On Arrival Is Back For Tourist! – The Island Girl Adventures

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s