One Day Trip ke Skopje, Macedonia. Kota Theme Park-nya Eropa

Skopje Macedonia

Traveling ke negara yang baru berdiri atau merdeka tentu menantang. Selain itu ada juga beberapa kejutan yang melebihi ekspektasi. Hal itulah yang saya rasakan saat travel ke Macedonia, sebuah negara yang baru merdeka pada tahun 1991 dari Yugoslavia. Negara tetangga Yunani ini ternyata cantik dan lumayan modern loh. Ibukotanya, Skopje bahkan dipenuhi dengan bangunan yang mirip denhgan ikon negara-negara Eropa lainnya seperti bus double decker khas London, gerbang ‘Arc De Triomph Paris, hingga patung salib setinggi 66 meter yang mirip dengan Christ The Redeemer-nya Rio De Janeiro, Brasil. Ikon-ikon ini membuat Skopje, Macedonia tampak bagai kota theme parknya Eropa.

Skopje Macedonia

Berbekal tiket seharga EU 20 (Rp.322.400,00) yang saya beli dari goeuro.com, saya menuju Skopje dengan menggunakan bus dari terminal bus Thessaloniki, Yunani. Perjalanan yang dimulai sejak pagi hari berlangsung lancar selama 3 jam saja, termasuk pemeriksaan paspor di perbatasan Yunani – Macedonia. Jam 11.30 saya sudah tiba di Skopje. Karena saya cuma berencana melakukan one day trip ke Skopje,Macedonia, saya putuskan untuk menitipkan koper dan tas di tempat penitipan tas yang berada di balik loket penjualan tiket. Sayangnya, petugasnya hanya menerima mata uang denar. Setelah mengambil cash di ATM yang ada di terminal, saya pun membayar biaya penitipan 2 tas yang setara dengan EU 4 (Rp.64.500,00).

Skopje Macedonia
Gate Macedonia yang mirip dengan ‘Arc De Triomph Paris

Skopje bukanlah kota besar. Untuk menuju pusat kotanya saja saya cuma perlu jalan kaki selama 10 menit. Tapi begitu sampai di downtown, saya lumayan terkejut. Kota ini terlihat bak kota-kota megah di Eropa barat. Di hadapan saya membentang jembatan batu yang dihiasi dengan banyak patung. Di ujung jembatan berdiri dengan kokoh sebuah gedung raksasa bergaya arsitektur klasik mirip Pantheon di Athena, Yunani. Belum hilang rasa kaget, tiba-tiba saya melihat ikon dunia lainnya lewat di seberang jalan. Sebuah bus tingkat berwarna merah yang menjadi ikon kota London, double decker.

Skopje Macedonia
Bus kota yang mirip bus double decker London

Rupanya Macedonia sedang sibuk membangun ibukotanya demi menarik kunjungan turis sekaligus membentuk identitas negara. Meski disebut sebagai salah satu negara termiskin di Eropa, pemerintah Macedonia rela mengeluarkan budget ratusan juta Euro demi membangun Skopje. Hasilnya lumayan sih, saya sebagai turis senang menikmati suasana kota yang tenang sambil duduk-duduk di bangku di tepi sungai, sekaligus memandangi beberapa kapal wisata di tepi sungai. Serunya lagi, Skopje sangat murah. Di sebuah jalan yang dipenuhi dengan deretan restoran dan kafe, saya sempat mampir makan siang. Seporsi pasta harganya setara dengan EU 2 (Rp.32.250,00) saja lho !.

Skopje Macedonia
Had lunch in one of restaurant here

Puas melihat-lihat kota, saya bergerak ke kawasan old town atau kota tua Skopje. View di kota tua lumayan beda dengan di pusat kota. Nuansanya sangat Asia dan Turkish. Jalanan kota tua Skope yang sempit, diapit oleh deretan rumah teh, tempat ngopi,restoran, toko – toko handycraft seperti karpet, kulit, sepatu, selimut, serta toko roti, baklava dan kebab. Disini saya menemukan 2 masjid. Sesekali wanita berhijab melintas bersama teman-temannya.

Sebelum menjadi bagian dari Yugoslavia, Macedonia merupakan bagian dari kesultanan Utmaniyah (Ottoman) Turki selama 500 tahun. 33% penduduk Macedonia pun beragama Islam, yang terdiri dari etnis Turki, Rom, dan Albania. Di oldtown sini pengaruh Turki masih terlihat kuat. Old Bazaar Skopje bahkan disebut-sebut sebagai old bazaar terluas di luar Turki.

Skopje Macedonia
Masjid Mustafa Pasha Skopje

Dari old town, saya beranjak menuju perbukitan Skopje. Sebelum mencapai bukit rupanya ada sebuah masjid lagi. Kali ini ukurannya lebih besar dan terlihat agung. Masjid Mustafa Pasha yang berarsitektur Ottoman ini dibangun sejak tahun 2011 dengan dana dari pemerintah Turki. Setelah sempat melihat-lihat masjid, saya bergerak lagi ke puncak bukit. Disini ada benteng Kale, sebuah benteng kuno yang bisa dikunjungi dengan cuma-cuma. Dari puncak benteng saya memandangi dan menikmati pemandangan Skopje, Macedonia dari atas. Indah…

Skopje Macedonia
Downton Skopje dengan patung penunggang kuda dan dilatarbelakangi gedung berarsitektur ala Prancis

Kadang saya ditanyai teman, why visit Macedonia ?. Meski belum sepopuler negara lainnya Macedonia tetaplah menarik dan worth it untuk dikunjungi.  Di Skopje, Macedonia ada banyak patung dan bangunan berarsitektur menarik. Salah satunya patung raksasa penunggang kuda di tengah alun-alun. Sebenarnya patung ini adalah patung Alexander the Great, pahlawan Yunani yang berasal dari wilayah Macedonia. Sayangnya patung ini diprotes oleh Yunani karena Macedonia dianggap mencuri figur pahlawan mereka. Akhirnya patung penunggang kuda ini gak jadi diberi nama deh.

Skopje Macedonia
Benteng Kale

Bagi yang akan travel ke Skopje,Macedonia, tips dari saya kalau lagi kebelet usahakan untuk menggunakan toilet di hotel atau restoran. Saya pernah masuk ke toilet di sebuah mal di Skopje, dan ternyata toiletnya sangat jorok….

Tertarik berpetualang ke Skopje, Macedonia?. Siapkan visa Schengen ya, karena WNI bebas visa ke Macedonia selama memiliki visa Schengen yang masih berlaku. Coba juga pakai bus karena naik bus merupakan cheapest way to travel the balkans.

Curious about my adventures in Europe and America ?. You can click the following link to see my traveling video that has been aired in Net TV :

  1. Desa Hallstatt, Desa dengan Arsitektur Klasik di Pinggir Danau
  2. Imutnya Park Guell, Dunia Fantasi Ala Gaudi di Barcelona
  3. Ada Turki Mini di Bosnia Herzegovina
  4. Nyobain Makanan Khas Bosnia, Kaya Rasa dan Pasti Halal
  5. The Bean, Seni Kontemporer yang Ada di Film – film Hollywood

Watch & subscribe my daily vlog in America at my youtube channel : Dada Kimura

One thought on “One Day Trip ke Skopje, Macedonia. Kota Theme Park-nya Eropa

  1. Pingback: Jalan-jalan ke Ljubljana, Slovenia. Menjelajah The Dragon City – The Island Girl Adventures

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s