Pengalaman Apply Waiver Visa Jepang 2023. Simpel, Cepat, dan Gratis!

Waiver Visa Jepang 2023
Photo by Nataliya Vaitkevich on Pexels.com

Banyak yang DM maupun kirim email ke saya mengenai cara mendapatkan waiver visa Jepang tahun 2023 ini. Oke baiklah, sekalian aja saya bikin artikel tutorialnya.

Beda dengan beberapa tahun lalu, tepatnya tahun 2018, saya masih harus ke Kedutaan Jepang di Thamrin langsung untuk mendapatkan waiver visa Jepang untuk e-Paspor. Sejak 27 Maret 2023, WNI bisa mengajukan waiver visa Jepang 2023 secara online, yang artinya kita gak perlu ngantre di VFS lagi maupun bayar biaya waiver visa. Cukup duduk manis di depan komputer aja. Jadinya untuk honeymoon trip ke Tokyo Mei ini saya juga apply waiver visa Jepang 2023 di situs JAVES aja. Prosesnya gak ribet dan dalam waktu 4 hari waiver visanya udah diapproved (kalau gak kepotong Sabtu Minggu total waktu prosesnya cuma 2 hari kerja).

Siapa aja yang entitled untuk mendapatkan waiver visa Jepang secara online? WNI yang memiliki e-Paspor. Jadi kalau kamu WNI tapi paspornya masih versi lama alias belum e-Paspor kamu belum bisa apply waiver visa Jepang secara online ya. Jadi pastikan paspor kamu e-Paspor dan tentunya masih berlaku.

1). Masuk ke website JAVES lalu buat akun

Waiver Visa Jepang 2023

Pertama buat akun dulu dengan klik “register an email address” seperti yang terlihat di gambar.

Waiver Visa Jepang 2023

Lalu isi setiap data yang diminta. Kalau udah selesai kamu akan menerima email dari Japan Visa Exemption System yang berisi link URL. Klik linknya lalu login dengan email address dan password yang sudah dibuat. Akan ada permintaan kode OTP yang mana OTP dikirimkan ke email terdaftar. Masukkan kode OTPnya lalu login deh.

2). Isi Data Diri

Waiver Visa Jepang 2023

Setelah berhasil login, kamu bisa mulai registrasi dengan klik “new registration” seperti terlihat di gambar.

Waiver Visa Jepang 2023

Isi semua data diri yang diminta sampai tahap terakhir termasuk foto paspor bagian data, bagian cover paspor, halaman endorsements paspor dan lainnya. Setelah tahap ini selesai kamu tinggal duduk manis menunggu email pemberitahuan dari JAVES yang menyatakan permohonan waiver visa Jepang e-Paspor kamu telah completed, artinya udah diapproved. Prosesnya sekitar 2 hari kerja.

3). Cek waiver visa yang sudah diapproved

Waiver Visa Jepang 2023

Setelah menerima email yang menyatakan waiver visa Jepang 2023 kamu sudah completed, kamu bisa mengeceknya dengan login ke akun kamu. Lalu klik “page for displaying Visa Exemption Registration Notice”.

Waiver Visa Jepang 2023

Data kamu akan muncul seperti di gambar. Klik kotak disamping nomor hingga muncul tanda centang, lalu klik Visa Exemption Registration Notice (to display) seperti di gambar.

Waiver Visa Jepang 2023

Inilah waiver visa Jepang 2023 yang sudah keluar. Kalau saya kemarin sih saya print dan save screenshotnya buat jaga-jaga. Tapi ketika sampai di imigrasi Jepang di bandara Narita Tokyo saya login dan buka dari website JAVES langsung trus tunjukkan ke petugas imigrasi. Setelah itu petugas kasih stiker waiver visa Jepang 2023 di halaman paspor saya.

Note : Informasi tentang kita cukup menunjukkan waiver visa di dalam website JAVES dan stikernya akan ditempelkan di imigrasi Jepang oleh petugas imigrasi sana di bandara sana perlu juga dikasih tau ke petugas check-in, just in case petugasnya belum update dengan aturan terbaru. Hal ini terjadi ke saya saat mau check-in di bandara Ngurah Rai Bali. Petugasnya bingung karena doi gak dapet info dan tidak inisiatif mengupdate dirinya dengan info terbaru seputar waiver visa Jepang 2023 sehingga saya mesti menjelaskan dengan rinci dan nunjukkin waiver visa Jepang 2023 di hape saya, kalau gak gitu petugasnya ketakutan wkwk. Entah dia ini karyawan Vietjet atau Angkasa Pura tapi yang jelas aneh aja petugas check-in belum paham aturan terbaru.

Alright guys, kira-kira begitu aja langkah-langkah membuat waiver visa Jepang 2023. Semoga kalian juga bisa mendapatkannya lalu cuss liburan ke Jepang tahun ini. Good luck!

Curious about my adventures in Europe and America ?. You can click the following links to see my traveling videos that have aired on Net TV :

  1. Desa Hallstatt, Desa dengan Arsitektur Klasik di Pinggir Danau
  2. Imutnya Park Guell, Dunia Fantasi Ala Gaudi di Barcelona
  3. Ada Turki Mini di Bosnia Herzegovina
  4. Nyobain Makanan Khas Bosnia, Kaya Rasa dan Pasti Halal
  5. The Bean, Seni Kontemporer yang Ada di Film – film Hollywood

Want to help support my travel? Help me to visit 50 more countries and write more travel stories & guides by donating here

Watch my adventures & subscribe to my YouTube channel: The Island Girl Adventures

53 thoughts on “Pengalaman Apply Waiver Visa Jepang 2023. Simpel, Cepat, dan Gratis!

    1. Yani

      Hai kak utk visa waiver ini , apakah kita hrs login javes lagi di airport jepang …atau apakah kita bisa tunjukan hasil download an nya yg sdh tersimpan di file HP

      Like

  1. Lisa

    Hi Jadi aman terbang ke Jepang tanpa visa waiver sticker di passport dari Indonesia ya (deg-deg an nih)). kita dapat stickernya di imigrasi airport Japan. dapat stamp temporary visitor juga disana kah? untuk syarat activate JR pass kan?

    Like

      1. Mary

        Hi, Kak. Aku juga statusnya REGISTERED bukan ISSUED seperti kakak. Dan sudah 2 minggu nggak berubah. Tapi udah terima barcodenya, kak. Apa beda ya? Thank you

        Like

    1. hagashi

      Trims infonya, berguna banget. Baru apply di Javes, besoknya udah jadi. Keget juga dan nggak pede kayak nggak ada berbentuk visa nya gitu wkwkwkwk. Ternyata baru nanti di tempel pas di imigrasi sana ya.

      Trims banget infonya kak 😊🙏

      Like

  2. Andi

    Info yang sangat bermanfaat. Apakah ada dokument dan hal2 lain yang ditanyakan di Imigrasi di sana? Seperti bukti tabungan atau uang cash yang di bawa?

    Like

  3. Jesica

    halo kaka, mau tanya, kalo saya mau apply visa untuk keluarga semua, itu harus punya email masing masing untuk apply visa atau bisa dengan hanya 1 email saja untuk bisa apply semua visa keluarga saya?

    Like

  4. Halo kaka Info ini sangat bermanfaat dan saya mau tanya kak, kalo saya mau apply javes visa japan untuk keluarga saya, apakah harus membuat email masing masing untuk apply visa nya atau bisa hanya dengan 1 email untuk apply visa keluarga saya?
    mohon bantuan nya ya kak, terimakasih

    Like

  5. Pingback: Budget Traveling ke Jepang Selama 1 Minggu. Berapa yang Mesti Disiapkan? – The Island Girl Adventures

  6. Livya

    Hi Mba Sab, thank you for sharing! Membantu sekali 🥹. Aku mau nanya yang halaman endorsement passport ku kosong, itu berarti harus request lagi ya ke kantor imigrasi ?

    Like

      1. Mardola Perpisa

        Mau nanya donk kak. Kan saya apply visa waivernya untuk 2 orang menggunakan cover page yg sama. Kira² ada pengaruhnya gak ya? Soalnya itu kan hanya gambar dan sama aja sih keliatannya ga ada beda yg penting ada gambar chipnya

        saya udh apply tgl 8 April kemarin sebelum lebaran, sampai tgl 13 ini belum ada jawaban atai email dari kedubesnya terkait visa saya. Apa karena skrg masih dihitung libur?

        Like

  7. Hi mba terima kasih banyak infonya. Aku masih ada pertanyaan apakah setelah kita tiba disana ditanyain juga itinerary, bukti asuransi juga? Dan apakah kita tetap harus masuk ke Visit Japan Web? Salam kenal, Maria.

    Like

  8. Yessica

    Hai mba, mau tanya, yg dimaksud dgn “halaman endorsements paspor” itu yg mana ya ? Apakah yg ada tempat utk tanda tangan pemegang paspor ? Apakah harus diisi semua (nama, alamat, dll) nya

    Like

    1. Cikko

      Hallo mbak…kalo di saya karena saya menggunakan bhs Indonesia dia masih tertera “terdaftar” bukan “diterbitkan” seperti mbak. Tapi kalo saya klik kotak kecil disamping nama dia keluar “Visa Exemption Registration Notice” sama seperti yg di contoh mbak. Apa dia sama aja yah? Terimakasih sebelumnya

      Like

      1. sudah terima email yg menyatakan “completed” bukan? mestinya di web tertulis issued/ diterbitkan sih. coba klik Visa Exemption Registration Notice to display, apalah muncul waivernya. kl muncul ya udah, kl gak muncul mesti ditunggu ampe dpt email dan statusnya jd issued.

        Like

      2. Diana

        Hallo, saya juga sama tulisan statusnya “terdaftar” bukan “diterbitkan” tapi semua dokumen dgn barcode format pdf maupun yang ada timer 15 menit nya itu smuanya ada, email juga sudah diterima dan di katakan bahwa “pendaftaran pembebasan visa telah selesai” tapi kenapa statusnya beda ya? Apakah 2 status tersebut sama saja? Kalau sudah ada yg dapat pencerahan mohon infonya ya 🙏🏻

        Like

      3. kl soal status sy kurang tau, bisa aja mereka update/ ubah nama statusnya. tp mestinya kalau sudah terima email yang menyatakan pendaftaran visa waiver sudah selesai dan waivernya sudah muncul, mestinya udah sls prosesnya.

        Like

    2. Yessica

      Pas isi data diri itu kak.. kan disuruh isi nama dll sampe bawah tu ada phone number & mobile number, kmrn phone number nya ku kosongin, ga bisa lanjut

      Like

  9. Hi kak, pada saat apply kan kita ditanya jadwal tgl masuk dan keluar dari jepangnya dan tidak boleh lebih dr 14minggu dari tanggal apply ya, kalau data yg kita masukin tidak sesuai dgn plan kita krn sbnrnya brgktnya masih 8bln lg, bisa ngga ya? Atau hrs bnr2 sesuai dan akan dicek pihak imigrasinya ya?

    Like

  10. Anik Mustika

    Halo kak, untuk apply e-visa ini apakah ada ketentuan harus ada minimal saldo tabungan? mengingat saya membaca pengalaman bbrp orang yg mau ke jepang harus menunjukan bukti minimal saldo tertentu selama 3 bulan terakhir, krn kalo statusnya sbg mahasiswa repot juga yakkk hehe…makasi kak

    Like

  11. Iin

    halo kak. Terimakasih atas penjelasan visa waiver nya. Ka, boleh tau alamat email kedutaan jepangnya apa ya? Kalau mau nanya status permohonan kita.. mohon bantuannya ka

    Like

  12. diva

    hai kak, sy renc pergi ke jepang bln oktober. barusan saya mau apply visa waiver, setelah berhasil mengisi data yg diminta muncul tulisan ” Tanggal terjadwal masuk ke Jepang Masukkan tanggal dalam kurun waktu 14 minggu dari tanggal sekarang. ”

    berarti saya bisa apply visanya 3 bln sebelum tgl keberangkatan ya?

    thanks

    Like

Leave a comment