Megahnya Parthenon, Kuil Dewi Athena di Yunani

Megahnya Parthenon, Kuil Dewi Athena di Yunani

YUNANI tak melulu Santorini dan pulau-pulau eksotis lainnya. Di ibukota Athena ada banyak bangunan bersejarah peninggalan peradaban masa lampau dari masa Yunani, Romawi, hingga dinasti Ottoman Turki. Highlight dari perjalanan ke salah satu kota tertua di dunia adalah Akropolis dan kuil Parthenon yang melegenda.

Cerita mitologi Yunani tak asing di telinga kita. Nama dewi Athena, Nike, hingga manusia setengah dewa Hercules terdengar akrab berkat diabadikan dalam berbagai karya literatur, kartun serta film. Di dunia nyata, peradaban Yunani sangat dihargai karena dianggap sebagai tempat lahirnya peradaban barat serta tempat lahirnya demokrasi. Pusat peradaban Yunani berada di ibukota Athena, salah satunya karena keberadaan kuil Parthenon.

Megahnya Parthenon, Kuil Dewi Athena di Yunani

Saya mengunjungi Athena beberapa waktu lalu. Sebagai penikmat sejarah, tentu Athena menjadi pilihan utama saya saat memutuskan mengunjungi Yunani. Setelah mendarat di bandara Eleftherios Venizelos, saya naik kereta menuju ke pusat kota Athena. Tiketnya 10 Euro atau sekira Rp164.000,00 per orang. Sementara perjalanannya memakan waktu 1,5 jam.

Tujuan utama saya ke Athena adalah untuk mengunjungi Parthenon. Parthenon merupakan kuil megah yang dibangun rakyat Yunani untuk menyembah dewi Athena, dewi kebijaksanan dan perang. Karena Parthenon berada di puncak bukit Acropolis, maka saya putuskan mendaki ke puncak bukit.

Megahnya Parthenon, Kuil Dewi Athena di Yunani

Meski terletak di pusat kota, untuk mencapai Parthenon saya perlu mendaki selama 30 menit. Setiba di pintu gerbang saya langsung antre untuk membeli tiket. Karena Athena memiliki banyak bangunan bersejarah yang memikat turis dari berbagai belahan dunia untuk datang, pemerintah Yunani meluncurkan tiket multi combo dengan harga 30 Euro atau sekira Rp491.329,-. Dengan tiket combo ini kita bisa mengunjungi Parthenon dan banyak situs lainnya seperti Hadrian’s Library, Roman Agora, Ancient Agora, dan kuil Zeus.

Serunya lagi, begitu saya akan membayar tiket, penjaga tiket menginfokan bahwa hari ini adalah minggu budaya Eropa. Jadi semua tempat wisata di Athena digratiskan untuk pengunjung. Wah jadi makin hemat jalan-jalannya !

Megahnya Parthenon, Kuil Dewi Athena di Yunani

Sejak dibangun di abad ke 447 SM pada masa Yunani kuno hingga masa kini, Parthenon telah berubah fungsi beberapa kali. Pada masa pendudukan dinasti Ottoman Turki di Yunani, Parthenon dijadikan sebagai masjid. Parthenon juga sempat dibom oleh tentara Venezia hingga bangunan aslinya mengalami kerusakan parah. Kini, Parthenon dianggap sebagai salah satu monumen budaya terpenting di dunia.

This article has been published at http://www.okezone.com/travel at December 16, 2018. https://lifestyle.okezone.com/read/2018/12/16/406/1991884/megahnya-parthenon-kuil-dewi-athena-yang-sempat-menjadi-masjid

Curious about our adventures in Europe this year?. You can click the following link to see my traveling video that has been aired in Net TV :

  1. Desa Hallstatt, Desa dengan Arsitektur Klasik di Pinggir Danau
  2. Imutnya Park Guell, Dunia Fantasi Ala Gaudi di Barcelona
  3. Ada Turki Mini di Bosnia Herzegovina

Also, watch my videos on Narasi TV :  

One thought on “Megahnya Parthenon, Kuil Dewi Athena di Yunani

  1. Pingback: Liburan ke Athena : Anafiotika, Desa Mirip Santorini di Tengah Kota Athena, Yunani – The Island Girl Adventures

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s