Belajar Sejarah Vietnam di Museum Bao Tang, Hoi An

 Sejarah Vietnam di Museum Bao Tang, Hoi An

KOTA bersejarah Hoi An memiliki banyak benda pusaka dari berbagai zaman. Mulai dari zaman kerajaan Champa, peninggalan Jepang, Tiongkok, masa sebelum kemerdekaan Vietnam hingga zaman modern. Artefak serta dokumentasi berbagai zaman ini bisa kita temukan di museum Hoi An.

 Sejarah Vietnam di Museum Bao Tang, Hoi An

Museum Hoi An berada di luar kawasan kota tua Hoi An. Tepatnya di jalan Tran Hung Dao no. 10 B Hoi An. Gedung 5 lantai ini bisa dikunjungi gratis dengan menunjukkan tiket masuk kota tua Hoi An. Tiket masuk ini dijual dengan harga 100.000 dong atau sekitar 50.000 rupiah per orang. Dengan tiket ini kita bisa mengunjungi berbagai bangunan bersejarah di Hoi An seperti rumah kuno, museum, dan menyaksikan pertunjukan seni.

Sejarah Vietnam di Museum Bao Tang, Hoi An

BACA JUGA : Serunya Menjelajah Amsterdam dengan Bersepeda

Di lantai dasar museum kita akan disambut dengan replika Japanese covered bridge atau jembatan tertutup Jepang yang menjadi ikon kota Hoi An. Jembatan ini dibangun oleh komunitas warga Jepang di Hoi An pada akhir abad ke-16 agar terhubung dengan komunitas warga Tiongkok. Jembatan ini berbentuk unik karena atapnya tertutup serta ada kuil kecil di tengah jembatan.

 Sejarah Vietnam di Museum Bao Tang, Hoi An

Di lantai 1 ada banyak artefak dari masa ketika Hoi An menjadi pelabuhan utama kerajaan Champa. Misalnya berbagai macam keramik yang diperdagangkan di Hoi An pada abad ke-15. Pada masa itu Hoi An menjadi tempat bertemunya pedagang keramik dari Jepang, China, Vietnam dan juga Indonesia.

Di museum ini juga diperlihatkan model rumah kuno Hoi An. Rumah-rumah bersejarah yang ada di kota tua Hoi An saat inI merupakan perpaduan berbagai budaya dari bangsa-bangsa yang mendiami Hoi An seperti pedagang dari Tiongkok, Jepang dan Vietnam.

BACA JUGA : Mengunjungi Zaanse Schans

Sebagai pelabuhan dagang utama di asia tenggara Hoi An juga didatangi banyak pedagang dari Jepang, misalnya pedagang senjata yang berlabuh di Hoi An pada awal abad ke-17. Replika kapal dagang yang digunakan saat itu bisa dilihat di museum ini.

 Sejarah Vietnam di Museum Bao Tang, Hoi An

Menelusuri museum ini membuat kita serasa terbawa ke masa lampau. Disini dipamerkan foto-foto landskap kota Hoi An di masa lalu, juga ketika ikut terlibat dalam perang melawan AS dalam perang Vietnam. Beberapa foto menunjukkan pejuang Vietnam menangkap tentara AS di pantai Hoi An. Beberapa senjata yang digunakan dalam perang seperti senapan dan meriam juga dipamerkan disini.

 Sejarah Vietnam di Museum Bao Tang, Hoi An

Koleksi benda-benda peninggalan komunitas Tiongkok juga menghiasi museum Hoi An seperti lonceng raksasa yang dulu dipakai di kuil dan papan cetak kayu yang juga ditemukan di beberapa kuil. Komunitas Tiongkok yang tinggal di Hoi An adalah para pedagang, selebihnya tentara dinasti Ming yang kabur.

Sejarah Vietnam di Museum Bao Tang, Hoi An

Satu keistimewaan museum ini ada di lantai ke-5 dimana anda bisa melihat pemandangan kota Hoi An. Dengan kekayaan sejarah dan budayanya, pantas bila Hoi An menyandang predikat sebagai UNESCO World Heritage Site.

This article has been published at http://www.okezone.com/travel on Tuesday, September 19, 2017.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s