Serunya Main Ski di Amerika sambil Nyobain Snowshoeing & Toboggan

Main Ski di Amerika

Pengen lihat salju menjadi salah satu alasan utama orang Indonesia traveling ke negara 4 musim saat winter. Baik ke Eropa, Korea, Jepang, hingga Amerika Serikat. Sejak tinggal di AS sejak awal November 2018 lalu saya berkesempatan buat ngelihat, nyentuh, makan, sampai main-main dengan salju ampe bosan. Apalagi negara bagian Wisconsin tempat saya tinggal terkenal sebagai kawasan yang emang dingin banget dan sering bersalju, bahkan terkena musim dingin ekstrem yang suhunya mencapai -32 derajat Celcius. Jadinya saat weekend atau pas ada waktu luang saya kadang main ski di Amerika.

Saya pertama kali main ski di Amerika bulan Januari lalu. Bukan downhill ski melainkan cross country skiing yang sama serunya. Cross country skiing adalah suatu jenis ski dimana pemain ski mengandalkan penggerak mereka sendiri untuk bergerak melintasi medan yang tertutup salju, alias tidak menggunakan cable car/ ski lift atau bentuk bantuan lainnya. Artinya cross country skiing bisa dilakukan di banyak tempat, gak mesti ke ski resorts. Diantaranya di state park, national park, dan hutan.

Main Ski di Amerika

Bermain cross country skiing cocok buat pemula seperti saya. Karena rupanya main ski tuh gak segampang yang dikira, gak semudah main ice skating atau roller blade, guys. Makai peralatannya aja mesti dibiasain, belum lagi saat main ski kita mesti bisa menyeimbangkan badan sambil bergerak ke depan. Kalau gak seimbang ya jatuh, seperti yang saya alami saat pertama kali main cross country skiing di Menasha Conservancy Park yang hanya berjarak 25 menit dari kota Appleton. Karena belum terbiasa dalam waktu 1 jam saya jatuh sampai 9x lho hehehe….

Main Ski di Amerika
Cross country skiing di Marquette, Michigan

Pengalaman main ski di Amerika selanjutnya adalah di area Sugarloaf hill di kota Marquette, Michigan, juga di bulan Januari. Waktu itu temperatur udara masih normal, belum seekstrem saat badai salju dan musim dingin ekstrem melanda. Tapi temperatur di Marquette yang berada di kawasan Upper Michigan udah rendah banget, mencapai -14 derajat Celcius. Michigan memang relatif lebih dingin daripada Wisconsin, secara lokasinya yang berada di tepi danau Superior (danau terbesar di dunia) dan dekat dengan Kanada. Kebayang dong gimana dinginnya saat saya berusaha makai alat ski dan tongkatnya. Tapi disinilah serunya main ski. Kalau udah mulai main dan terus bergerak malah hampir gak kerasa dinginnya !. Bahkan saking seringnya bergerak saya kadang merasa terlalu hangat dan pengen ngelepas syal dan topi.

Sewaktu main ski di Amerika pertama kalinya, saya banyak diajarin oleh Kyle dan orangtuanya. Cara main ski sebenarnya simpel, tinggal berjalan di atas trail sambil menggerakkan kaki dan mendorong tongkat ski bergantian. Kalau ketemu area yang melandai, tinggal tekuk lutut, taruh kedua tangan di depan dada sambil bawa tongkat ski, trus meluncur deh…

Bermain cross country skiing merupakan cara yang efektif dan fun untuk ngebakar kalori sekaligus exercise saat musim dingin. Maklum, kalau winter kebanyakan orang memilih untuk tinggal di dalam rumah kecuali untuk kerja. Jadi bahaya kan kalau kelamaan malas-malasan di dalam rumah tanpa olahraga. Warga Amerika di Appleton suka banget main cross country skiing, termasuk orangtuanya Kyle yang selalu main ski minimal 1x seminggu. Termasuk di malam hari. Saya pernah juga tuh main ski di malam hari bareng mereka. Tadinya sempet bingung gimana caranya main ski malam – malam gini. Ternyata di sepanjang trail udah dikasih lampu dan kerennya, banyak orang yang main ski di malam hari.

Main Ski di Amerika
Jatuh mulu….

Serunya main ski di Amerika itu saat ada permukaan yang menurun saya bisa meluncur ala pemain ski profesional. Tapi gak jarang juga sih saya jatuh gara-gara gak bisa ngerem atau nyeimbangin tubuh. Kedua kali main ski di Amerika, saya jatuh 8x. Baru pas main ketiga kalinya saya berhasil gak jatuh sama sekali.

Meski fun, menantang dan sehat, main ski menurut saya agak ribet. Apalagi kalau bukan karena peralatannya. Peralatan main ski terdiri dari sepatu boot khusus ski, alat ski (yang dipasangkan di bawah boot), dan tongkat ski. Memakai boot sih gampang, tapi masangin dengan alat skinya itu perlu dibiasain. Selain peralatan, pemain ski juga wajib pakai baju hangat berlapis – lapis biar gak kedinginan. Diantaranya heattech/ baju dalam turtle neck, sweater, coat yang tebal, syal, topi, ear muff, legging sebagai dalaman celana panjang, dan sarung tangan. Diantara semua ini yang paling penting adalah saat milih sarung tangan. Kalau glove yang ada gak cukup nahan dingin, sebaiknya pakai mitten/ sarung tangan yang tebal. Hal ini karena saat main ski, tangan menerima dingin lebih dibanding bagian tubuh lainnya.

Main Ski di Amerika
Snowshoeing di Stevens Point, Wisconsin

Selain cross country skiing, ada juga beberapa aktivitas rekreasi winter lainnya yang udah saya coba. Diantaranya adalah :

  1. Snowshoeing : Berjalan di atas salju yang tebal dengan menggunakan sepatu khusus salju. Snowshoeing bisa dilakukan di tanah datar maupun untuk hiking. Saya mencoba snowshoeing di Stevens Point saat salju ditanah tebalnya mencapai 17 inci. Rasanya lumayan seru, gak segampang melangkah seperti biasanya karena ada salju yang yang tebal dimana-mana. Tantangan main snowshoeing adalah saat membuka jalur/ trail yang baru. Kalau sudah ada trailnya akan lebih mudah.

2. Toboggan : Meluncur dari ketinggian dengan menggunakan papan kayu. Mirip roller coaster cuma bedanya main toboggan pakai papan kayu dan saat meluncur ke bawah kita akan jatuh di tumpukan salju yang udah menunggu di bawah. Seru abis !. Toboggan bisa dimainkan oleh 2 – 5 orang dengan menyewa papan toboggan seharga $4 atau Rp. 56.500,00 per 30 menit. Mau tahu gimana serunya main toboggan dan snowshoeing?. Tonton video saya di bawah ini yang udah tayang di NET Tv.

3. Sledding : Meluncur di atas salju dengan menggunakan papan sledding atau ban. Ini favoritnya anak-anak karena gampang banget dan seru. Saya ikutan main sledding di Reid Golf Course di kota Appleton yang luas dan berbukit. Meski kini dikenal sebagai aktivitas rekreasi saat winter, pada abad ke-15, sledding digunakan sebagai alat transportasi lho. Sledding juga termasuk salah satu cabang olahraga yang ditandingan di olahraga musim dingin.

Next, sebelum musim dingin berakhir saya mau cobain downhill ski dan snowboarding. Mungkin juga ke Colorado yang dikenal memiliki best ski resorts di Amerika atau ke Canada ski resorts. Kamu, tertarikkah main ski di Amerika ?

Curious about my adventures in Europe and America ?. You can click the following link to see my traveling video that has been aired in Net TV :

  1. Desa Hallstatt, Desa dengan Arsitektur Klasik di Pinggir Danau
  2. Imutnya Park Guell, Dunia Fantasi Ala Gaudi di Barcelona
  3. Ada Turki Mini di Bosnia Herzegovina
  4. Nyobain Makanan Khas Bosnia, Kaya Rasa dan Pasti Halal
  5. The Bean, Seni Kontemporer yang Ada di Film – film Hollywood

Watch my special collaboration with Narasi TV for valentine’s day :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s