Tips Hemat Keliling Eropa. Naik Bus dengan Fasilitas Pesawat

Tips Hemat Keliling Eropa. Naik Bus dengan Fasilitas Pesawat
Wina, Austria

Traveling ke benua biru memang simpel dan nyaman. Salah satunya karena sistem transportasinya sangat maju dan beragam. Untuk berpidah dari satu negara ke negara lain tak cuma bisa menggunakan pesawat, tapi juga kereta api, dan bus. Khusus untuk bus, 2 bus yang patut dicoba adalah Flix bus dan Student agency.

Saat traveling ke 11 negara di Eropa pada Desember 2017 lalu saya berpindah dari satu negara ke negara lain dengan menggunakan bus. Selain lebih hemat dibandingkan naik kereta, bus di Eropa sangat baik dan modern sehingga membuat perjalanan bisa dinikmati dengan nyaman. 2 perusahaan bus terbaik adalah Flix bus dan Student Agency.

Tips Hemat Keliling Eropa. Naik Bus dengan Fasilitas Pesawat
Praha, Republik Ceko

Saya mencoba menggunakan Flix bus pertama kali saat berpindah dari Amsterdam, Belanda ke Bruges, Belgia. Perjalanan yang memakan waktu 5 jam menjadi tak terasa lama karena bus sangat nyaman, interiornya modern dan sangat bersih. Di dalam bus juga dilengkapi dengan free wifi. Uniknya, penumpang bebas memilih tempat duduk yang kosong.

Tips Hemat Keliling Eropa. Naik Bus dengan Fasilitas Pesawat
Foto : global.handesblatt.com

Flix bus merupakan jaringan bus terbesar di Eropa. Bus ini mudah dikenali karena badan bus dicat hijau lumut bertuliskan Flix bus. Tak cuma dipakai oleh warga Eropa tapi Flix bus juga populer di kalangan turis non Eropa. Selain karena harganya yang sangat hemat, bus ini juga tepat waktu. Setelah puas menggunakan flix bus pertama kali, saya kembali menggunakan flix bus saat menuju ke Belgia, Jerman, Prancis, Swiss, Italia, Austria, dan Hungaria.

BACA JUGA : Cantiknya Alun-Alun Place de la Republique di Prancis Saat Musim Dingin

BACA JUGA : Half-timbered house, rumah klasik Eropa yang mirip rumah negeri dongeng di Petite France, Strasbourg, Prancis

Tiket flix bus bisa dipesan lewat website resminya atau website penjualan tiket lainnya dengan pembayaran menggunakan kartu kredit. Penumpang wajib berada di lokasi kedatangan bus sebelum bus tiba. Hal ini karena kadang bus tiba lebih awal dari jam kedatangan dan berangkat sangat tepat waktu. Penumpang yang datang terlambat akan ditinggal.

Tips Hemat Keliling Eropa. Naik Bus dengan Fasilitas Pesawat
Christmas market di Praha

Untungnya pihak bus selalu memberikan tiket dan pemberitahuan melalui email atau sms beberapa jam sebelum keberangkatan. Penumpang perlu menunjukkan paspor sebelum naik bus dan menunjukkan kode scan yang ada di dalam tiket kepada kondektur bus.

Selain Flix bus, Student Agency juga sangat bisa diandalkan untuk bepergian di Eropa. Bus kuning dari Republik Ceko ini menawarkan pengalaman naik bus seperti halnya naik pesawat. Ada pramugari di dalam bus yang membagikan cokelat atau kopi panas kepada penumpang disertai headphone untuk menikmati hiburan musik dan film di dalam bus.

TONTON VIDEONYA DI : Petite France yang Asli Cuma Ada di Strasbourg

Tiket bus Student Agency juga mudah diperoleh. Yaitu dengan membelinya di website tiket seperti goeuro.com. Sayangnya rute Student Agency tak seluas Flix bus. Tapi bila anda traveling ke Hungaria, Republik Ceko dan Slovakia bus kuning ini boleh banget dicoba. Selain hemat, fasilitas bus ini membuat penumpang merasa seperti naik pesawat.

 

This article has been published in http://www.okezone.com/travel at 11 April 2018

https://lifestyle.okezone.com/read/2018/04/11/406/1885035/tips-hemat-keliling-eropa-naik-bus-dengan-fasilitas-pesawat-simak-ulasannya

 

 

3 thoughts on “Tips Hemat Keliling Eropa. Naik Bus dengan Fasilitas Pesawat

  1. Pingback: Traveling ke Zurich, Swiss. Kota termahal di Eropa – The Island Girl Adventures

  2. Pingback: Hiking di gunung bersalju Uetliberg di Zurich, Swiss. Seru banget ! – The Island Girl Adventures

  3. Pingback: Mengintip Keindahan Alam Pedesaan Swiss, Stunning! – The Island Girl Adventures

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s