Water Puppet Show Vietnam, Teater Boneka Unik dari Atas Air

Water Puppet Show Vietnam

BILA Indonesia memiliki wayang kulit dan wayang golek, pariwisata Vietnam memiliki water puppet show. Teater yang dipentaskan dari air ini selalu sukses membuat turis mengantri demi memperoleh tiket pertunjukan. Keunikan permainan teater serta cerita tradisional yang dibawakan menjadi daya tarik pertunjukan seni khas Vietnam ini.

Bila anda berwisata ke ibukota Vietnam, jangan lupa menyempatkan waktu untuk menonton pertunjukan water puppet show. Teater berdurasi 1,5 jam ini merupakan pertunjukan tradisional yang memuat nilai seni dan budaya asli Vietnam. Tak heran bila para turis selalu menggemarinya. Water puppet disebut oleh banyak buku panduan wisata sebagai atraksi yang wajib ditonton di Hanoi.

BACA JUGA : Serunya ikut street food tour di Hanoi

Water puppet show merupakan teater boneka yang menceritakan kehidupan masyarakat tradisional Vietnam seperti bertani, kisah legenda pedang di danau Hoan Kiem, dan tarian hewan – hewan yang dianggap sakral di Vietnam seperti naga, phoenix, flamingo dan kura – kura. Uniknya teater ini dimainkan dari atas air sehingga membuat penonton bertanya- tanya bagaimana cara sang dalang memainkan boneka – boneka ini.

Water Puppet Show Vietnam

Untuk menikmati water puppet show, anda perlu menuju teater Thang Long yang berada di  jalan Dinh Tien Hoang no 57 B Hoan Kiem atau di seberang danau Hoan Kiem. Tiket pertunjukannya sebesar 100.000 dong atau sekitar 50.000 rupiah. ada beberapa jam pertunjukan yang bisa dipilih mulai dari jam 3.30 sore hingga jam pertunjukan terakhir yaitu jam 8 malam.

Pertunjukan teater dibuka dengan penampilan para musisi yang memainkan instrumen tradisional Vietnam seperti seruling bambu, gendang, bel dan gembrengan. Musisi ini bermain dengan memakai kostum adat. Alunan lagu tradisional kemudian disusul dengan kemunculan beberapa boneka yang menandai dimulainya water puppet show. Cerita yang pertama disuguhkan adalah mengenai kehidupan petani di Vietnam. Boneka petani yang menunggang kerbau muncul kemudian disusul dengan boneka lainnya yang memeragakan tarian petani dan tarian memancing ikan. Tarian selanjutnya merupakan tarian naga. Naga dianggap sebagai hewan yang menyimbolkan kekuatan.

Water Puppet Show Vietnam

Total ada 14 cerita yang dipentaskan dalam Water puppet show yang berjalan selama 1,5 jam ini. Di penghujung cerita disajikan tarian 4 hewan sakral yakni phoenix, naga, kura-kura dan flamingo. Pada akhir pertunjukan, para dalang muncul dari balik panggung sehingga menjawab rasa penasaran penonton. Rupanya memang benar mereka memainkan teater boneka ini dari air. Para penonton tentu memberi aplaus kepada para dalang yang rela basah demi melestarikan budaya bangsa.

Water puppet show merupakan seni teater tradisional Vietnam yang telah eksis sejak abad ke 11. pertunjukan ini tercipta saat sawah – sawah di Vietnam tengah terendam banjir. para penduduk yang membutuhkan hiburan di tengah bencana kemudian menciptakan seni teater unik ini. Water puppet show dimainkan oleh para dalang dengan menggunakan balok untuk menopang boneka. Saat memainkan boneka mereka bersembunyi di belakang layar.

Water puppet show di teater Thang Long telah dimainkan sejak tahun 1990. Selain di teater Thang Long, water puppet show juga bisa ditonton di teater lotus yang juga berada di sekitar danau Hoan Kiem.

This article has been published at http://www.okezonecom/travel on Monday, September 11, 2017.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s