Old Quarter dan Danau Hoan Kiem, Hanoi, Vietnam

Old Quarter dan Danau Hoan Kiem, Hanoi, Vietnam

Liburan Idul Adha 1438 H merupakan libur long weekend di Vietnam. Karena Idul Adha yang jatuh pada Sabtu, 2 September kemarin merupakan hari kemerdekaan Vietnam ke-72. Masyarakat Vietnam menghabiskan waktu dengan berlibur keluar kota, namun banyak pula yang menghabiskan waktu di dalam kota Hanoi. Pusat wisata Hanoi saat long weekend berada di sekitar danau Hoan Kiem dan Old Quarter.

Cuaca kota Hanoi di penghujung musim panas ini masih panas dengan suhu mencapai 32 derajat celcius. Udara sangat lembab dan panas sehingga membuat warga lebih memilih tinggal di dalam rumah pada siang hari. Tempat wisata pun menjadi sangat ramai saat petang dan malam saat udara terasa lebih nyaman.

Tujuan wisata utama di Hanoi berada di sekitar danau Hoan Kiem. Kawasan sekitar danau penuh dengan para turis lokal dan mancanegara. Saat akhir pekan, area sekitar danau ditutup untuk kendaraan bermotor. Oleh karena itu semua orang berjalan kaki atau nongkrong di pinggir danau untuk menikmati udara dingin serta menikmati hiburan.

Old Quarter dan Danau Hoan Kiem, Hanoi, Vietnam

Ada berbagai pertunjukan menarik dan gratis yang menarik perhatian wisatawan. beberapa musisi jalan menggelar pertunjukkan musik yang unik, misalnya menggunakan alat musik tradisional atau ngerap. Beberapa anak muda mempertunjukkan tarian barongsai. Sementara itu para turis juga bisa ikut bermain tarik tambang, catur, dan lompat tali. Kawasan Hoan Kiem ini penuh dengan turis dan warga setempat hingga menjelang tengah malam.

Selain area sekitar danau Hoan Kiem, area Old Quarter juga dibanjiri pengunjung. Jalan yang berisi bangunan tua yang telah ada sejak ribuan tahun lalu ini disesaki dengan turis yang sibuk mencoba street food ala Hanoi seperti donut, che atau dessert Vietnam, sate dan bir murah seharga 5000 dong atau sekitar 2500 rupiah.

Old Quarter dan Danau Hoan Kiem, Hanoi, Vietnam

Turis tampaknya juga antusias mencoba laughing balloon yaitu sejenis balon yang bila dihirup akan memberikan efek tertawa. Laughing balloon aman bila tidak dikonsumsi secara berlebihan. Ada banyak turis yang mencoba balon ini karena unik dan hanya bisa ditemukan di Vietnam.

Tak cuma street food, restoran, bar dan klub malam di Old Quarter juga dibanjiri turis. Beberapa ruas jalan penuh sesak dengan manusia hingga membuat susah bergerak. Kelompok turis lainnya memilih untuk mengunjungi night market Old Quarter yang berada di ruas jalan Hang Dao hingga depan Dong Xuan market. Pasar malam ini menjual aneka suvenir, pakaian, alat elektronik hingga makanan.

This article has been published at http://www.okezone.com/travel on Sunday, September 3, 2017.

3 thoughts on “Old Quarter dan Danau Hoan Kiem, Hanoi, Vietnam

  1. Pingback: Indahnya Katedral Pink Da Nang, Gereja Imut yang Sangat Instagramable – The Island Girl Adventures

  2. Pingback: Japanese Covered Bridge, Ikon Wisata Hoi An Bernuansa Jepang yang Cantik di Malam Hari – The Island Girl Adventures

  3. Pingback: Zaanse Schans, Melihat Kincir Angin dan Pabrik Keju di Desa Tradisional Belanda (part 2) – The Island Girl Adventures

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s