Cuma Rp50 Ribu Bisa Wisata Seni di Hoi An, Vietnam

Seni Hoi An Vietnam

PERTUNJUKAN seni tradisional selalu menarik perhatian para traveler. Muatan nilai budaya dan penampilan yang menghibur membuat mereka rela merogoh kocek demi menyaksikan pertunjukan seni di tempat wisata. Namun di kota wisata Hoi An, Vietnam, ada pertunjukan teater tradisional yang gratis.

Hoi An pada masa lampau merupakan kota pelabuhan dagang yang dihuni oleh para pedagang dari Tiongkok, Jepang dan Vietnam. Perpaduan budaya ketiga bangsa ini melahirkan banyak keunikan yang kini dinikmati turis di kota Hoi An. Salah satunya berupa tarian dan musik tradisional yang kini masih lestari dan menjadi salah satu alasan kenapa para traveler menggemari Hoi An.

Pertunjukan tarian dan musik rakyat ini digelar di sebuah rumah tua di jalan Nguyen Thai Hoc, kota Hoi An. Pertunjukan ini bisa dinikmati dengan gratis asalkan Anda telah membeli tiket masuk kota tua Hoi An sebesar 100.000 dong atau sekitar 50.000 rupiah. Dengan tiket masuk  ini anda berhak memasuki 5 bangunan bersejarah di Hoi An mulai dari rumah peninggalan pedagang Tiongkok, museum, kuil, hingga menonton pertunjukan tari dan musik tradisional. Tiket bisa digunakan mulai dari jam 9 pagi hingga 10 malam.

Seni Hoi An Vietnam

Pertunjukkan tari dan musik rakyat ini digelar pada jam 11.30 selama 20 menit. Tarian dan musik digelar di atas panggung kecil di aula depan rumah. Sementara para turis duduk menghadap panggung di sebuah bangku kayu. Meski area pertunjukkan kurang luas dan bangku kayunya terasa keras, namun pertunjukan yang apik mampu menyihir para turis untuk bertahan duduk selama 20 menit.

Pertunjukan dimulai dengan show musik tradisional Vietnam menggunakan Dan Bau, yaitu alat musik tradisional Vietnam yang bersenar tunggal. Para pemain musik yang berkostum tradisional kemudian memainkan lagu – lagu rakyat dengan alat musik tradisional Guzheng, yang berbentuk seperti kecapi, dan instrumen tradisional lainnya.

Para penari kemudian naik panggung dan mulai menari. Tarian yang dipentaskan merupakan perpaduan tarian tradisional dengan kontemporer. Salah satu hal yang menarik perhatian para penonton adalah kostum yang dipakai para penari. Mereka memakai kostum tradisional dari berbagai etnik yang ada di Vietnam. Kostumnya berwarna cerah dengan kesan seperti pakaian Tiongkok. Masyarakat Vietnam sendiri terdiri dari 52 etnik.

Seni Hoi An Vietnam

Tak cuma lagu dan tarian rakyat, disini juga dipentaskan teater rakyat. Para pemain baik wanita dan pria tampak menghayati perannya dalam teater komedi ini. Di akhir pentas, ada pengundian doorprize dimana para penonton yang beruntung mendapatkan suvenir lampion.

Bagi yang ingin menonton pertunjukan lebih lama dan lebih leluasa bisa menonton pada jam 5 sore dimana pertunjukan digelar selama 45 menit dengan tiket masuk sebesar 100.000 dong atau sekitar 50.000 rupiah. Tiket ini terpisah dengan tiket masuk ke kota tua Hoi An.

This article has been published at http://www.okezone.com on Thursday, September 7, 2017

One thought on “Cuma Rp50 Ribu Bisa Wisata Seni di Hoi An, Vietnam

  1. Hey there! I know this is kinda off topic however , I’d figured I’d ask. Would you be interested in trading links or maybe guest authoring a blog post or vice-versa? My blog addresses a lot of the same topics as yours and I feel we could greatly benefit from each other. If you are interested feel free to send me an e-mail. I look forward to hearing from you! Great blog by the way!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s