Nyari makanan Indonesia di Amerika Serikat ? Disini tempatnya

Nyari makanan Indonesia di Amerika Serikat ? Disini tempatnya

Kelezatan makanan Indonesia memang tiada duanya. Apalagi bagi orang Indonesia yang tinggal di luar negeri atau sedang liburan ke luar negeri, rasa makanan Indonesia yang khas sering dirindukan. Untungnya tak begitu sulit menemukan makanan Indonesia di Amerika Serikat. Kamu sedang nyari restoran makanan Indonesia yang rasanya otentik?. Berikut restoran Indonesia di Amerika, tepatnya di kawasan Midwest.

Bagi saya dimanapun saya tinggal, mau di Hanoi, Vietnam ataupun sekarang di Wisconsin, Amerika Serikat tantangan utamanya adalah soal makanan. Saya emang lumayan picky soal rasa dan penampilan makanan, dan gak begitu hobi nyobain jenis makanan baru. Sekali suka sama masakan tertentu ya akan makan itu-itu mulu saat ke restoran. Makanan Amerika enak-enak sih, sangat familiar malah, cuma tetep aja setiap hari saya kerjanya nyari Asian Market yang jual makanan Indonesia di Amerika atau browsing restoran Indonesia.

Untungnya di kota tempat saya tinggal, Appleton, di negara bagian Wisconsin ada banyak restoran Asia. Sebabnya karena ada banyak orang Hmong yang tinggal di Wisconsin. Mereka adalah suku minoritas yang tinggal di Laos dan Vietnam yang terpaksa mengungsi karena perang Vietnam. Suku Hmong ini gak suka dengan komunis jadi mereka ngebantuin operasi militer AS di Laos. Makanya di Appleton gampang banget nemuin masakan Laos, Vietnam dan Thailand. Selain tentunya karena makanan Thailand dan Vietnam memang lagi naik daun. Selain itu, ada juga beberapa restoran Jepang dan China disini.

Dari sekian banyak restoran Asia di Appleton, yang paling sering saya kunjungi adalah Bangkok Post dan Mai’s Deli. Keduanya menyajikan makanan Thailand dan Vietnam. Meski green curry dan nasi goreng di kedua restoran ini enak, sebenarnya pilihan utama saya tetep makanan Indonesia. Asyiknya, di Appleton ada sebuah restoran makanan Indonesia dan Malaysia, Java Warung. Nah kalau kamu lagi nyari makanan Indonesia di Amerika yang otentik dan dimasak sama orang Indonesia asli, berikut rekomendasi saya :

1. Java Warung

Nyari makanan Indonesia di Amerika Serikat ? Disini tempatnya
Interior Java Warung

Restoran makanan Indonesia dan Malaysia ini telah buka di Appleton sejak tahun 2013. Buka setiap jam lunch (11.00-14.00) dan dinner (17.00-21.00), Java Warung menyediakan masakan rumahan Indonesia yang rasanya sama persis dengan di Indonesia seperti rendang, sate ayam, ayam penyet, soto ayam, lontong sayur, bakso, siomay, batagor dan tongseng/ gulai kambing. Ada juga pilihan nasi seperti nasi campur, nasi kuning dan nasi pecel. Bagi yang terbiasa makan gorengan, Java Warung juga menyediakan aneka gorengan dan jajanan pasar sebagai appetizer. Mulai dari tahu isi, lumpia, pastel dan kroket bisa ditemukan disini.

Nyari makanan Indonesia di Amerika Serikat ? Disini tempatnya
Menu lunch buffet di Java Warung

Sesuai dengan konsepnya sebagai home cooking restaurant, setiap jam makan siang, Java Warung menyediakan buffet all you can eat makanan Indonesia atau prasmanan yang biasa kita lihat di rumah makan atau warung prasmanan di Indonesia. Untuk menu buffet, pilihan makanannya lumayan banyak mulai dari mie dan bihun goreng, opor ayam, telur dadar, bistik, sayur lodeh dan gorengan. Lunch buffet di Java Warung tersedia setiap hari selasa-sabtu. Harganya juga reasonable, mulai dari $9 per orang.

Nyari makanan Indonesia di Amerika Serikat ? Disini tempatnya
Menu lunch buffet di Java Warung

Tak cuma sering disinggahi oleh orang Indonesia dan Asia yang tinggal di Amerika, tapi banyak juga warga Amerika yang doyan makan disini. Salah satu sebabnya karena banyak makanan disini yang tidak mengandung protein gluten (gluten free) dan banyak pilihan vegan food. Rasanya yang persis sama dengan makanan yang dijual di Indonesia dikarenakan chef restorannya asli orang Indonesia. Java Warung dimiliki oleh Enny Picket, warga Surabaya yang telah tinggal di Amerika Serikat lebih dari 10 tahun. Selain mengelola restoran, ia juga merangkap sebagai head chef di restoran yang berada di Richmond Street. Saya udah pernah nyobain lunch buffet dan dinner di Java Warung. Kalau mau makan banyak, cobain lunch buffetnya. Tapi sebenarnya porsi menu dinnernya juga menyesuaikan dengan porsi orang Amrik, alias gede banget. Leftover bisa dibawa pulang dan dimakan lagi besoknya hehe. Favorit saya di Java Warung adalah ayam penyet karena rasa ayam dan sambalnya persis kayak di Indo. Rendang, kroket dan sate ayamnya juga enak banget.

Java Warung

1915 N Richmond St, Appleton, WI 54911

2. Rickshaw Republic

Nyari makanan Indonesia di Amerika Serikat ? Disini tempatnya
Sumber : Google

Kalau sedang jalan-jalan ke Chicago dan kangen makanan Indonesia bisa coba mampir ke Rickshaw Republic. Sesuai namanya yang ada becaknya restoran yang berada di Lincoln Avenue, Chicago ini menyajikan masakan Indonesian street food yang biasa kita temui dan beli di pedagang kaki lima di Indonesia. Menu andalan mereka adalah Rijsttafel atau rice table, yaitu menu Belanda yang sebenarnya ditiru Belanda karena terinspirasi dari cara orang Padang menyajikan aneka makanannya di atas meja. Rijsttafel terdiri dari bermacam masakan Indonesia seperti nasi putih, urap, gulai ayam, sate ayam, sayuran, kerupuk dan lain sebagainya yang disajikan di atas meja. Cocok dipilih buat makan ramai-ramai nih. Rijsttafel untuk 2-4 orang harganya $27/ orang.

Nyari makanan Indonesia di Amerika Serikat ? Disini tempatnya
Sumber : Google

Selain menu Rijstaffel, ada juga pilihan street food Indonesia lainnya seperti nasi rames, nasi goreng, ayam penyet, rendang, pepes ikan, mie goreng, oseng tempe, batagor dan gado-gado. Tuh kan persis sama dengan yang kita sering lihat di pinggir jalan ?. Rickshaw Republic dimiliki oleh keluarga Setiawan yang memang asalnya dari Indonesia, tepatnya dari Palembang. Kalau mau kesini, sebaiknya datang sore karena Rickshaw Republic Chicago ini buka mulai jam 5 sore dan tutup setiap hari senin.

Rickshaw Republic 

2312 N Lincoln Ave, Chicago, IL 60614

3. Bandung  Restaurant 

Nyari makanan Indonesia di Amerika Serikat ? Disini tempatnya
Sumber : Google

Di ibukota negara bagian Wisconsin, Madison, yang terkenal dengan Universitas Wisconsin Madison-nya ada sebuah restoran makanan Indonesia, yaitu Bandung Restaurant.  Restoran ini menyajikan aneka makanan Indonesia yang tentunya familiar di lidah kita untuk menu lunch dan dinner seperti nasi goreng, mie goreng, sate ayam, lele, ikan rica-rica, oseng-oseng tempe, bebek bakar, dan opor ayam. Bagi kamu yang vegan atau vegetarian ada juga pilihan menu khusus vegan/ vegetarian seperti sate tempe, gado-gado, sambal goreng tempe, serta sambal goreng pepaya.

Nyari makanan Indonesia di Amerika Serikat ? Disini tempatnya
Sumber : Google

Pilihan street food juga lumayan lengkap disini seperti tempe goreng, tahu goreng, pempek, juga martabak telor. Harga makanannya masih reasonable, yaitu mulai dari $8,95 per menu. Bandung IRestaurant buka untuk lunch setiap senin – jumat jam 11.00 – 13.45 dan dinner setiap hari mulai jam 17.00 – 20.45. Serunya lagi, kalau lagi kangen tempe restoran ini menyediakan aneka menu berbahan tempe yang dibuat sendiri. Jadi rasanya pasti sama dengan tempe di Indonesia.

Bandung Restaurant

600 Williamson St, Madison, WI 53703

Belanja Bahan Masakan & Snack Indonesia di Amerika

Nyari makanan Indonesia di Amerika Serikat ? Disini tempatnya
Makanan dan snack Indonesia di Java Warung

Kadang, meski udah sering makan di restoran Indonesia atau restoran Asia lainnya saya masih suka kangen jajanan dan snack yang biasa dibeli di Indonesia. Atau kalau lagi pengen masak makanan yang gak dijual diresto sini suka bingung dimana belinya. Setelah muter-muter kota Appleton, akhirnya saya baru kalau ada beberapa Asian Market disini. Asian Market ini sejenis minimarket atau groceries store yang menjul bahan masakan, makanan, snack, dan minuman dari berbagai negara Asia. Langganan saya ada 3 yaitu Oriental Market dan 2 groceries stores lainnya milik warga Hmong.

Nyari makanan Indonesia di Amerika Serikat ? Disini tempatnya
Kerupuk udang nemu di Woodman’s

Di Oriental Market biasanya saya belanja beras juga makanan Korea dan Jepang macam siomay, kare, dan gyoza. Disini gak dijual produk2 Indonesia, mungkin karena ownernya orang Korea jadi yang dia jual kebanyakan produk Korea dan Jepang. Sementara itu kalau mau nyari produk-produk Indonesia saya pasti ke 2 Asian Market lainnya. Sebenarnya gak banyak sih produk Indonesia dijual disini. Palingan yang ada cuma Indomie, Mie Sedap, Kopiko, dan permen jahe. Cuma karena banyak makanan Asia yang bahannya sama saya biasa beli tahu, taoge, dan ginger drink. Kalau di Asian Market saya gak nemu yang saya cari biasanya saya langsung ke Java Warung, karena restoran ini juga menjual aneka bahan masakan dari Indonesia seperti bumbu masakan, lontong, kerupuk, sambal dan kecap.

Beda ama tahu yang dijual dimana-mana, nyari tempe susahnya luar biasa. Mesti beli di restoran yang khusus bikin tempe dan menjualnya untuk umum. Di Appleton, saya cuma nemu tempe di supermarket Woodman’s. Itupun bukan bikinan Indonesia tapi Meksiko. Rasanya sih gak jauh beda, meski tempe bikinan Indonesia tetap lebih enak sih. So far sih saya belum nemu toko makanan Indonesia di Amerika. Coba ya kalau banyak produk Indonesia yang diekspor ke negara-negara barat pasti gak susah deh nyari tempe dan sejenisnya.

Bonusnya, ketiga restoran di atas memiliki interior yang Indonesia banget. Ada banyak hiasan seni dan kerajinan khas Indonesia macam topeng, lukisan Bali, batik dan gamelan. Jadi makin seneng deh makan disini. apalagi harga makanan Indonesia di Amerika juga reasonable, sama dengan rata-rata harga makanan Amerika. Untuk kamu yang nyari makanan khas Indonesia di Amerika, bisa juga tonton video saya di youtube di bawah ini.

This article has been published at https://lifestyle.okezone.com/ at February 22, 2019. https://lifestyle.okezone.com/read/2019/02/22/298/2021397/3-restoran-indonesia-di-amerika-masakannya-betul-betul-otentik

Curious about my adventures in Europe and America ?. You can click the following link to see my traveling video that has been aired in Net TV :

  1. Desa Hallstatt, Desa dengan Arsitektur Klasik di Pinggir Danau
  2. Imutnya Park Guell, Dunia Fantasi Ala Gaudi di Barcelona
  3. Ada Turki Mini di Bosnia Herzegovina
  4. Nyobain Makanan Khas Bosnia, Kaya Rasa dan Pasti Halal
  5. The Bean, Seni Kontemporer yang Ada di Film – film Hollywood

Watch more videos & subscribe at my youtube channel : Dada Kimura

Watch my special collaboration with Narasi TV for valentine’s day :

3 thoughts on “Nyari makanan Indonesia di Amerika Serikat ? Disini tempatnya

  1. Pingback: Nyari makanan Indonesia di Amerika Serikat ? Disini tempatnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s